Tips dan Cara Menghias Tangga dengan Mudah

Setiap rumah bertingkat berapapun jumlah lantainya, pasti memiliki tangga untuk naik ke atas. Agar tidak hanya bersifat fungsional semata, banyak orang menyiasati berbagai cara menghias tangga yang anti-mainstream tapi tetap bagus. Nah, kali ini kita akan sama-sama bedah beberapa tips dan cara menghias tangga dalam rumah yang mungkin perlu Anda adopsi.

Pada intinya Anda hanya perlu menambahkan beberapa hal yang berkaitan dengan hiasan di sisi samping tangga. Baik di tembok ataupun di bagian tangga. Kemudian setelah itu mengaturnya agar mampu menunjang penampilan. Langsung saja mari kita ulas saja beberapa prinsip dasar dalam menghias tangga rumah hingga berbagai ide yang bisa diterapkan.

Prinsip Dasar Menghias Tangga Rumah

Sebagai penghubung antar ruang atas dan bawah, tangga menjadi satu elemen penting yang tidak boleh terabaikan. Hal ini karena manfaat fungsionalnya yang begitu besar. Namun begitu, tren rumah modern saat ini tentu tidak akan berhenti hanya sebatas fungsi, namun bisa juga sisi lain yaitu estetika turut dipertimbangkan.

Lantas bagaimana dengan rumah minimalis yang sudah terlanjur memiliki tangga dan bentuknya masih biasa saja? Mungkin menghias area tangga dengan berbagai ide bisa jadi solusi tepat! Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, simak selengkapnya berikut ini.

tangga unik, tangga minimalis, Tangga unik rumah minimalis
tangga dengan sentuhan artistik dan unik dalam sebuah rumah minimalis – diminimalis.com

9 Cara Menghias Tangga dalam Rumah dan Ide yang Bisa Diterapkan

Ide-ide yang banyak dilakukan terkait cara menghias tangga memang tidak dapat dilakukan sembarangan, karena teknis pengerjaannya bukan perkara mudah. Jika sampai salah menghias bisa jadi akan memberikan kesan yang mengganggu mata nantinya.

Anda perlu menentukan ide terlebih dahulu terkait teknik atau ornamen seperti apa yang pas untuk dijadikan elemen pelengkap tangga. Berikut beberapa contoh ide desain cara menghias tangga yang bisa Anda adopsi.

1. Kata-kata inspiratif

Terkadang kata simple dan inspiratif dapat selalu terngiang di kepala. Biasanya kata-kata seperti ini dapat memunculkan semangat tersendiri bagi setiap orang. Oleh karena itu cobalah untuk menulis kata-kata seperti ini di setiap anak tangga yang ada.

2. Pola

Pemberian pola pada sisi vertikal tangga tak kalah menarik untuk dipakai. Menghias area tangga menggunakan cara ini sangat efektif tentunya. Sebab, Anda hanya perlu mendesain tangga unik membentuk pola kemudian memberikan warna cerah dan kontras pada anak tangga.

Tak perlu pola-pola rumit, pola zig zag atau bulat dapat jadi pilihan tepat. Pasti tampilan kece dan unik dapat Anda miliki. Jangan lupa tentukan ukuran yang pas dan sama agar terlihat kompak.

3. Permainan warna cat

Mempercantik Interior Rumah Menggunakan Tangga, Tangga untuk mempercantik interior rumah, contoh tangga rumah minimalis, model tangga, desain tangga untuk interior rumah
percantik interior dengan tangga dengan warna menyesuaikan dengan dinding – diminimalis.com

Menghias tangga dengan cat? Rasanya hal ini sudah sangat biasa bukan? Tapi cobalah berikan sentuhan berbeda pada pewarnaan catnya. Seperti pewarnaan bergradasi, baik dari gelap ke cerah atau sebaliknya. Pasti tampilan akan lebih berbeda dan lain dari sebelumnya.

4. Tangga lukis

Cara menghias tangga dengan ide ini dapat dikatakan sedikit rumit dan membutuhkan desain yang kreatif. Dimana kita akan membuat pola pada sisi vertikal setiap anak tangga dan ketika lukisan ini selesai dan dilihat dari kejauhan akan nampak seperti sebuah lukisan menarik serta unik.

Tangga rumah minimalis akan langsung menjadi pusat perhatian. Lukisan yang ingin dibuat juga bergantung selera. Biasanya banyak yang memilih lukisan motif piano, sehingga ketika dilihat dari jauh, tidak nampak seperti tangga, namun lebih seperti piano raksasa. Meskipun rumit tapi hasilnya sangat maksimal untuk menghias rumah minimalis.

5. Bunga

Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata ‘bunga’?. Pasti sangat erat kaitannya dengan segi feminim bukan? seperti itulah ciri khas bunga. Rantai bunga hias dapat mencuri perhatian bila diposisikan pada tangga, baik itu tangga lurus, berkelok ataupun melingkar.

Nantinya hiasan bunga dapat diposisikan pada sisi dinding samping tangga. Dapat pula dibuat melingkari pegangan tangga. Untuk gaya tangga melingkar dapat ditempelkan pada sisi tiang kokohnya ataupun pada pegangannya. Masih merasa kurang pas?

Menempelkannya pada list setiap anak tangga tentu jadi pilihan tepat. karena setiap anak tangga membawa kesan feminim dan cantik.

6. Lampu

Cara menghias tangga, dekorasi area tangga, menghias dinding tangga, lukisan dinding tangga, desain dinding tangga, wallpaper dinding tangga, dekorasi tangga, dinding tangga minimalis, hiasan dinding tangga, model tangga minimalis
Tangga dengan lampu hias yang manis – diminimalis.com

Lampu tumblr saat ini memang tengah jadi trend masa kini. Dimana lampu hias tersebut dapat dikreasikan pada berbagai macam perabot, hiasan dinding juga hiasan tangga.

Ketika memberikan hiasan pada tangga, dapat menempatkan lampu ini secara melengkung pada dinding tangga. Agar lebih kreatif, mungkin lampu ini dapat dibuat seperti membentuk sebuah kata. Contohnya saja tulisan ‘home’. Pasti menambah kesan tangga mewah dan modern.

Sayangnya hiasan menggunakan lampu ini hanya terlihat menonjol ketika malam hari saja. guna mensiasati masalah tersebut, kita dapat memadukan tips ke 6 dan ke 7. Seperti menghias menggunakan bunga dengan penambahan lampu hias yang mengikutinya. Sehingga tampilan tangga pada rumah semakin menarik baik itu siang maupun malam hari. Seru bukan?

7. Tanaman hias

Cara ini memang jadi trik mudah menghias tangga keren dan unik. Dimana pemberian tanaman hias dalam pot mungil tadi diposisikan pada sisi tepi tangga. Keunikan pot, indahnya tanaman dan penataan tepat jadi kuncinya.

Tidak harus memilih tanaman mahal atau pot ukuran besar. Cukup dihias menggunakan pot ukuran kecil dengan tanaman simpel. Tanaman pembersih udara misalnya. Pasti nuansa rumah akan tampak lebih sejuk dan indah. sangat mudah dan simpel bukan? Anda bisa mencoba menempatkan Tillandsia air plant, yang dapat hidup dengan menggantung di udara dalam ruangan.

8. Washi tape

Salah satu hal unik dan memang tengah jadi trend ditahun 2018 ini adalah keberadaan washi tape. Meskipun dianggap benda sederhana, tapi selotip bermotif ini sangat diminati. Bukan hanya sebagai perekat saja, tapi selotip motif ini juga dapat dipergunakan sebagai penghias tangga.

Jadi, sangat pas bagi Anda yang ingin memberikan tampilan unik dan berbeda. Cobalah satukan beberapa motif agar tampak berbeda. pasti hasilnya menarik dan yang terpenting jadi tips irit menghias tangga minimalis dengan hasil keren.

9. Mengeksplorasi sudut tangga

Ingin membuat wajah berbeda pada sudut rumah minimalis? coba lakukan eksperimen pada sudut tangga. Membuat tangga jadi pusat perhatian pasti sangat menarik. sayangnya membuatnya jadi pusat perhatian tidak semudah membalikkan telapak tangan. Coba cari terlebih dahulu referensi sebanyak mungkin agar mengetahui full motif apa yang pas dan tepat diaplikasikan nantinya.

Nah dari beberapa trik tadi, manakah yang paling pas diaplikasikan pada area tangga rumah Anda? Pada intinya menghias tangga minimalis tidak harus merombak kembali desain yang sudah ada. Cukup memberikan sentuhan unik dan kreatif agar kesan minimalis terlihat berbeda serta mempunyai nilai seni tersendiri.

Dari sekian cara menghias tangga rumah minimalis yang cukup mudah. Semoga hasilnya akan nampak menawan. (ck) editted by RN08082020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.