Cara Mendesain Tangga Rumah supaya Menarik

Tangga memiliki fungsi yang teramat penting untuk naik ke lantai atas dalam rumah. Oleh karena itu, cara mendesain tangga rumah tak boleh dilakukan sembarangan. Tangga yang baik setidaknya mampu menjamin fungsi dan tampilan rumah secara keseluruhan.

Jangan sampai tangga di rumah Anda tersia-siakan atau malah membahayakan Anda dan keluarga. Mari kita atur sebaik mungkin pemilihan tangganya mulai dari material hingga model pemasangannya. Ini bertujuan agar nanti tangga tersebut tidak hanya berfungsi untuk naik dan turun saja namun bisa juga menunjang estetika rumah Anda.

Tips Mendesain Tangga di Rumah Minimalis

Memiliki rumah minimalis dua lantai kadang memang bikin dilematis. Selain membutuhkan ruang yang lebar, Anda juga harus memperhatikan struktur konstruksi lantai bawah dan atas.

Meski banyak rumah bertingkat memiliki standar konstruksi yang sudah benar, namun desainnya masih banyak yang monoton. Salah satunya karena harus menambahkan tangga di salah satu sudutnya. Selain itu, cara mendesain tangga yang tidak mudah juga kadang jadi kendala.

Misalnya dimana letak posisinya, akan berbentuk seperti apa, apakah akan ada bordes atau langsung saja, dan lain-lain. Meski terkesan rumit, sebagai pemilik rumah, Anda tidak boleh acuh. Sebab, tangga di dalam rumah memiliki peranan besar untuk menunjang aktivitas serta memberikan kesan tersendiri pada sebuah interior ruangan.

Cara mendesain tangga, tangga unik, tangga minimalis, Tangga unik rumah minimalis
Cara mendesain tangga unik dengan desain melayang – diminimalis.com

Cara Mendesain Tangga Minimalis supaya Interior Makin Menarik

Rumah minimalis dua lantai harus memiliki desain tangga yang benar agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Untuk itu, kali ini diminimalis akan membahas mengenai cara mendesain tangga yang unik pada rumah minimalis.

Pilih bahan Tangga

Umumnya banyak orang menggunakan semen yang dilapisi keramik untuk pembuatan tangga. Namun, hal itu Akan membutuhkan ruang yang banyak. Untuk itu, sebaiknya Anda memilih tangga yang terbuat dari besi atau papan yang diposisikan melingkar. Dengan begitu, Anda akan bisa menghemat tempat sekaligus bisa mempercantik penampilan rumah minimalis Anda.

tangga unik, tangga minimalis, Tangga unik rumah minimalis
Cara mendesain tangga tanpa pegangan yang simple dan unik -diminimalis.com

Bentuk Tangga

Secara umum, bentuk tangga pada rumah minimalis dibagi menjadi tiga jenis, yaitu zig-zag, melingkar dan vertikal. Model zig-zag adalah jenis tangga unik yang paling sering dijumpai pada desain-desain rumah minimalis di Indonesia.

Bahannya pun bisa beragam, mulai dari kayu, besi hingga semen. Sedangkan untuk bentuk tangga melingkar dan vertikal sangat jarang digunakan pada desain rumah minimalis karena banyak memakan ruang. Untuk rumah minimalis Anda, lebih baik cek dulu ketersediaan space, lalu pbaru pilih model mana yang cocok.

Jenis Keramik

Jika Anda menggunakan semen yang dilapisi keramik untuk bahan pembuatan tangga, sebaiknya pilihlah keramik yang bertekstur sedang. Yaitu tidak terlalu kasar dan tidak terlalu halus, supaya tidak membuat kaki tergenlincir saat melewatinya.

Untuk motif, silahkan sesuaikan dengan kesukaan Anda dan keluarga. Yang terpenting adalah soal kenyamanan dan keamanannnya. Semakin bagus material keramik yang dipakai maka akan semakin aman saat digunakan berjalan.

Warna papan Tangga

Jika Anda menggunakan tangga berbahan besi, Anda bisa melakukan pengecatan warna hitam yang dipadukan dengan cat berwarna emas. Sedangkan pada tangga berbahan semen yang dilapisi keramik, sebaiknya Anda memilih warna yang cerah klasik. Namun usahakan untuk tetap serasi dengan warna dinding rumah.

Ornamen Dinding dekat Tangga

Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan sebagais salah satu cara mendesain tangga yang bagus di rumah minimalis yaitu perihal dekorasi. Pilih dekorasi terbaik untuk disesuaikan dengan display lain di sekitar tangga bahkan ruangan.

Jika Anda membangun tangga vertikal, ada baiknya Anda memajang foto, hiasan atau lukisan di sisi dinding anak tangga. Hal ini akan membuat tampilan tangga Anda nampak menarik dan tidak menjemukan.

Jadi, pada intinya, jangan sepelekan pemilihan tangga rumah Anda. Semakin bagus cara Anda mendesainnya maka akan semakin terjamin keamanannya.

Mungkin sekian dulu ulasan dari kami tentang merancang tangga yang menarik pada rumah minimalis Anda. Semoga apa yang kami sampaikan di artikel kali ini bermanfaat untuk Anda. (ls) editted by RN 15122020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.