Tips dan Cara Mengatur Penerangan Kamar Mandi

Kamar mandi menjadi satu dari sekian ruangan dalam rumah yang intensitas penggunaannya cukup tinggi. Bayangkan saja normalnya dua kali sehari seseorang perlu mandi atau bersih-bersih badan di kamar mandi. Maka, tidak heran jika kamar mandi sangat penting untuk diatur segala sesuatu yang ada di dalamnya. Termasuk, jika bicara soal sistem penerangan interior.

Tuntutan memiliki kamar mandi ideal bisa diperoleh dari berbagai aspek. Dari sisi penerangan misalnya adalah bagaimana mengaturnya agar bekerja dan berfungsi sebaik mungkin.

Cara mengatur penerangan kamar mandi bisa dimulai dari pemilihan jenis lampu yang akan dipasang. Kemudian lanjut pada strategi penempatannya. Jika keduanya sudah fix, maka bisa Anda pikirkan untuk penempatan lampu dekoratif untuk menunjang estetika.

Pentingnya Mengatur Pencahayaan Kamar Mandi

Demi terwujudnya kamar mandi yang sehat dan ideal, pencahayaan adalah satu dari sekian syarat yang harus terpenuhi kelayakannya. Cara mengatur penerangan kamar mandi di mana saja sebenarnya sama. Pencahayaan kamar mandi baik sumber alami dari matahari maupun buatan dari lampu harus diatur agar dapat memenuhi kriteria ideal yang dimaksud.

Pencahayaan yang bagus bisa diatur dengan memperhatikan kebutuhan fungsi dan aspek keindahan ruang. Dengan memperhatikan hal-hal penting seperti luas kamar mandi atau budget yang Anda batasi, menjadi penting untuk memikirkannya secara efisien.

Pada intinya, cara mengatur penerangan kamar mandi bisa Anda mulai dengan mengenali beberapa tipe pencahayaan ruangan secara umum. Memang nantinya akan disesuaikan dengan karakter kamar mandi yang luasnya tidak seberapa.

Tipe pencahayaan tersebut antara lain: General Lighting, Indirect Lighting dan Accent Lighting. Ketiga tipe tersebut merupakan jenis pencahayaan pada berbagai interior termasuk juga kamar mandi. Ada satu lagi sebenarnya yang merupakan kombinasi dari ketiganya.

 cara mengatur penerangan kamar mandi, cara mengatur pencahayaan kamar mandi minimalis, lampu kamar mandi, lampu kamar mandi, lampu kamar mandi otomatis, lampu yang tepat untuk kamar mandi

lampu kamar mandi yang selaras dengan desain interiornya – diminimalis.comTerkait dari tujuan utama pencahayaan pada kamar mandi, sebenarnya kita bisa menggunakan satu macam pencahayaan, yaitu general lighting. Namun, dari segi estetika, dua tipe pencahayaan lainnya juga tidak kalah bagus bila diaplikasikan pada kamar mandi minimalis Anda.

Kita akan coba ulas perbedaan masing-masing pencahayaan tersebut. Setelah itu baru bicara soal strategi penempatannya. Dengan menerapkan salah satu atau kombinasi ketiga tipe tersebut, kamar mandi Anda akan lebih terlihan elegan dan menawan.

Mengenal Jenis-jenis Pencahayaan Lampu yang Tepat untuk Kamar Mandi

Karena fungsi lampu tidak sekedar sebagai alat penerang saja, namun juga penunjang keindahan, maka alternatif pilihannya jadi lebih banyak. Mulai dari warna nyala-nya hingga penempatan yang bisa jadi dibuat anti-mainstream demi keindahan.

Alasan inilah yang membuat penerangan di dalam kamar mandi akan mampu menentukan mood seseorang ketika menggunakannya. Nah, untuk memberi gambaran lebih jauh tentang cara mengatur penerangan kamar mandi, berikut tiga tipe pencahayaan yang bisa diaplikasikan.

General Lighting

General lighting merupakan tipe pencahayaan standar yang biasa digunakan di berbagai ruangan, termasuk kamar mandi. Tipe pencahayaan ini dapat dibuat dengan menggunakan downlight flourescent (lampu tanam) yang dipasang pada beberapa titik di plafon.

Sistem pemasangan seperti ini dapat menerangi seluruh ruang dengan baik dan merata. General lighting berfungsi untuk memberi pencahayaan standar secara luas pada sebuah ruang.

Jenis penerangan ini cocok diterapkan pada kamar mandi yang hanya digunakan untuk keperluan mandi saja. Namun, apabila kamar mandi Anda memiliki tempat berendam, mandi shower dan berhias, maka perlu diberikan beberapa titik lampu tambahan.

Untuk general lighting, sebaiknya Anda memilih lampu gantung dengan penerangan yang dominan. Karena, cahaya yang datang dari lampu gantung ini akan menyebar ke seluruh ruangan kamar mandi Anda.

lampu kamar mandi, lampu kamar mandi otomatis, lampu yang tepat untuk kamar mandi
tata cahaya di kamar mandi yang unik dan elegan – diminimalis.com

Indirect Lighting

Indirect Lighting merupakan tipe pencahayaan yang dihasilkan dari lampu yang dipasang di balik dinding atau plafon. Cahaya ini bersifat menyebar, sehingga cahayanya terasa lembut dan hangat. Tipe pencahayaan kedua ini memang lebih mengarah kepada keindahan sehingga tidak mesti dipilih jika memang tidak terlalu urgent.

Indirect lighting dapat pula diaplikasikan di balik cermin untuk menerangi area wastafel. Cara mengatur penerangan kamar mandi dengan mengadopsi model ini biasanya memerlukan lampu yang lebih banyak dan konsumsi listrik yang cukup besar. Jika jadi dipasang, desain lampu ini juga harus diupayakan mendukung suasana yang ingin dimunculkan pada kamar mandi Anda.

Accent Lighting

Tipe pencahayaan ketiga dinamakan accent lighting. Model ini biasanya memang dipakai sebagai aksen pencahayaan yang menjadi daya tarik tersendiri. Memberi identitas lebih jelas pada elemen tertentu pada kamar mandi adalah fungsi dari pencahayaan model ini.

Accent Lighting biasanya dipakai sebagai tambahan penerangan yang biasanya dipasang pada area display atau lemari penyimpanan. Accent lighting juga sering digunakan sebagai pencahayaan yang mampu menciptakan suasana berbeda di kamar mandi.

Fungsinya yang memberi aksen lebih pada berbagai elemen kamar mandi jadi nilai plus jika ingin diadopsi. Namun begitu, Anda mesti menyiapkan budget tambahan untuk beli alat dan konsumsi listriknya. Cara mengatur penerangan kamar mandi untuk model lighting ini bisa memilih lampu yang nyalanya tidak putih. Anda bisa menemukannya banyak di pasaran.

Kombinasi 

Dari ketiga jenis pencahayaan di atas, Anda bisa memilih salah satunya untuk dipasang di kamar mandi Anda. Namun, yang tak kalah bagus adalah jika Anda bisa mengkombinasikan ketiganya.

Hal yang mesti diperhatikan ketika akan mengkombinasikan tiga jenis pencahayaan di atas adalah bahwa penempatannya harus merata.

Maksudnya, lampu-lampu di pasang di dekat cermin, wastafel, dan bak mandi jika memang ingin memberi ketegasan lebih pada elemen-elemen tersebut. Ini bertujuan untuk menunjang tampilan tetap bagus dan tujuan pemasangan lampu tetap bejalan dengan baik.

Hal lain yang mesti Anda pertimbangkan adalah agar jangan fokus pada membuat tampilannya indah saja. Namun, usahakanlah untuk mengatur segala sesuatunya mampu memenuhi kriteria nyaman dan aman sesuai standar ideal pada umumnya.

Demikian ulasan dari kami tentang cara mengatur penerangan kamar mandi di rumah minimalis Anda. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat lebih untuk Anda yang sedang berencana memoles sistem pencahayaan kamar mandi. (ls) editted by RN25052020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.