Musuh utama kayu selain rayap adalah jamur. Ini biasanya menyerang perabot kayu yang rentan terhadap jamur. Ada beberapa cara menghilangkan jamur di kayu yang jika Anda lakukan hasilnya akan luar biasa.

Tak semua orang tahu tentang cara menghilangkan jamur di kayu, bisa jadi Anda termasuk salah satu diantaranya. Padahal sebenarnya caranya tidaklah sesulit yang dibayangkan. Pada artikel kali ini, diminimalis akan mengulasnya untuk Anda. Jadi, mari kita simak pembahasan ini sampai akhir ya.

cara menghilangkan jamur di kayu, cara menghilangkan jamur di kayu lemari, cara menghilangkan jamur di pintu kayu
Cara menghilangkan jamur di kayu sebenarnya bisa dihilangkan dengan mudah bila kita paham caranya -diminimalis.com

Tips dan Cara Menghilangkan Jamur di Kayu Perabotan

Setiap rumah pasti memiliki banyak perabotan yang terbuat dari bahan kayu. Kelemahan dari bahan yang satu ini ialah munculnya jamur yang akan merusak penampilan. Saat jamur datang dan menempel di perabotan rumah pasti Anda berusaha untuk menghilangkannya. Biasanya, untuk membersihkannya seringkali tidak mudah karena nantinya akan muncul kembali.

cara menghilangkan jamur di kayu, cara menghilangkan jamur di kayu lemari, cara menghilangkan jamur di pintu kayu
Tips dan cara menghilangkan jamur di kayu – diminimalis.com

Untuk mengatasi masalah tersebut, tentunya Anda harus melakukan penanganan yang tepat. Tak hanya itu, Anda harus tahu cara merawat perabot kayu agar jamur tidak muncul kembali. Sebetulnya, dari pada Anda harus mencari cara menghilangkan jamur di kayu lebih baik melakukan pencegahan terlebih dahulu.

Jalan yang ditempuh bisa dengan melalui cara sederhana, yakni melancarkan sirkulasi udara dan biarkan matahari sinarnya masuk ke ruangan dimana Anda banyak meletakkan perabotan kayu disana.

Pada dasarnya kehadiran jamur itu dipicu oleh kelembaban ruangan yang berlebihan. Maka langkah tersebut sangat efektif dilakukan untuk menghindari datangnya jamur pada perabotan kayu Anda. Namun apabila sudah terlanjur berjamur,  Anda bisa menggunakan tips berikut ini:

Olesi kayu dengan alkohol

Alkohol bisa menjadi salah satu baha untuk menghilangkan yang namanya jamur di kayu. Ketika alkohol sudah Anda oleskan pada perabotan kayu Anda ,maka tidak akan ada jamur yang tumbuh di kayu tersebut. Alkohol yang digunakan ialah yang mempunyai kandungan di atas 70 %. K

emudian dengan menggunakan kain, Anda bisa mulai mengoleskannya di perabotan kayu yang berjamur tersebut. Karena efek bau dari penggunaan alkohol ini begitu terasa, maka ketika sudah selesai membersihkannya Anda perlu memberikan pewangi secukupnya.

Lapisi kayu dengan melamin atau pernis

Apabila alkohol ternyata tidak bisa mengatasi jamur di perabotan Anda, maka basmilah dengan menggunakan cara lain. Yang bisa Anda lakukan ialah dengan melumuri secara merata perabotan Anda dengan pernis. Tidak hanya efektif dalam menghilangkan jamur saja, tetapi melapisi dengan melamin justu akan bisa menambah menarik penampilan dari perabotan Anda. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya di toko cat atau toko bangunan.

Gunakan air conditioner untuk kayu

Bahan ini bisa menyerap lembab sehingga perabotan bisa terhindar dari jamur. Untuk mendapatkanya, Anda bisa membelinya secara online karena tidak semua toko bangunan menjualnya. Cara ini termasuk menjadi solusi alternative untuk jamur yang menempel di perabotan kayu Anda.

Pakai lampu TL

Alasan utama kehadiran jamur di kayu ialah masalah sinar matahari yang kurang. Dalam mengantisipasi masalah ini maka Anda bisa menggunakan lampu TL. Ini akan sangat membantu mememenuhi cahaya di ruangan Anda dan sebagai penghambat datangnya jamur.

Manfaatkan bahan pembersih

Solusi terakhir dapur pembersih dapur yang banyak jenisnya. Caranya hanya tinggal mengoleskannya saja dan meratakan dengan menggunakan kain atau spon, atau sejenisnya yang mempunyai tekstur lembut.

Lima cara di atas bisa Anda terapkan dalam penanganan jamur pada kayu. Jika dilakukan dengan benar, maka bukan tidak mungkin hasilnya akan sangat efektif dan jamur akan mudah hilang. Kuncinya adalah Anda harus sabar dan terus lakukan perawatan secara rutin agar didapat hasil yang memuaskan.

Demikian tadi beberapa cara menghilangkan jamur di kayu yang bisa Anda lakukan sendiri. Cara yang kami berikan sangatlah mudah, jadi Anda bisa langsung mencobanya. Gunakan satu cara terlebih dahulu, kalau dirasa tidak efektif maka Anda bisa menggunakan cara yang lainnya. Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk Anda apabila mengalami masalah jamur pada perabotan di rumah.(ls) editted by RN08062021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *