Keuntungan dari memasang CCTV di rumah/kantor dan tempat-tempat tertentu ialah secara keamanan lebih terjaga. Tidak hanya itu, jika pemasanganya di tempat yang cukup penting seperti tempat usaha maka akan lebih mudah memantau jejak kejadian apapun ketika ada insiden tertentu.

Masalahnya adalah, untuk memantaunya tidak mungkin melihat layar komputer terus. Setidaknya perlu akses ke perangkat yang lebih mudah dipantau seperti gadget atau smartphone. Nah, bagaimana sih cara mengakses CCTV dari gadget untuk memudahkan pemantauan?

Mungkin pertanyaan tersebut adalah salah satu yang sering muncul di benak Anda. Sebelum membahas tentang caranya, mari kita kenali dulu bagiamna sistem kerja CCTV dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari. Setelah tahu nanti akan lebih mudah melakukan setting atau menggunakan alat-alatnya.

Sistem Kerja CCTV dan Manfaatnya

CCTV merupakan kamera pengawas yang menangkap setiap gerak-gerik objek di suatu area. CCTV tersedia dalam ukuran dan bentuk yang berbeda sehingga penggunaannya pun sangat bisa disesuaikan dengan lokasi, dan tujuan.

CCTV bisa bermanfaat untuk banyak hal, misalnya, untuk mengawasi kinerja karyawan yang ada di kantor, melacak insiden kejadian di sekitar area terjangkau, dan sebagainya.

Dengan memasang CCTV di area kantor, tidak perlu lagi mengawasi dengan cara mendatangi satu per satu ruangan namun cukup melihat monitor yang terhubung dari CCTV. Untuk penggunaan di rumah, selain penting untuk keamanan, juga lebih nyaman terutama saat rumah ditinggal pergi lama.

Saat ini, satu set CCTV bisa kita dapatkan dengan mudah. Harganya pun beragam, tergantung dengan jenis dan keunggulan lainnya. Salah satu yang sedang banyak dicari adalah jenis CCRT tanpa kabel atau CCTV wireless.

Ada kelebihan yang lebih baik pada CCTV wireless dibandingkan CCTV kabel. Yang jelas, para pengguna bisa mengecek dan mengontrol area yang dipasangi CCTV dari manapun bahkan dari jarak jauh karena menggunakan koneksi internet.

Selain itu, cara memasang CCTV wireless pun lebih mudah dibandingkan dengan CCTV kabel manual karena tidak perlu memikirkan kabel instalasi. Memasang CCTV sebenarnya tidaklah sulit, bagi Anda yang sedang ingin memasang CCTV bahkan bisa memasangnya sendiri tanpa perlu bantuan teknisi. Hal ini tentu saja akan menghemat biaya karena tidak perlu membayar jasa teknisi untuk pemasangan CCTV yang bisa dengan mudah dilakukan sendiri.

Jika memang ada bonus jasa pemasangan dari toko tempat anda membeli CCTV, tentu saja tidak akan menjadi masalah. Namun jika tidak ada, lebih baik memasangnya sendiri. Yang perlu diingat, pemasangan CCTV wireless haruslah sesuai dengan langkah dan prosedur yang harus dilakukan.

Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan memberikan informasi mengenai cara mengakses CCTV dari gadget seperti smartphone atau luar rumah.

Cara Mengakses CCTV Dari Gadget, cara melihat cctv online dari hp, cara menyambungkan cctv melalui android , memilih paket cctv, cara memilih paket cctv, harga paket cctv
CCTV yang bisa diakses melalui gadget – diminimalis.com

Cara Mengakses CCTV dari Gadget dengan Murah

Untuk tujuan efisiensi dan efektivitas, penghubungan antara CCTV dan gadget memang diperlukan. Jadi, tidak ada salahnya jika kita bahas caranya ya. Di bawah ini kami ulas untuk Anda tentang cara mengakses CCTV dari gadget Anda secara live, yaitu:

1. Persiapkan alat-alat penunjang

Cara mengakses CCTV dari gadget / luar rumah yang pertama adalah mempersiapkan alat-alatnya. Ada beberapa alat yang perlu disiapkan diantaranya DVR, Switch Hub, kamera CCTV Analog , koneksi internet DVR atau IP Public dan tentunya jaringan internet untuk gadget (ponsel).

2. Lakukan setting penghubungan

Alat-alat yang telah disiapkan tersebut kemudian saling disambung. kamera analog dihubungkan pada kamera analog menggunakan coaxial atau kabel UTP. Lalu, DVR disambung lagi pada switch hub dengan kabel UTP, access point, modem dan router. Bila modem atau router telah dilengkapi dengan switch hub dan access point, maka DVR dapat terkoneksi secara langsung.

cara pasang cctv, cara pasang cctv wireless, cara pemasangan cctv di rumah
CCTV wireless yang bisa dikases via perangkat mobile Anda – diminimalis.com

3. Lakukan setting DVR

Setelah terkoneksi, cara selanjutnya adalah melakukan pengaturan pada DVR. Setting port forwarding pada modem dan siapkan nama domain. Nama domain ini berfungsi untuk mengakses gambar CCTV melalui layar gadget melalui web browser (Internet Explorer atau Mozilla).

4. Atur Port Forwarding dan cek IP Adress

Apabila sudah selesai mengatur port forwarding hingga membuat nama domain, Anda tinggal memeriksa koneksi DVR pada gadget melalui kabel LAN yang tersambung pada Hub. Anda dapat melakukan pengecekan menggunakan IP address yang telah dibuat.

Cara mengakses CCTV dari gadget memang terlihat cukup rumit. Namun, cara tersebut akan terasa mudah apabila diterapkan secara langsung karena istilahnya hanya repot di awak. Mengakses CCTV dari gadget dinilai penting karena Anda dapat mengetahui setiap pergerakan dari objek seperti orang atau hewan yang masuk ke dalam area tertentu seperti rumah dalam jarak jauh.

Dengan mengaksesnya dari luar, Anda dapat melakukan pencegahan jika sewaktu-waktu ada tindak kejahatan yang berada di sekitar rumah. Pencegahan yang tepat dapat menyelamatkan penghuni rumah beserta isinya dari ancaman yang berbahaya.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang cara mengakses CCTV dari gadget. Sangat mudah bukan? Tentu cara mengakses CCTV dari gadget yang kami berikan ini hanya sebatas gambaran, karena setiap perangkat set CCTV berbeda-beda, setidaknya secara umum sama. Semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN 03052021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *