Tips dan Cara Mendesain Kamar Mandi Sempit agar Terkesan Luas

Kamar mandi yang representatif tidak harus luas dengan peralatan mandi yang super lengkap dan mahal. Jika memang sejak awal mengusung desain minimalis, maka untuk mendapatkan kamar mandi yang bagus tinggal memolesnya tanpa mempermasalahkan luasnya. Nah, sekarang tinggal bagaimana sih cara mendesain kamar mandi sempit agar tetap nyaman dipakai?

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami prinsip minimalis pada sebuah desain ruang. Minimalis memang sudah pasti kecil ukurannya, tapi bukan berarti tidak bisa dibuat nyaman.

Anda hanya perlu mencoba mensiasati luas ruangan yang ada dengan mengatur tata interiornya sebaik mungkin. Selain itu, itu tidak boleh lupa tentang disiplin hidup bersih dan sehat. Kamar mandi harus dirawat dan dijaga dari kebiasaan buruk yang bisa mempersempit ruangan.

Syarat Kamar Mandi Sehat

Sebelum sampai pada bagaimana tips dan cara mendesain kamar mandi yang benar, Anda mesti paham dulu hal-hal penting yang mengiringinya. Yaitu, apa saja syarat sebuah kamar mandi dikatakan sehat.

– Berbentuk ruangan, ada dinding, pintu, atap, dan berlantai

Kamar mandi yang baik harus mampu menjaga privasi siapapun yang memakainya. Oleh karenanya, kamar mandi yang sehat adalah yang terlindungi dari luar secara visual. Ada dinding, atap, pintu, dan berlantai.

– Bak mandi atau shower

Untuk setidaknya mewujudkan desain kamar mandi ideal, elemen yang satu ini mesti dipikirkan matang-matang. Jika Anda tidak ingin membuat space kamar mandi makin sempit, bisa pilih shower. Namun jika Anda termasuk yang tidak merasa terganggu dengan ukuran maka bak mandi pun boleh jadi piihan.

Jadi, syarat kamar mandi sehat selanjutnya adalah adanya bak mandi untuk menampung air atau alternatifnya bisa shower. Jika ada budget bisa kombinasikan keduanya. Ini hanya berlaku untuk kamar mandi yang terpisah dengan toilet ya. Jika sekaligus dengan closet maka bak mandi mini mesti dibuat.

– Ventilasi

Sapa bilang kamar mandi tidak perlu ventilasi, untuk bisa disebut sehat maka harus ada sumber keluar masuk udara. Jadi, nanti jika Anda jadi membuat desain kamar mandi, buatlah ada ventilasinya ya.

– Lampu pencahayaan

Selain ventilasi, satu lagi yang juga penting adalah sumber pencahayaan alias lampu. Beri setidaknya lampu penerangan yang mampu membuat aktivitas di dalam kamar mandi jadi nyaman.

– Lantai dibuat miring ke lubang pembuangan

Tujuan dari lantai kamar mandi jangan sampai dibuat rata adalah agar tidak ada air sisa yang tergenang. Air akan mudah masuk ke dalam lubang pembuangan tanpa membuat genangan yang membuat Anda tidak nyaman.

– Tersedia tempat peralatan mandi

Ini juga tidak kalah penting dari poin-poin di atas. Peralatan mandi yang mungkin jumlahnya cukup banyak mulai dari handuk hingga berbagai jenis sabun mesti diberi wadah. Tujuannya agar tidak tercecer dan membuat kamar mandi terlihat berantakan. Saat ini sudah banyak wadah alat mandi siap pakai termasuk gantungan baju dan handuk, Anda tinggal membelinya di toko.

Tips dan Cara Mendesain Kamar Mandi Minimalis yang Sehat

Kamar mandi minimalis yang baik adalah yang dapat memaksimalkan potensi ruang yang ada agar tidak terasa sempit dan sumpek. Secara desain visual, pilihlah warna dan pattern yang sesuai dengan tema ruangan yang diinginkan. Tips dan cara mendesain kamar mandi ideal pertama adalah soal ini.

Cara Mendesain Kamar Mandi, Cara Mendesain Kamar Mandi kecil, desain kamar mandi mewah, lampu kamar mandi, lampu kamar mandi otomatis, lampu yang tepat untuk kamar mandi

contoh inderect lighting pada kamar mand dengan desain yang indahi – diminimalis.comUntuk lebih lengkapnya, Anda bisa menyimak tips dan cara mendesain kamar mandi minimalis berikut ini:

Desain mozaik keramik, Desain dapur dengan mozaik keramik, Desain mozaik keramik kamar mandi, harga mozaik keramik
kamar mandi dengan material mozaik yang indah – diminimalis.com

Pemilihan Material yang Tepat untuk Kamar Mandi

Kamar mandi meski tidak sesering kamar tidur dalam pemakaiannya namun perlu juga memperhatikan material yang dipakai. Kenapa pemilihan material untuk kamar mandi tidak boleh asal-asalan? Sebab, hal ini terkait dengan unsur estetika dan kenyamanan saat digunakan.

Diantara material yang sering digunakan untuk aplikasi dinding dan lantai kamar mandi adalah mozaik/batu marmer. Jika Anda tidak terlalu suka dengan mozaik, bisa arahkan pilihan ke batu marmer. Material ini mampu memberikan kesan mewah dan elegan yang unik.

Selain itu, marmer memiliki tingkat kewatean yang tinggi, dapat menyejukkan lantai dan dinding kamar mandi. Tentu ini akan membuat aktivitas mandi dan bersih-bersih jadi lebih menyenangkan.

Warna Kamar Mandi

Pemilihan warna cat dinding kamar mandi sebaiknya disesuaikan dengan konsep ruangan lainnya dalam rumah. Untuk memberikan kesan mewah, maka Anda bisa menggunakan warna-warna gelap pada dinding. Sedangkan warna pada lantai Anda bisa pilih warna mozaik atau material yang terang untuk memberikan kesan luas.

Hiasan Kamar Mandi

Hiasan yang biasa digunakan pada kamar mandi ala hotel berbintang adalah cermin besar, meja rias dan yang lainnya. Anda bisa mengadopsi iasan sejenis guna membuat kamar mandi Anda terasa mewah. Fungsi adanya cermin besar sendiri adalah untuk membuat kamar mandi Anda terkesan lebih besar. Adanya cermin bisa jadi salah satu cara mendesain kamar mandi yang mudah.

Selain cermin, ada juga furniture lain yang biasa dipakai, yaitu hidden lamp. Lampu yang didesain tersembunyi ini akan mampu membuat suasana kamar mandi menjadi elegan. Pilihlah lampu berwarna putih kekuning-kuningan, karena sorot warna ini akan membuat suasana rileks. Pencahayaan sangat berpengaruh terhadap suasana kamar mandi, jadi usahakan yang terbaik.

Mungkin demikian yang dapat kami sampaikan terkait tips dan cara mendesain kamar mandi minimalis agar terlihat luas dan mewah. Anda bisa saja menambahkan elemen lain yang tidak ada di ulasan jika memang Anda butuhkan. Prinsipnya, sederhana dan multifungsi. Semoga artikel singkat ini bermanfaat dan bisa jadi inspirasi terbaik untuk Anda. (ls) Editted by RN15042020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.