Tips dan Cara Mengatur Lampu di Kamar Tidur Anda

Sistem pencahayaan di kamar tidur sangatlah penting mengingat ruangan ini berfungsi sebagai ruangan untuk beristirahat. Pencahayaan yang buruk jelas akan mempengaruhi kualitas tidur Anda sekeluarga. Adanya lampu kamar tidur bukan jaminan kualitas pencahayaannya bagus. Anda tetap harus berpikir bagaimana cara mengatur lampu di kamar tidur agar tidak hanya ada namun berfungsi dengan baik.

Oleh karenanya, penting untuk diperhatikan beberapa hal yang berkaitan dengan pemilihan dan penataannya. Misalnya pemilihan lampu seperti apa yang cocok hingga dimana akan ditempatkan agar idak menganggu saat akan memejamkan mata. Semua itu bisa diusahakan dengan strategi cara mengatur lampu di kamar tidur dengan tepat.

Mengenal Sistem Pencahayaan dan Cara Mengatur Lampu di Kamar Tidur

Berdasarkan pada pengaturan lampu termasuk dalam hal ini penempatannya pada setiap sisi ruangan, sistem pencahayaan kamar tidur dibagi menjadi beberapa. Diantaranya:

1. Sistem Pencahayaan Modern

Di era sekarang ini, semua hal yang berkaitan dengan interior rumah sudah serba modern. Ciri desain modern sendiri bermacam-macam. Namun berkaitan dengan sistem pencahayaan, kamar tidur modern mengusung konsep simpel. Penempatan lampu biasanya di bagian tengah dan lebih seperti chandelier. Sleain itu, konsep ini tentu saja didukung oleh furniture modern dengan corak garis lurus.

2. Sistem Pencahayaan Romantis

Selain desain tata cahaya lampu modern, pengaturan cahaya romantis juga bisa Anda jadikan pilihan. Apa yang membedakan dengan sistem pencahayaan modern? Tata cahaya romantis mengutamakan penempatan lampu untuk mewujudkan suasana romantis. Warna lampu yang mampu menunjukkan sisi gradasi ruangan seperti orange akan membuat ruangan semakin nyaman untuk istirahat.

3. Sistem Pencahayaan Keren

Bukan berarti dua sistem pencahayaan sebelumnya tidak keren. Hanya saja, sistem pencahayaan model ini mengutamakan sumber cahaya tersembunyi. Lampu biasanya disembunyikan pada lekukan dinding atau bentuk lampu dibuat wadah bertabung dengan bentuk yang unik. Disamping itu, penambahan akseseoris di sekitar lampu interior unik yang digantung juga jadi fokus lain. Coba saja di rumah Anda!

4. Sistem Pencahayaan untuk Kamar Anak

Khusus untuk kamar anak, Anda bisa mengusung konsep yang beda dengan ruangan lain. Kamar tidur anak identik dengan berbagai mainan yang mau tidak mau harus ada di kamarnya. Untuk mendapatkan desain pencahayaan kamar tidur anak yang representatif, Anda bisa tambahkan lampu stand. Cara mengatur lampu di kamar tidur anak, penempatannya bisa disamping rak mainan atau salah satu sudut kamar.

Tips dan Cara Mengatur Lampu di Kamar Tidur

Pentingnya tahu cara mengatur lampu di kamar tidur dengan baik ialah guna memberi kesan yang apik dan meningkatkan kualitas istirahat. Jika salah dalam menata lampu, hal ini seringkali akan berdampak pada kesehatan psikologis. Misalnya mengalami gangguan tidur (insomnia), peningkatan stress serta menghambat regenerasi sel-sel tubuh secara biologis.

Cara mengatur lampu di kamar tidur, lampu duduk hias, lampu duduk hias ruang tamu, lampu hias kamar

aneka model lampu dengan cahaya yang pas untuk kamar minimalis – diminimalis.comNah, pada kesempatan kali ini diminimalis akan memberikan beberapa tips mengatur lampu di kamar tidur agar kualitas tidur Anda jadi lebih baik:

1. Pilih lampu warna orange

Untuk mendapatkan nuansa kamar tidur yang nyaman, Anda bisa memilih lampu berwarna kekuningan. Warna ini akan mampu memberi kesan yang rileks, sehingga Anda dapat beristirahat dengan tenang setelah seharian menghadapi rutinitas yang padat.

kelebihan lampu led, kelebihan lampu led dibanding neon, kegunaan lampu led

lampu LED hemat energi dan tahan lama – diminimalis.com

 

2. Pilih lampu hemat energi

Selanjutnya, untuk upaya pengehmatan, gunakanlah lampu hemat energi. Hindari penggunaan lampu halogen atau lampu bohlam. Jenis lampu ini memiliki efek pada kinerja AC di ruangan menjadi kurang optimal akibat panas yang dihasilkan. Pilih lampu khusus yang direkomendasikan untuk ruangan. Ada cukup banyak varian produk yang ditawarkan di pasaran, pilihlah yang terbaik.

3. Beri Hidden/ Indirect Lamp

Selain lampu dan sorot cahayannya yang terlihat secara fisik, menambahkan lampu tersembunyi bisa jadi pilihan. Letakkan beberapa titik indirect lamp yang ditempatkan pada area yang tersembunyi seperti di headboard ranjang atau di balik drop ceiling. Penempatan yang baik akan menghasilkan sorot cahaya yang indah dan mampu menciptakan suasana kamar tidur yang romantis.

Cahaya lampu juga bisa diterapkan sebagai aksen yang menonjol, caranya, tempatkan hidden lamp di sisi kanan atau kiri perabotan built in. Gradasi warna terang dan gelap yang dihasilkan dapat membuat kamar tidur lebih hidup dan menarik. Anda bisa mencoba cara mengatur lampu di kamar tidur model ini tanpa takut hasinya terlihat buruk.

4. Tambahkan sistem dimmer

Sebagai pelengkap, tambahkan pengatur intensitas cahaya atau yang dikenal dengan sistem dimmer. Dengan menggunakan sistem dimmer, cahaya lampu pada kamar tidur dapat diatur dan disesuaikan dengan keinginan Anda. Ini akan menjadi solusi bagi Anda yang kesulitan tidur tanpa lampu namun juga tidak suka ketika terlalu terang.

5. Atur kerapian kabel

Sistem pencahayaan tentu saja mengandalkan kelistirkan dalam rumah. Bicara listrik pasti juga ada kabel. Jadi tisp/cara mengatur lampu di kamar tidur selanjutnya ialah bicara soal kabel. Perhatikan penataan kabel lampu pada kamar tidur Anda. Kabel sebaiknya jangan dibiarkan melingkar di lantai atau dinding karena beresiko tersangkut dan menyetrum. Selain itu, akan mengurangi nilai estetika pada ruangan. Jadi, alangkah lebih baiknya diatur serapi mungkin.

6. Manfaatkan Lampu untuk mempertegas lukisan dinding

Jika Anda memiliki lukisan abstrak di kamar tidur dan ingin Anda tonjolkan, Anda bisa memanfaatkan lampu spot light. Sorotan lampu tersebut dapat mempertegas lukisan serta membuat dekorasi tampak lebih cantik.

Mungkin sekian dulu ulasan dari kami tentang beberapa tips dan cara mengatur lampu di kamar tidur minimalis. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN06042020


Comment