Cara Meningkatkan Harga Jual Rumah agar Untung Banyak

Bicara soal jual rumah, tentu ada saja hal yang perlu dipersiapkan sebelum benar-benar dibeli. Ada beberapa cara meningkatkan harga jual rumah jika ingin dibeli mahal tanpa nawar oleh pembeli. Salah satunya adalah dengan menyiapkan rumah secara fisik agar pembeli tertarik saat pertama kali melihat [survei].

Selanjutnya selain harus disiapkan secara fisik Anda juga perlu menyiapkan dokumen apa saja yang menyertai. Ibarat jual produk kecil, ANda juga mesti paham spesifikasi rumah Anda. Dimulai dari status tanah dan perpajakan, luas lahan plus bangunan serta fasilitas apa saja yang akan include dalam penjualan.

Pada artikel kali ini, diminimalis akan coba memberikan gambaran pada Anda tentang bagaimana cara meningkatkan harga jual rumah agar nantinya laku cepat dengan harga tinggi. Kira-kira apa saja? Yuk cek ulasannya di bawah ini.

Hal Penting soal Menjual Rumah

Pada prinsipnya, menjual rumah agar cepat laku itu mudah. Anda hanya perlu melakukan beberapa pembenahan supaya calon pembeli tertarik saat lihat pertama kali. Tentu Anda juga tidak ingin calon konsumen menawar rumah Anda dengan harga rendah bukan? Disinilah pentingnya strategi penjualan yang tepat.

Tujuannya jelas agar jangan sampai rumah Anda dihargai jauh di bawah nilai yang seharusnya Anda terima, bila perlu untung sebanyak banyaknya. Hal lain yang juga penting selain produk dalam hal ini rumah yang Anda jual adalah sistem pemasaran. Dimana Anda menjual dan menawarkan pada pembeli potensial. Melalui selebaran saja atau juga via online. Ini penting karena berpengaruh terhadap rasioa potensi terjual.

cara meningkatkan harga rumah, cara menaikkan harga rumah, cara meningkatkan harga jual rumah
Cara meningkatkan harga jual rumah_ siapkan segala dokumen dan lakukan perawatan pra promosi – diminimalis.com

Cara Meningkatkan Harga Jual Rumah dengan Mudah

Calon pembeli tentunya tidak ingin mengeluarkan biaya mahal untuk biaya renovasi yang besar. Supaya calon pembeli tidak menawar terlalu rendah dari harga yang Anda tawarkan, ada baiknya Anda menerapkan beberapa cara meningkatkan harga jual rumah di bawah ini. Harapannya ketika nantinya Anda ingin menjual rumah minimalis Anda kepada orang lain harganya tidak ditawar drastis.

Percantik Bagian Depan

Kesan pertama sebuah rumah adalah bagian depannya. Jika bagian depan rumah sudah menawan, maka hati calon pembeli pun akan tergoda. Pastikan taman depan terlihat indah, rapi, dan asri tanpa kehadiran rumput liar.

Jika Anda tidak memiliki taman, maka tambahkanlah bunga segar di dalam pot di teras rumah. Jangan lupa untuk mengecat pagar dan pintu masuk bila perlu. Ini adalah cara meningkatkan harga jual rumah yang paling dasar, jadi lakukanlah dengan senang hati.

Cara menigkatkan harga jual rumah, cara meningkatkan harga rumah, cara menaikkan harga rumah, cara meningkatkan harga jual rumah
tampilan depan rumah yang cantik, dapat memikat calon pembeli rumah Anda – diminimalis.com

Lakukan Renovasi yang Diperlukan

Cara meningkatkan harga jual rumah yang kedua adalah melakukan renovasi apapun yang memang perlu. Untuk memperbaiki rumah dengan dana seadanya, sebaiknya Anda fokus pada kerusakan yang sudah ada pada rumah tersebut. Seperti misalnya memperbaiki atap yang bocor atau drainase air yang tidak bagus supaya dapat melindungi rumah saat hujan lebat.

Dengan merenovasi kecil-kecilan, maka rumah Anda akan tampak lebih enak dilihat, nyaman. Bila perlu gantilah lampu-lampu yang sudah meredup di rumah Anda, karena pencahayaan yang kurang maksimal, bisa menurunkan minat calon pembeli terhadap
Rumah Anda.

Cat Ulang Dinding jika Sudah Kurang Layak

Jika sudah banyak bagian cat yang mengelupas pada dinding rumah Anda, ada baiknya Anda mengecat ulang agar rumah Anda terlihat lebih cantik. Terlebih jika banyak kotoran dan coretan di dinding rumah Anda.

Dinding yang kotor akan membuat pembeli menawar terlalu rendah rumah yang Anda jual. Dengan mengecat ulang, tampilan rumah Anda akan tampak seperti baru kembali.

Pastikan Sirkulasi Udara Bersih

Terakhir, cara meningkatkan harga jual rumah agar laku harga tinggi ialah membenahi sirkulasi udara. Sistem sirkulasi udara yang baik bisa membuat penghuni merasa nyaman untuk tinggal. Bersihkan semua jendela di rumah dan biarkan jendela-jendela tersebut terbuka beberapa jam sebelum calon pembeli datang. Dengan begitu sirkulasi udara akan membaik dan membuat rumah Anda terasa lebih segar.

Resiko Jual Beli Rumah

Bagi para pembeli, memilih rumah ibaratnya seperti memilih jodoh. Rumah cocok tapi belum tentu harganya juga cocok, sebaliknya harga cocok namun ternyata tipe rumah kurang cocok. Transaksi ini terlihat mudah namun sebenarnya sulit untuk dilakukan, itulah hal yang terjadi dalam bisnis jual beli properti.

Baca juga: Tips mencari lokasi rumah yang baik untuk investasi atau tempat tinggal

Terjun ke dalam ranah jual-beli properti memang memerlukan sikap kehati-hatian yang esktra. Karena tidak sedikit terjadi kasus penipuan jual beli properti sehingga membuat pemilik dan pihak yang menjualkan mengalami kerugian yang tidak sedikit. Maka dari itu Anda benar-benar harus sangat waspada karena meskipun keuntungan yang dijanjikan lumayan banyak, namun resiko yang diakibatkan juga tidak sedikit.

Meski untuk melakukan jual beli hunian ini memang membutuhkan keahlian tersendiri, namun Anda dapat mempelajarinya secara otodidak dengan terjun langsung di dalam bisnis tersebut. Jual beli properti baik berupa rumah atau apartemen sudah menjadi salah satu jenis investasi yang yang dapat mendatangkan capital gain (keuntungan besar tiap transaksinya).

Yang perlu diperhatikan, bagi pihak penjual maupun pembeli, masing-mising perlu memahami akan adanya biaya yang nantinya akan dikeluarkan saat proses transaksi. Mengapa dalam setiap proses jual-beli rumah, ada banyak biaya tambahan yang harus dikeluarkan?

Hal ini sebenarnya demi melindungi pihak penjual maupun pembeli dari kerugian. Karena biaya tersebut dikeluarkan untuk mengesahkan perpindahan aset (rumah) dari pihak pertama ke pihak kedua.

Mungkin itu saja ulasan dari kami tentang cara meningkatkan harga jual rumah minimalis Anda. Akhir kata, semoga dengan menerapkan beberapa tips menjual rumah minimalis di atas, rumah Anda cepat laku dan terjual dengan harga tinggi ya, selamat mencoba. (ls.)

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.