Daun pucuk merah jadi salah satu pohon yang disukai banyak orang sebagai hiasan. Merawat daun pucuk merah di taman minimalis juga cukup mudah.

Dengan berbagai keistimewaannya, memiliki tanaman pucuk merah untuk membuat suasana lingkungan tampak hijau dan asri tentu harus diimbangi dengan perawatan yang baik dan benar. Oleh karena itu, diminimalis sajikan berbagai tips merawat tanaman pucuk merah:

manfaat pohon pucuk merah, manfaat tanaman pucuk merah, manfaat tanaman pucuk merah bagi kesehatan
daun pucuk merah yang terawat dengan baik – diminimalis.com

Tips Merawat Daun Pucuk Merah

Anda dapat menanam tumbuhan pucuk merah menggunakan biji. Berikut ini tips dan cara merawat daun pucuk merah dimulai dari menanamnya dengan media generatif:

Pemilihan Media Tanam

Mengingat pucuk merah dapat tumbuh cukup besar, sebaiknya tanaman ini tidak ditanam di dalam pot agar bisa tumbuh secara maksimal. Jika ditanam secara berjejer, berilah jarak 50-150 cm antara pucuk merah satu dengan lainnya.

Bila taman minimalis Anda tidak memiliki luas tanah yang cukup, maka barulah media pot dapat menjadi alternatif untuk menanam pucuk merah. Jika Anda menanam pucuk merah dalam media pot, maka harus diimbangi dengan pengawasan pertumbuhan tanaman. Yakni jika pucuk merah mulai terlihat tumbuh besar maka segeralah pindah tanaman tersebut ke media pot yang lebih besar.

Harus Mendapat Sinar Matahari yang Cukup

Agar pucuk merah dapat tumbuh maksimal dan indah, tanam atau tempatkanlah pucuk merah di tempat yang banyak terkena sinar matahari di pagi hari. Hal ini akan membuat tanaman terus menghasilkan tunas dan daun baru yang berwarna merah.

Pemotesan dan Pemangkasan

Tips merawat daun pucuk merah selanjutnya adalah melakukan pemotesan dan pemangkasan. Tujuannya ialah agar pucuk merah tetap indah dan tetap menghasilkan pucuk-pucuk baru yang berwarna merah. Adapun saat melakukan pemotesan sebaiknya dilakukan tepat di bagian ruas cabang.

Cara merawat daun pucuk merah, manfaat pohon pucuk merah, manfaat tanaman pucuk merah, manfaat tanaman pucuk merah bagi kesehatan
daun pucuk merah yang mendapat sinar matahari cukup – diminimalis.com

Untuk mendapatkan bentuk tajuk yang indah dari tanaman ini, maka perlu dilakukan pemangkasan secara rutin, yaitu 2-3 minggu sekali. Pangkaslah sesuai keinginan, bisa dengan bentuk kotak, cemara, bulat, atau bentuk lainnya.

Jika warna daun-daun pada bagian pucuk telah memudar, Anda dapat memetiknya dengan menggunakan tangan, kemudian potong tepat di bagian ruas cabang, sehingga tunas baru dapat segera tumbuh dari ruas.

Dengan melakukan pemotongan pada ujung tanaman, Anda dapat mengatur pada bagian mana yang ingin didominasi dengan warna merah. Dengan rajin memotong pucuk tanaman ini, maka pertumbuhannya akan dapat merata dan rapi.

Penyiraman dan Pemupukan

Selanjutnya, dalam merawat daun pucuk merah, lakukanlah penyiraman setiap hari untuk menjaga pertumbuhan dan kesuburannya. Selain itu berilah pupuk secara berkala, yakni minimal 2 bulan sekali agar tanaman tetap dapat tumbuh sehat dan baik.

Langkah-langkah Stek Pucuk Merah

Tanaman pucuk merah mempunyai dua cara dalam pengembangbiakan. Pertama pengembangbiakan dengan cara generatif dari biji dan vegetatif dengan cara stek.

Diminimalis akan sajikan pengembangbiakan menggunakan stek. Berikut langkah-langkahnya:

1. Mempersiapkan Bibit Tanaman

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih bibit yang baik. Pilih bibit pada batang yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Kemudian potong batang kira-kira panjang 20-25 cm dengan pisau tajam dan bersih.

Apabila terdapat daun pada batangnya, potong dan sisakan 2-3 helai daun muda pada pucuk batang. Setelah itu runcingkan pada bagian bawah batang dan redam ke dalam larutan fungisida dengan dosis rendah selama 5-10 menit. Setelah itu angkat batang dan keringkan dengan cara dianginkan.

2. Mempersiapkan Media Tanam

Sebelum Anda melakukan stek, terlebih dahulu persiapkan media tanamnya. Berikut ini langkah-langkah dalam mempersiapkan media tanam:

  • Terlebih dahulu, siapkan media tanam berupa tanah dan pupuk dengan perbandingan 1:1
  • Siapkan pot atau polybag yang sudah dilubangi, kemudian letakkan media tanam tadi, padatkan, dan ratakan
  • Diamkan selama satu minggu agar pupuk dapat menyatu dengan sempurna

3. Menanam Bibit Stek ke Media Tanam

Langkah-langkah dalam menanam bibit stek pada media tanam yaitu:

  • Batang stek yang telah dikeringkan dan dianginkan tadi diberi hormon auksin
  • Pada media tanam yang sudah dibuat sebelumnya, beri luang sedalam 0,5-1 cm
  • Tanam batang stek yang telah diolesi hormon tadi, tutup, dan ratakan
  • Setelah itu, siram dengan air selama dua kali sehari pada pagi dan sore hari
  • Letakkan polybag pada tempat yang teduh dan tidak terpapar sinar matahari langsung
  • Setelah dua minggu, tanaman siap dipindahkan pada tempat yang terpapar sinar matahari langsung

4. Memindahkan pada Lahan Tanam

Setelah tanaman stek pucuk merah sudah berusia 2 bulan. Anda dapat memindahkannya pada lahan tanam. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pilihlah lokasi yang terpapar sinar matahari secara langsung sepanjang hari
  • Setelah Anda menemukan lokasi yang tepat, buat lubang dengan ukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm
  • Kemudian masukkan pupuk kandang kering dan tanah dengan perbandingan 2 : 1
  • Ambil batang stek yang telah dibuat tadi ke dalam polybag. Pilih batang yang kokoh dan daun yang baik
  • Letakkan media tanam pada polybag tadi ke dalam lubang dan timbun dengan tanah dan pupuk kandang
  • Siram dengan air secukupnya

5. Melakukan Perawatan Rutin

Setelah Anda sudah memindahkan stek pada media tanam, langkah merawat daun pucuk merah selanjutnya adalah melakukan perawatan secara rutin. Apa saja cara merawat daun pucuk merah yang perlu Anda lakukan?

  • Anda dapat melakukan penyiraman dua kali dalam sehari, setiap pagi dan sore hari. Apabila musim kemarau, Anda dapat menyiram lebih dari dua kali dalam sehari. Namun, jika musim hujan tidak perlu disiram.
  • Pemupukan dapat dilakukan dua bulan sekali. Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk kandang atau pupuk kimia. Anda hanya menaburkan pupuk tersebut disekitar tanaman.
  • Terakhir adalah melakukan pemangkasan. Anda dapat memangkas daun yang sudah layu atau terpapar sinar matahari langsung. Pemangkasan ini bertujuan untuk memaksimalkan pertumbuhan daun lainnya agar daun mekar sempurna.

Manfaat Pucuk Merah yang Dapat Anda Nikmati

Selain sebagai tanaman yang menyegarkan bagi rumah minimalis Anda. Pucuk merah mempunyai segudang manfaat yang dapat Anda rasakan. Lantas apa saja manfaat pucuk merah?

  • Berfungsi sebagai pagar rumah

Tanaman pucuk merah dapat Anda jadikan pagar rumah dengan cara menanam teknik stek. Manfaat pohon pucuk harum ini jarang disadari, padahal Anda dapat memotong bagian tertentu kemudian di tanam pada tanah dan berjejer horizontal dengan diameter 30 cm agar tidak bertabrakan. Jadilah pagar rumah yang bagus.

  • Dapat digunakan sebagai pewarna makanan

Pucuk merah ternyata dapat dijadikan bahan makanan seperti daun suji atau daun pandan. Cucilah terlebih dahulu daun yang akan digunakan sebagai pewarna. Tumbuk atau blender daun yang sudah bersih. Peras air dari hasil tersebut dan Anda dapat menggunakannya.

  • Dapat digunakan sebagai antioksidan dan obat diabetes

Pucuk merah mengandung senyawa polifeno. Senyawa ini dapat digunakan sebagai antioksidan alami untuk mengurangi stres dan melindungi sel beta pankreas akibat radikal bebas yang berbahaya. Selain itu, pucuk merah juga mengandung flavonoid yang sangat efektif mencegah diabetes.

  • Pucuk Merah sebagai pengharum ruangan

Tanaman pucuk merah memiliki kandungan minyak atsiri pada ekstrak daunnya. Aroma tersebut dapat Anda gunakan sebagai pengharum ruangan yang menyegarkan dan khas.

  • Penyerap Karbon dioksida yang baik

Dibandingkan dengan tanaman lainnya, pucuk merah mempunyai daya serap terhadap karbon dioksida yang lebih tinggi. Ini, sangat cocok untuk Anda yang ingin menciptakan nuansa bersih dan sehat.

Demikian ulasan kami tentang cara merawat daun pucuk merah dan manfaatnya. Bagaimana? Mudah kan merawat daun pucuk merah? Semoga bermanfaat ya. (ls) edited by AL091120.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *