Cara Merawat Hamster dengan Baik agar Terhindar dari Penyakit

hamster merupakan hewan peliharaan yang lucu dan cocok untuk dipelihara di rumah minimalis Anda - diminimalis.com

Tahukah Anda cara merawat hamster dengan baik?. Hamster merupakan salah satu hewan menggemaskan selain kucing atau kelinci. Hamster merupakan salah satu jenis hewan pengerat yang tersebar di tiap-tiap negara. Hewan dengan nama ilmiah Crictinae sekilas tampak seperti tikus namun dengan bulu lebat dan tubuh lebih berisi. Hamster sangat mudah dipelihara di rumah karena tidak membutuhkan kandang yang besar.

Cara Merawat Hamster, Cara Merawat Hamster dengan baik, cara memelihara hamster bagi pemula
hamster merupakan hewan peliharaan yang lucu dan cocok untuk dipelihara di rumah minimalis Anda – diminimalis.com

Cara Merawat Hamster Dengan Baik

Meski perawatannya tidak begitu sulit, namun Anda harus memperhatikan kebersihan serta kesehatan dari hamster piaraan Anda. Bagi Anda yang memiliki hamster khususnya pemula, pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang cara merawat hamster dengan baik dan benar, berikut diantara tipnya:

Hewan Peliharaan Cantik, nama Hewan Peliharaan Cantik, jenis Hewan Peliharaan di rumah
hamster merupakan hewan cerdas dan tingkahnya sangat menghibur, agar selalu sehat, maka sebaiknya kandangnya perlu dibersihkan secara teratur – diminimalis.com

1. Bersihkan kandang secara teratur

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kebersihan kandang. Kandang yang bersih akan mencegah hamster Anda terserang penyakit dan kuman. Bersihkan kandang dengan mengganti pasir serta serutan kayu seminggu sekali.

2. Pilihlah makanan yang baik

Anda tidak bisa sembarangan memberi makan hamster dengan bahan makanan lain terutama yang mengandung lemak tinggi. Hamster yang memiliki tubuh berukuran mini dan berisi akan semakin gemuk hingga dapat memicu penyakit jantung. Anda bisa memilih biji-bijian yang kaya serat seperti kedelai atau kacang hijau dan atur takaran yang tepat.

3. Hindari menebar makanan di kandang hamster

Biasanya bagi pemula yang baru memiliki hamster akan menebar makanan di kandang karena lebih praktis. Ini merupakan cara yang salah karena membuat kandang kotor, bau dan menjadi sarang penyakit. Anda bisa membeli wadah makanan berukuran agak berat agar makanan tidak mudah tumpah saat tergeser.

4. Hindari menjemur hamster di bawah sinar matahari

Sebelum Anda memutuskan memelihara hamster, kenali pola hidup dari hewan pengerat ini. Hamster merupakan salah satu hewan nocturnal yang aktif di malam hari. Siang hari mereka habiskan untuk beristirahat sehingga ketika menjemurnya pada siang hari tentu akan membuat hamster menjadi lemas.

5. Cucilah tangan Anda sebelum memegang hamster Anda

Anda harus betul-betul memperhatikan kebersihan dimulai dari diri sendiri. Cuci tangan dengan sabun hingga bersih sebelum memegang hamster. Hamster sangat peka terhadap bau sehingga jika Anda berkeringat atau tubuh Anda memicu reaksi bau yang menyengat, maka hamster akan menganggap Anda sebagai makhluk asing atau bisa jadi predator.

Demikian ulasan kami tentang cara merawat hamster dengan baik dan benar, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat memelihara hewan peliharaan di rumah minimalis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Manfaat memelihara hewan peliharaan di rumah minimalis

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.