Tips dan Cara Mendesain Kamar Tamu Minimalis

Tidak semua tamu yang datang ke rumah hanya untuk berbincang-bincang sebentar saja. Ada kalanya mereka perlu mnginap baik karena urusan yang beum selesai ataupun adanya keperluan lain. Kondisi semacam ini sering menjadi diema tersendiri bagi para pemilik rumah minimalis. Khususnya tentang bagaimana menyediakan sekaligus berpikir bagaimana cara mendesain kamar tamu yang pas.

Titik dilemanya tentu ada pada ketersediaan ruang yang belum tentu ada sementara sifatnya urgent. Apalagi untuk Anda yang terbiasa kedatangan teman atau tamu dari luar kota. Jika tidak mengajaknya menginap tentu kurang sopan. Jadi mau tidak mau Anda harus memutar otak agar bagaimana caranya rumah minimalis Anda bisa representatif untuk menginap tamu.

Cara Mendesain Kamar Tamu yang Representatif

Sebagaimana kita pahami, bahwa kenyamanan merupakan tujuan utama pemilik rumah dalam mendesain sebuah ruangan. Termasuk juga dalam hal ini kamar tamu. Meski mengutamakan kenyamanan, namun harus dipikir agar jangan sampai berpatokan pada sisi nyamannya saja. Tetapi juga faktor keamanan dan estetika ruangan agar kesannya tidak asal jadi.

Berkaitan dengan kamar tamu, maka untuk mewujudkan faktor aman, nyaman dan indah diperlukan sebuah cara mendesain kamar tamu yang benar-benar penuh pertimbangan. Tujuannya tentu agar sang tamu merasakan kenyamanan saat menginap di rumah Anda.

Bagi Anda pemilik rumah minimalis, maka otomatis gaya desain kamar tamu pun mau tidak mau harus menyesuaikannya. Meski berkonsep minimalis, Anda tidak perlu khawatir sebab cara ini justru sangat efisien karena tidak terlalu membutuhkan banyak perabotan. Tamu juga akan lebih leluasa melakukan aktivitas apapun termasuk istirahat dengan tenang.

 Cara Mendesain Kamar Tamu Minimalis, Mendesain Kamar Tamu Minimalis, Cara Mendesain Kamar Tamu

kamar tamu yang nyaman dengan ragam furniture yang lengkap – diminimalis.commu

6 Tips dan Cara Mendesain Kamar Tamu Minimalis yang Ideal

Bicara soal kamar tamu, tentu tidak bisa disamakan konsep desainnya dengan kamar lain dalam rumah. Kamar tamu berarti sebuah ruangan khusus yang dipinjamkan untuk dipakai beristirahat dan aktivitas lainnya selama menginap. Dari pengertian ini tentu saja dapat diambil kesimpulan bahwa kamar tamu memiliki nilai privasi yang tinggi. Bukan lagi milik si empunya rumah namun milik tamu meski sementara.

Nah, mengingat epentingnya mendesain kamar tamu yang ideal maka kami akan coba bahas lebih jauh. Diminimalis akan coba ulas sedikit tentang tips dan cara mendesain kamar tamu, diantaranya:

1. Lokasinya sebaiknya terpisah dari ruang-ruang lain dalam rumah

Tips dan cara mendesain kamar tamu yang pertama adalah perihal lokasi ruangan. Meski datang berkunjung ke rumah Anda sebagai tamu, bukan berarti tidak berhak atas privasi. Bahkan termasuk Anda dan keluarga yang mungkin tidak ingin ha-hal pribadi diketahui tamu. Oleh karenanya untuk memenuhi tujuan ini, sebaiknya kamar tamu diletakkan di samping atau depan ruang tamu. Sehingga, privasi Anda sebagai pemilik rumah tidak terganggu oleh kehadiran tamu atau sebaliknya.

2. Buat jendela besar dengan gorden di kamar tamu

Selain secara ruangan terpisah, Anda juga harus menambahkan beberapa elemen lain yang bisa berguna untuk menjaga privasi atau bahkan demi keamanan. Buatlah desain ruang tamu dengan jendela yang besar dan dipasang kain gorden yang tipis. Ini akan membuat Anda sedikit mudah memantau gerak-gerik tamu yang mencurigakan. Atau dengan kata lain, sang tamu akan lebih terjaga dan merasa diawasi.

3. Bila perlu buat kamar mandi khusus tamu

Jika Anda punya budget cukup banyak dan ingin membuat kamar tamu lebih representatif, maka menambahkan kamar mandi tamu bisa jadi ide bagus. Jadi, tips dan cara mendesain kamar tamu sellanjutnya adalah desain kamar mandi. Buatlah kamar mandi khusus di kamar tamu agar sang tamu merasa lebih nyaman dan terlayani. Namun, jika kamar tamu Anda sudah terlanjur tidak memilikinya, setidaknya buat satu kamar mandi khusus tamu di lokasi yang mudah dijangkau dari kamar tamu. Jika Anda kekurangan referensi, Anda bisa baca bagaimana cara mendesain kamar mandi yang sederhana agar terlihat mewah.

wallpaper dinding 3d, wallpaper dinding 3d ruang tamu, wallpaper dinding 3d keren, wallpaper dinding 3d murah
kamar tamu dengan wallpaper cantik, akan membuat ruangan tersebut nampak menawan – diminimalis.com

4. Desain simpel dan multifungsi jika bisa

Untuk desain interior kamar tamu, sebaiknya pilih gaya minimalis dengan dinding dan sprei berwarna netral seperti putih atau pastel. Selain itu, untuk furniture, letakkan beberapa perabotan penting dengan jumlah yang disesuaikan seperti satu meja, satu kursi dan satu lemari untu menampung baju-baju tamu.

Untuk efisiensi, Anda bisa memanfaatkan lemari built in guna menghemat ruang dan space. Model mejanya bisa dipilih yang memiliki fungsi storage dengan beberapa laci. Ini bertujuan memudahkan tamu Anda ketika ingin menyimpan barang-barang berukuran kecil hingga sedang.

5. Jangan Lupakan keserasian

Tips dan cara mendesain kamar tamu nomor 5 adalah ciptakan keserasian. Meski bergaya minimalis, namun keserasian dengan ruangan lain dalam rumah juga mesti diutamakan. Sesuaikan desain kamar tamu dengan konsep ruangan yang lain agar tamu merasa diterima dengan baik selama menginap. Pilih furniture tambahan yang sederhana seperti jam dinding dan lampu tidur. Tidak perlu berlebihan aksesoris karena tamu mungkin tidak akan suka.

6. Untuk lantai, pilih bahan parket

Selain elemen interior lain seperti di atas, hal yang juga tak kalah penting adalah lantai. Dinding dan ornamennnya sudah kita bahas, lalu bagaimana sebaiknya dengan desain lantai? Untuk kamar tamu, pemilihan bahan yang paling cocok bisa disamakan dengan ruangan lain tentunya. Namun, jika Anda ingin yang beda, Anda bisa mengadopsi material dari parket atau kayu flooring.

Paket pun bermacam-macam pilihannya. Kami sarankan pilihlah bahan parket yang cocok dengan kondisi rumah Anda agar anti lembab dan anti jamur. Dengan desain yang bagus dan mengutamakan kenyamanan tamu maka Anda akan dikenal baik oleh banyak orang.

7. Cek kelistrikan dalam ruangan

Tips dan cara mendesain kamar tamu terakhir yang sering dilupakan oleh para pemilik rumah ketika menginapkan tamu adalah lupa tidak mengecek stop kontak, saklar, kipas angin dan sebagainya. Padahal, akan sangat mengganggu jika sistem kelistrikan di kamar tamu rusak sementara sang tamu sudah akan masuk ruangan untuk istirahat.

Saat ini saja kebutuhan listrik sudah cukup banyak mulai dari sekedar untuk mengisi ulang daya handphone sampai dengan suhu ruangan panas yang harus diberi ac/kipas angin. Yang jelas, sebelum tamu Anda masuk, siapkan dan pastikan lebih dulu kamar sudah siap ditempati. Sehingga dengan demikian Anda termasuk orang yang bisa memuliakan tamu.

Mungkin sekian dulu ulasan dari kami tentang beberapa cara mendesain kamar tamu minimalis di rumah. Ingat bahwa tamu harus diistimewakan sehingga berusahalah semaksimal mungkin dalam memberikan pelayanan. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN05042020


Comment