Penggunaan listrik yang tidak dikontrol dengan baik bisa menjadi penyebab membengkaknya pengeluaran bulanan. Padahal, ada beberapa cara menghemat listrik yang bisa diusahakan.

Cara ini sangat mudah karena hanya perlu membiasakan diri untuk tidak berlebihan dalam menggunakan perkakas yang menggunakan listrik sebagai dayanya.

Nah, seperti apa sih cara menghemat listrik yang efektif itu? Apakah cukup dengan menerapkan kebiasaan tersebut saja atau ada tips lain?

Pada kesempatan kali ini, diminimalis akan mengajak Anda untuk bicara soal tips dan cara terbaik menghemat penggunaan listrik rumah tangga.

Pentingnya Menghemat Penggunaan Listrik

Membiasakan diri untuk berhemat khususnya dalm penggunaan listrik rumah tangga sebenarnya cukup simpel. Sebab, Anda tidak perlu sampai membeli alat penghemat listrik yang harganya mahal, sementara hanya memberi efek penghematan yang tidak seberapa.

Bila Anda ingin mendapat perubahan listrik yang signifikan, maka Anda bisa melakukan beberapa hal sederhana seperti yang akan kami ulas di bawah ini.

Sekarang kita diskusikan dulu seberapa penting listrik itu dihemat.

Ada beberapa alasan kuat kenapa Anda perlu menghemat penggunaan listrik:

Pertama, boros listrik=boros biaya bulanan.

Tentu saja Anda tidak mau kan terlalu sering mengisi token listrik akibat penggunaan yang berlebihan? Jika Anda mampu menghemat penggunaan listrik, maka sama dengan Anda berhemat uang Anda.

Jika listriknya sistem pra bayar maka Anda jadi tidak boros untuk mengisi token. Sementara jika model pasca bayar maka tagihan bulanan Anda untuk penggunaan listrik akan jauh lebih ringan.

Kedua, menghemat penggunan listrik berarti suportif terhadap program pemerintah

Ini adalah hal penting lain yang jarang disadari oleh banyak orang terkait dengan menghemat penggunaan listrik. Padahal, pemerintah punya program hemat listrik yang sudah diterapkan publikasinya lewat poster-poster yang terpampang. Nah, jika Anda patuh maka sama dengan Anda berpartisipasi dalam program pemerintah. Dengan kata lain, bisa dikatakan Anda adalah warga negara yang taat dan bijak.

cara menghemat listrik, cara menghemat listrik di rumah, cara menghemat listrik pulsa
Tips dan cara menghemat listrik di rumah- diminimalis.com

Tips dan Cara Menghemat Listrik yang Efektif dan Efisien

Selain Anda harus pintar menyiasati instalasi listrik di rumah, ternyata Anda juga perlu berhemat dalam penggunaannya. Di bawah ini kami rangkum untuk Anda tips untuk menghemat pemakaian listrik di rumah Anda.

Pilih daya listrik sesuai kebutuhan

Langkah pertama dari beberapa cara menghemat listrik adalah pertimbangan soal daya listrik yang dipakai.

Beda daya listrik maka beda pula harga per kWh-nya. Untuk golongan daya listrik 450 VA dan 900 VA masih mendapat subsidi dari pemerintah.

Artinya, setiap pembelian pulsa listrik golongan daya tersebut akan mendapat jumlah kWh yang lebih banyak daripada golongan daya di atas 1300 VA.

Semakin besar daya listrik yang Anda gunakan semakin mahal pula harga per kWh-nya. Untuk itu, pertimbangkanlah baik-baik dalam menentukan daya listrik yang akan dipasang di rumah Anda.

Sebab, hal tersebut akan berpengaruh terhadap jumlah tagihan yang akan dibebankan terhadap Anda.

Sebaiknya pilih pulsa listrik jenis prabayar

Banyak alasan yang mendorong sebagian besar orang beralih ke sistem prabayar. Salah satu motifnya ialah untuk memudahkan kontrol terhadap pemakaian listrik setiap bulannya.

Kita tahu bahwa sistem kerja listrik prabayar adalah berdasarkan pulsa. Maka, dengan kemudahan mengecek sisa pulsa, Anda dapat mengontrol penggunaan listrik dan mengurangi penggunaannya yang tidak perlu.

Gunakan lampu rumah jenis LED

Saat ini sudah banyak produsen lampu yang memproduksi lampu jenis Light Emitting Dioda atau LED. Lampu jenis LED memiliki keunggulan lebih hemat energi, lebih terang, tidak panas, tahan lama, dan menghasilkan warna benda yang lebih natural.

Dengan daya listrik yang rendah, lampu LED bisa mengeluarkan cahaya lebih terang setara lampu lain yang menggunakan daya listrik lebih besar.

Untuk kamar mandi atau kamar tidur kecil, lampu LED daya 3 watt sudah dapat mencukupi kebutuhan penerangannya lho. Sedangkan untuk ruangan lebih besar, Anda bisa menggunakan lampu LED berdaya 4 watt ke atas.

Dengan menerapkan ini, maka secara perlahan Anda bisa menurunkan tagihan listrik tanpa terasa.

Tidak perlu menggunakan pengering mesin cuci saat musim kemarau

Saat musim kemarau, menjemur pakaian selama 1-2 jam di bawah terik sinar matahari sudah mampu mengeringkan sepenuhnya. Manfaatkan saja sinar matahari untuk mengeringkan pakaian, daripada menggunakan pengering mesin cuci yang bisa menyumbang pemborosan listrik.

cara menghemat listrik, cara menghemat listrik di rumah, cara menghemat listrik pulsa
Tips dan cara menghemat listrik di rumah _lepaskan steker yang tidak diugunakan,- diminimalis.com

Biasakan untuk mencabut steker dari colokan jika tak digunakan

Pastikan Anda membiasakan diri untuk mencabut steker peralatan listrik apapun termasuk charger ponsel yang sudah tidak digunakan.

Selain menghemat, hal ini juga dapat mencegah terjadinya korsleting listrik yang bisa berakibat kebakaran. Barang yang Anda miliki jadi lebih awet dan listrik Anda lebih hemat.

Pada prinsipnya, beberapa cara menghemat listrik di atas hanya membutuhkan pembiasaan saja. Semakin Anda disiplin dalam menerapkan kebiasaan di atas maka misi penghematan akan berjalan sesuai rencana.

Pada akhirnya, semoga ulasan singkat tentang tips dan cara menghemat listrik pada rumah minimalis Anda ini bisa bermanfaat untuk Anda. Silakan terapkan secara perlahan jika menurut Anda artikel ini berguna dan jangan sungkan untuk membagikannya kepada teman/orang terdekat Anda. Salam (ls) editted by RN04092021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *