Tips dan Cara Mengusir Laron dari Rumah

Keberadaan laron sebagai salah satu hewan yang bisa terbang memang tidak membahayakan siapapun, namun tidak bisa dipungkiri bahwa hewan ini seringkali mengganggu. Membuat mata risih dan cenderung mengotori ruangan karena sayap-sayapnya yang rentan patah. Jika mau praktek, ada beberapa cara mengusir laron dari rumah yang bisa dilakukan secara efektif.

Salah satunya adalah dengan membuat jebakan dimana lampu senter besar diletakkan di atas baskom berisi air. Nantinya laron-laron akan terkecoh dan akhirnya terjebak masuk ke dalam kubangan air yang membuat mereka tidak bisa terbang lagi.

Selain cara ini, ada juga beberapa alternatif lain cara mengusir laron yang secara lebih detail akan kita bahas pada sub bahasan di bawah ini. Jadi jangan beranjak dulu, scroll ke bawah dan cari tahu apa yang bisa Anda lakukan untuk mengusir laron di rumah.

Lebih Mengenal Tentang Laron

Sebelum bicara cara mengusir laron yang benar-benar efektif, mungkin kita perlu sedikit kenal dengan hewan yang satu ini. Laron sendiri adalah hewan hasil metamorfosis dari rayap. Dikutip dari wikipedia, rayap adalah serangga sosial anggota infraordo Isoptera, bagian dari ordo Blattodea (kecoa) yang dikenal luas sebagai hama penting dalam kehidupan manusia.

Rayap bersarang di kayu dan tanah, bisa memakan perabotan atau kerangka rumah berbahan kayu sehingga cenderung merugikan. Rayap adalah hewan yang masih berkerabat dengan semut, yang juga serangga sosial.

Siklus hidup rayap dimulai dari Telur lunak berwarna jingga transparan, yang selanjutnya akan berkembang menjadi larva. Nah, larva ini kemudian akan tumbuh menjadi rayap muda yang disebut dengan Nimfa (nymph).

Ketika beranjak dewasa, rayap muda ini akan memilih peran mereka dalam koloni.

Menjadi rayap pekerja

Peran pertama dari rayap adalah Rayap Pekerja. Jenis rayap ini jumlahnya paling banyak dalam koloni. Tugas mereka adalah mencari dan menyimpan makanan, merawat induk dan larva muda, membangun serta memperbaiki sarang.

Rayap dari kasta inilah yang bisa merusak bangunan kayu karena memiliki kemampuan mencerna selulosa dalam kayu. Hasil pencernaan tersebut kemudian akan dimuntahkan dan dipersembahkan sebagai makanan induk, prajurit serta para larva.

Menjadi rayap prajurit

Peran lainnya dari rayap adalah menjadi Prajurit yang bertugas menjaga sarang dan keamanan keseluruhan koloni. Kasta prajurit memiliki spesialisasi anatomi dan perilaku untuk melawan serangan musuh utama mereka, yaitu semut.

Rayap jenis ini memiliki rahang yang besar sehingga mereka tidak mampu makan sendiri. Mereka bergantung pada rayap pekerja untuk menyediakan makanan muntahan untuk mereka. Rayap yang bermertamorfosis menjadi laron memiliki bentuk yang berbeda dan punya kemampuan untuk terbang. Laron punya sifat kecenderungan mendekati sumber cahaya sehingga bisa mengerubungi lampu dalam rumah.

cara mengusir laron, cara mengusir laron dengan alami, cara mengatasi serangan laron
Laron selalu terbang mendekati sumber cahaya – diminimalis.com

Cara Mengusir Laron yang Efektif dan Efisien

Mengusir laron dari ruangan dalam rumah bisa dibilang gampang-gampang susah. Kalau mau menggunakan cara simpel, Anda tinggal mematikan lampu di dalam ruangan dan biarkan laron-laron tersebut berkumpul mencari sumber cahaya lain di luar rumah.

Namun tentu saja hal ini membuat aktivitas Anda jadi terganggu karena disibukkan dengan menghidupkan dan mematikan lampu. Lagi pula cara mengusir laron dengan menggiring ke sumber cahaya lain kurang efektif karena bisa kembali lagi dalam beberapa saat. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas untuk Anda tips dan cara mengusir laron di rumah tanpa perlu mematikan lampu terlalu sering. Cara ini dikenal efektif untuk menghilangkan kerumunan laron yang mengitari lampu ruangan.

cara mengusir laron, cara mengusir laron dengan alami, cara mengatasi serangan laron
bau cabai tidak disukai oleh laron – diminimalis.com

1. Mengantung cabai di dekat lampu [menjauhkan]

Cara mengusir laron yang satu ini merupakan metode tradisional yang sudah sangat lama dilakukan orang-orang zaman dulu. Cabai yang digunakan adalah cabai merah, dengan mengantungnya dekat lampu.

Panas dari cahaya akan membantu mengeluarkan aroma menyengat dari cabai. Laron akan merasa tidak nyaman dan akan menjauh dari sumber cahaya. Untuk hasil terbaik, belah cabai merah yang akan digantung menjadi dua agar aromanya lebih menyengat.

2. Pasang Penerangan di dekat Sarang [mencegah]

Jika Anda bisa mendeteksi sarang keluarnya laron-laron tersebut, Anda bisa memanfaatkannya agar tidak sampai menuju rumah. Laron yang biasanya keluar dari sarang tanah yang gembur di luar rumah sebenarnya bisa dengan mudah terdeteksi.

Bagaimana cara memanfaatkan lubang sarang untuk meengusir laron? Yaitu dengan memasang penerangan khusus di dekat sarangnya sehingga tidak akan mendekati sumber cahaya lain dan masuk ke dalam rumah.

Penerangan yang bisa dipakai diantaranya adalah ublik, sembrong, lilin ataupun barang modern seperti lampu duduk dan senter. Pilih senter yang bisa bergonta ganti mode, aktifkan mode yang menyebarkan cahaya ke segala arah agar lebih efektif. Jika ingin cara mengusir laron dengan metode lain, Anda bisa tanam tanaman khusus seperti pengusir nyamuk.

3. Taruh Baskom Air di bawah Lampu duduk [membasmi]

Seperti yang kita tahu, air dapat memantulkan cahaya. Dengan pantulan cahaya dari lampu pada air, ini dapat mengelabui laron. Caranya yaitu dengan menyiapkan air kedalam sebuah baskom yang diletakkan di bawah lampu.

Laron-laron tersebut nantinya akan mendatangi baskom yang telah berisi air tersebut. Karena mereka akan menyangka air yang memantulkan cahaya itu adalah juga sumber cahaya maka  laron akan terjebak dengan sendirinya dan tidak akan dapat terbang lagi.

Tiga cara di atas dianggap sebagai yang paling efektif, jadi Anda bisa mencoba salah satu atau ketiganya jika memungkinkan. Perlu diketahui ahwa laron biasanya muncul di senja ataupun pagi hari.

Laron yang keluar dari sarang akan langsung terbang menuju arah cahaya. Tidak hanya risih untuk dipandang, namun juga mengganggu karena sering membuat lantai kotor dengan sayapnya yang rentan patah.

Nah dengan mempraktekkan cara mengusir laron di atas, maka secara tidak langsung rumah Anda tidak akan bermasalah lagi dengan laron kedepannya. Cara di atas memang tetap perlu mematikan lampu, tapi bukan untuk memindahkan kerumunan melainkan agar tidak mendekat dan sekaligus bisa menjebaknya. Semoga berhasil!

Baca juga: Cara Membersihkan Sarang Laba-laba di Rumah yang Mengganggu

Mungkin itu saja ulasan dari kami tentang cara mengusir laron yang efektif dan efisien. Semoga bisa Anda praktekkan tanpa kerepotan. Sampai jumpa. (ls) editted by RN11032021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.