oleh

Cara Menggunakan Waterproof untuk Melindungi Rumah dari Kebocoran

Musim hujan sudah tiba, itu artinya intensitas hujan  yang turun akan semakin banyak. Bila kita tidak melakukan persiapan yang benar, rumah kita akan mengalami kebocoran. Dan salah satu cara untuk mengantisipasinaya dalah menggunakan cat anti bocor atau waterproof. Cara ini cukup efektif untuk melindungi rumah dari kebocoran. Dan pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda tentang cara menggunakan waterproof yang benar.

cara menggunakan cat waterproof, cara menggunakan aquaproof, cat aquaproof untuk genteng
Agar hasilnya maksimal, waterproof harus diaplikasikan dengan cara yang benar – Diminimalis.com

Cara menggunakan waterproof untuk antisipasi kebocoran di rumah

Waterproof atau aquaproof merupakan cat pelapis anti air yang kini mulai digemari. Hal ini tidak terlepas dari beberapa manfaat dari waterproof  untuk melindungi dinding. Cat waterproof sangat bisa diandalkan untuk melapisi dinding atau atap, memiliki zat sealant yang kuat. Zat ini  biasanya tidak mengandung pelarut sehingga akan mempertahankan ketebalannya pada saat cat mengering.

Cat pelapis ini juga cocok untuk melapisi dinding kamar mandi yang selalu lembab disebabkan berbagai aktifitas di dalamnya, seperti mandi, mencuci dan lain sebagainya.

Meski cat pelapis ini memiliki banyak manfaat, namun cara menggunakannya tidak boleh asal-asalan. Terdapat beberapa tata cara yang harus dilakukan dengan benar  agar Anda memperoleh hasil yang maksimal. Berikut ini adalah cara untuk mengaplikasikan aquaproof secara tepat.

Merapikan permukaan dinding yang akan dicat

cara menggunakan cat waterproof, cara menggunakan aquaproof, cat aquaproof untuk genteng
Sebalum dilapisi cat waterproof, dinding harus dibersihkan dari kotoran – Diminimalis.com

Cara menggunakan waterproof yang pertama adalah memastikan bahwa permukaan dinding atau atap yang Anda akan gunakan tidak rapuh dan dalam keadaan yang bersih. Setelah membersihkan permukaan dari debu, minyak, karat, jamur, cat yang sudah lapuk dan kotoran lainnya, maka Anda perlu mengunggu permukaan tersebut hingga benar-benar kering.

Untuk permukaan dengan lapisan yang berpori atau tidak rata, Anda dapat menggunakan melpiais terlebih dahulu dengan semen instan. Hal ini ditujukan agar upaya melapisi dinding atau atap dari kebocoran tidak rentan lagi dari kebocoran di kemudian hari.

Menkondisikan retakan dan sambungan

Untuk sambungan yang membutuhkan daya tahan ekstra, akan lebih baik jika pemakaian waterproof perlu diperkuat dengan supermesh atau polyester mesh di atas lapisan pertama aquaproof yang masih basah. Setelah lapisan tersebut kering, Anda bisa memberikan lapisan yang kedua. Untuk tempat-tempat yang sekiranya membutuhkan perlindungan eksra, Anda dapat membubuhkan lapisan waterproof hingga ketiga kalinya.

Lapiskan waterproof pada permukaan beton atau dinding yang mengalami retak rambut dengan menggunakan roskam agar celah benar-benar terisi sempurna. Untuk mengisi celah lebar gunakan waterproof dan campuran pasir halus (maksimum 30 mesh) dengan perbandingan 1:1 (volume). Sebelum cat kering, lapisi cat basah tersebut dengan polyester mesh / supermesh. Tunggu sampai kering untuk menambahkan lapisan ke-2 dan ke-3 cat Aquaproof.

Bila ternyata permukaan sudah rapuh atau berlubang, Anda harus menambalnya dengan super cement sebagai lapisan primer. Pastikan lubang yang rapuh tersebut sudah tertutup dengan baik. Selain mempermudah proses pelapisan dan pengecatan, dinding juga akan terlihat rapi dan tidak berlubang.

Cara Mengecat Menggunakan kuas atau rol cat

Jika Anda menggunakan roll atau kuas, sapukan aquaproof dengan merata hingga Anda memperoleh daya sebar sebanyak 1 kg/m2 dengan menggunakan 2x pelapisan sera pastikan bahwa seluruh permukaan, terutama permukaan yang kasar dan  tidak rata telah dilapisi dengan baikdan sempurna.

Sapukan secara merata pada bagian yang ingin dilapisi. Lapisan pertama bisa dicat dengan satu arah baik itu secara horizontal ataupun vertikal. Pastikan semua bidang sudah dilapisi dengan rata. Biarkan kering untuk menambah lapisan ke-2. Harus pastikan seluruh permukaan dicat merata dan sempurna. Sapukan Aquaproof secara merata hingga diperoleh daya sebar akhir 1 kg/m2 dengan 2x pelapisan dan pastikan seluruh permukaan terutama yang kasar dan tidak rata telah terlapisi secara sempurna.

Menggunakan Airless Spray (cat dispray­ ke dinding)

Cat waterproof memang agak kental, tetapi kita tetap bisa menggunakan alat airless spray. Semprotkan secara merata kepada dinding. Pastikan setiap bagian tertutupi secara rata dan biarkan kering agar bisa menambah lapisan ke-2 untuk memastikan agar dinding atau atap rumah Anda dapat terlindungi dengan baik.

Namun sebelum menyemprotkannya menggunakan airless spray, pastikan permukaan tidak rapuh dan bersih dari debu, karat, minyak, jamur, cat yang sudah lapuk dan kotoran lainnya. Setelah dibersihkan, permukaan perlu dikeringkan. Setelah lapisan waterproof sudah jadi dan kering, Anda bisa langsung menimpalinya dengan cat rumah dengan warna yang kita telah tentukan.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai cara menggunakan waterproof sebagai bahan pelapis dinding dan atap rumah minimalis Anda. Waterproof memang memiliki manfaat yang baik untuk melapisi rumah, namun tentu saja untuk mendapatkan hasil yang maksimal, proses pengaplikasiannya pun harus dilakukan dengan benar. Semoga ulasan di atas dapat menambah referensi bagi Anda tentang cara menggunakan cat pelapis yang benar untuk rumah minimalis Anda. (ls)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.