Banyak kasus kebakaran rumah bermula dari korsleting listrik. Kesalahan dalam instalasi atau karena insiden korsleting yang tidak disengaja. Untuk itulah, penting bagi pemilik rumah agar tahu bagaimana cara menghindari korsleting listrik sebisa mungkin.

Mencegah terjadinya korsleting listrik bisa dilakukan dengan berbagai upaya. Beberapa diantaranya dimulai dari instalasi yang harus benar dan prosedural hingga menjaga agar kabel dan sambungan lainnya tetap aman.

Pentingnya Memahami Kasus Korsleting Listrik

Pada banyak kasus, pemicu kebakaran rumah paling sering selain ledakan tabung gas adalah korsleting listrik. Ini tidak bisa dipungkiri karena memang listrik sendiri erat kaitannya dengan setiap aktivitas kehidupan sehari-hari.

Untuk itulah, sekali lagi penting bagi siapapun agar tahu cara menghindari korsletling di rumah. Kesadaran dan pemahaman inilah yang mestinya diedukasi oleh yang berwenang kepada seluruh masyarakat demi kebaikan dan keamanan bersama.

cara menghindari korslet, cara menghindari korslet listrik, pengertian korsleting listrik
Cara menghindari korsleting listrik agar rumah tak kebakaran – diminimalis.com

Kesadaran untuk menjaga ini perlu kita tumbuhkan bersama, sebab, tidak akan pernah cukup hanya sekedar sudah diterapkan di rumah sendiri. Bisa jadi beberapa tetangga ada yang masih belum memahami standar instalasi listrik yang baik dan benar.

Sebab apapun pemicu kebakaran, bila api sudah meluas, maka resikonya akan makin menjalar ke rumah-rumah lain. Ini yang sepatutnya jadi kewaspadaan bersama dan memahami hal-hal berkaitan dengan kelistrikan sangatlah penting.

Cara Menghindari Korsleting Listrik di Rumah

Aliran listrik merupakan energi berdaya besar yang berbahaya bila terjadi kesalahan penyalurannya. Apabila tidak diatur dengan cermat, maka efeknya akan berbahaya bagi yang tinggal di dalamnyaa.

Titik ledakan atau penyebabnya bisa jadi ada di Mini Circuit Breaker (MCB), atau terbakarnya steker colokan listrik yang kelebihan beban. Bila hal ini tidak diketahui pemilik rumah, maka dengan segera api bisa menjalar ke seluruh ruangan bahkan rumah tetangga.

cara menghindari korsleting listrik, cara mencegah korsleting listrik, cara mengatasi kebakaran karena listrik
Tips dan cara menghindari korsleting listik – diminimalis.com

Di bawah ini kami sajikan beberapa tips mencegah bahaya kebakaran akibat korsleting listrik:

1. Percayakan instalasi awal dan perbaikan pada ahlinya

Tips dan cara menghindari korsleting listrik pertama ialah perlakuan pada instalasinya. Percayakan pemasangan instalasi rumah Anda pada instalator yang terdaftar sebagai anggota AKLI (Assosiasi Kontraktor Listrik Indonesia) dan terdaftar di PLN. Secara legal instalator mempunyai tanggung jawab terhadap keamanan instalasi jika nantinya terjadi sesuatu yang tak diinginkan.

2. Hindari penggunaan colokan berlebihan

Demi alasan penycegahan, jangan menumpuk steker atau colokan listrik terlalu banyak pada satu tempat. Sambungan seperti itu menyimpan panas yang akhirnya dapat mengakibatkan korsleting listrik.

3. Gunakan material listrik terbaik

Jangan ambil resiko dengan menggunakan material listrik sembarangan yang tidak berkualitas standar walaupun harganya murah. Sebab, yang murah pasti rawan rusak dan bisa jadi bumerang. Lebih baik investasikan uang sedikit lebih banyak untuk membeli yang sedikit lebih bagus. Ini bisa jadi cara menghindari korsleting listrik paling efektif lho.

4. Periksa penggunaan sekring

Gunakanlah sekring yang masih bagus jika baru pertama kali instalasi dan gantilah sekring putus dengan yang baru agar lebih aman.

5. Lakukan pengecekan rutin

Lakukan pemeriksaan secara rutin terhadap kondisi isolasi pembungkus kabel, bila ada isolasi yang terkupas atau telah menipis, segera lakukan penggantian. Cara menghindari korsleting listrik ini sangat ampuh untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

6. Gunakan jenis dan ukuran kabel sesuai peruntukan dan kapasitas hantar arusnya.

Ini penting sebab setiap kabel punya maksimal daya yang bisa ditampung dan dialirkan. Gunakan kabel dan saklar standar yang memang direkomendasikan aman untuk dipakai.

7. Bila terjadi kebakaran oleh fotografer

Bila terjadi kebakaran akibat korsleting listrik lantaran pengaman Mini Circuit breaker (MCB) tidak berfungsi dengan baik, matikan segera listrik dari kWh meter. Jangan menyiram sumber kebakaran dengan air bila masih ada arus listrik.

8. Gunakanlah peralatan listrik yang memenuhi standar SNI dan ukuran yang tepat.

Salah satu cara menghindari korsleting listrik lainnya adalah dengan menggunakan material berstandar. Ini hampir sama dengan sebelumnya bahwa amat penting mengatur budget lebih untuk membeli peralatan listrik berstandar nasional karena lebih aman dan terjamin.

9. Lakukan perawatan berkala

Rawatlah instalasi listrik secara berkala untuk mengetahui bila terjadi kerusakan pada kabel atau peralatan lainnya. Seperti misalnya sambungan yang terbuka. Bila memungkinkan gantilah seluruh jalur instalasi setiap lima tahun sekali atau kurang, untuk memastikan kinerja tetap bagus.

10. Peka terhadap bau-bau gosong

Waspadai jika tercium bau gosong di dalam rumah yang tak seperti biasanya terjadi. Hal ini bisa jadi kemungkinan indikasi terjadi korsleting pada sambungan listrik di rumah minimalis Anda.

11. Pangkaslah pepohonan di halaman rumah apabila sudah mendekati ataupun menyentuh jaringan listrik.

Ini juga bagian dari upaya pencegahan yang penting. Mengingat pohon itu sendiri punya resiko menimpa kabel-kabel listrik sehingga lebih baik seegra dipangkas sebelum terlalu rimbun.

12. Cek sambungan lagi dan lagi

Kabel-kabel listrik yang terpasang di rumah jangan sesekali dibiarkan terkelupas ataupun terbuka. Selain membahayakan juga kurang enak dipandang.

13. Hindari pemakaian listrik ilegal

Jangan sekali-kali mencuri aliran listrik secara illegal karena disamping membahayakan keselamatan, tindakan itu juga tergolong kejahatan. Tentu Anda tidak mau kan kena bui?

Nah, 13 tips di atas sebenarnya sangat simpel untuk Anda terapkan sebagai cara menghindari korsleting listrik di rumah agar jangan sampai terjadi kebakaran atau insiden buruk lainnya. Semoga perlahan Anda bisa disiplin dan bijak dalam menggunakan listrik di rumah.

Baca juga: Tips dan Cara Mengatur Instalasi Listrik pada Rumah yang Baru Ditinggali

Mungkin itu saja ulasan dari kami tentang cara menghindari korsleting listrik di rumah. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi Anda yang ingin keluarga terlindungi dari bahaya kebakaran akibat korsleting listrik. Sampai jumpa. (ls) editted by RN14062021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *