5 Cara Mendesain Carport yang Aman sebagai Pelindung Mobil Anda

Anda ingin mendesain carport yang baik danbenar? Memang mengetahui cara mendesain carport yang ideal dibutuhkan beberapa tahapan. Dibandingkan dengan garasi, carport lebih mudah diakses dan dibangun untuk mempermudah meletakkan mobil. Namun untuk mendesainnya kita perlu membuatnya dengan standar keamanan dan kenyamanan saat menepatkan kendaraan kita.

5 Cara Mendesain Carport agar Tampil Lebih Ideal

cara mendesain carport, cara mendesain carport batu alam, standar kemiringan carport
desain carport yang ideal – diminimalis.com

Apa saja cara mendesain carport di rumah Anda agar terlihat lebih ideal? Berikut ini diminimalis akan sajikan tipsnya:

1. Lokasi Pembangunan Carport

Agar lebih selaras dengan desain rumah, perlu sebelumnya Anda memilih material, warna, dan desain yang cocok. Tidak lupa juga untuk mencari lokasi yang cocok dengan lahan rumah Anda. Biasanya carport dibangun di depan garasi, samping rumah, atau lintansan entrance rumah. Tujuannya adalah untuk memudahkan aksesibilitas dari mobil tersebut.

Ukuran yang dapat Anda gunakan yaitu lebar minimum carport adalah 2,5 m, lebar ideal mencapai 3 m. Sedangkan jika Anda ingin lebar carport yang benar-benar sesuai dengan mobil, cobalah mengukur langsung lebar mobil tersebut dengan kondisi semua pintu mobil terbuka penuh. Untuk panjang idealnya adalah 5,5-6 m.

2. Tekstur Lantai yang Bagus

Keidealan suatu carport yang pertama dipengaruhi oleh tekstur permukaan lantainya. Usahakan carport mempunyai lantai yang bertekstur kasar agar tidak gampang licin terutama saat basah. Pastikan pula struktur carport cukup kokoh untuk menahan beban mobil yang rata-rata sekitar 2 ton.

Anda dapat memilih desain lantai yang sesuai dengan keinginan Anda, seperti:

a. Lantai Batu Alam

Bagi Anda yang menyukai sentuhan alam. Anda dapat menggunakan lantai yang terbuat dari batu alam. Batu alam yang dapat Anda gunakan yaitu batu andesit atau batu lempeng. Jenis lantai ini akan menampilkan kesan rumah yang menyatu dengan alam dan sederhana. Rawat terus lantai ini agar tidak mudah berlumut dan berjamur. Dengan begitu kualitas dari lantai akan terus terjaga.

b. Lantai Batu Sikat

Jenis lantai yang selanjutnya adalah lantai yang terbuat dari batu sikat. Lantai ini mempunyai permukaan yang kasar bergerigi dan mempunyai ketahanan yang kuat. Lantai ini mempunyai ciri khas model yang sederhana. Namun, apabila Anda bosan dengan model ini, Anda dapat menggunakan berbagai motif seperti bunga-bunga.

c. Lantai Beton

Jenis lantai yang selanjutnya adalah batu beton. Lantai ini mempunyai ciri dengan tekstur yang kuat, sehingga sangat bagus untuk Anda yang mempunyai kendaraan banyak dengan bobot yang berat. Lantai ini terbuat dari campuran semen serta pasir yang ditambahkan dengan adukan beton sehingga mempunyai ketebalan lantai dari 8-10 inc.

Jenis lantai carport yang lainnya dapat Anda baca pada artikel ini lantai carport minimalis dan aneka jenis bahan pelapisnya.

cara mendesain carport, cara mendesain carport batu alam, standar kemiringan carport
carport dengan pergola sebagai peneduhnya – diminimalis.com

3. Menentukan Desain Carport

Cara mendesain carport agar terlihat lebih ideal yang ketiga adalah menentukan desain carport. Pada umumnya desain carport cenderung terbuka dan hanya diatap. Namun, jangan khawatir Anda bisa menggunakan material dibawah ini:

a. Genteng

Genteng merupakan atap yang terbuat dari tanah liat. Keunggulan dari genteng mempunyai daya tahan yang baik terhadap sengatan sinat matahari.

b. Polikarbonat

Bahan ini ringan dan sangat mudah untuk dipasang. Manfaat dari material ini adalah melindungi atap dari rembesan hujan, panas, dan benturan. Anda dapat memilih sendiri kira-kira warna apa yang cocok untuk rumah Anda. Ada juga bahan transparan yang akan menghadirkan kesan elegan, modern, dan sederhana.

c. Kaca Tempered

Atap carport yang selanjutnya adalah kaca float tempered yang mempunyai sifat menghangatkan. Bahan atap ini sangat fleksibel, lapang, dan tentunya semakin terlihat modern. Kelebihan dari material ini adalah tidak mudah pecah, lebih kuat, aman, dan tahan lama.

4. Area yang Digunakan

Syarat yang selanjutnya yakni area yang dipakai untuk carport, sebaiknya berjenis semi-terbuka. Hal ini dimaksudkan agar bagian dalam carport tahan terhadap perubahan cuaca yang drastis. Selain itu, tempatkan juga carport yang mudah diakses untuk keluar masuknya kendaraan. Usahakan tidak membuat carport yang bisa menghalangi pintu utama.

5. Merancang Talang Air

Cara mendesain carport selanjutnya adalah membuat talang air. Talang air yang baik adalah talang air yang mengalirkan curahan air hujan dengan lancar dan baik. Apabila pemasangan talang ini salah, air justru tidak mengalir dengan sempurna namun malah menggenangi carport minimalis.

Cara yang dapat Anda lakukan yaitu mengatur kemiringan dengan tepat. Anda dapat memasang sekitar 1-2 derajat, yaitu setiap satu meter pajjang lantai maka permukaan lainnya turun menjadi 1 cm pada saluran pembuangan air.

Langkah-langkah Membuat Carport yang Ideal

  1. Galilah tanah yang dipakai untuk carport sedalam 20-30 cm lalu masukkan tanah padas ke dalamnya. Hal ini dimaksudkan untuk memadatkan struktur dari tanah tersebut.
  2. Jangan lupa siram tanah dengan sedikit diinjak-injak sehingga semakin kokoh. Tanah padas bisa diganti dengan material bekas beton atau kerikil berukuran kecil-kecil.
  3. Buatlah pondasi sedalam 30 cm yang mengelilingi area carport dengan memakai campuran semen, pasir, dan batu bata. Pondasi akan menahan carport secara maksimal sehingga carport tidak mudah melesak tergeser ke lingkungan di sekitarnya.
  4. Pembuatan lantai carport harus memperhitungkan tingkat kemiringannya sehingga menghasilkan sistem drainase yang baik. Bisa dibilang sistem drainase inilah yang paling mempengaruhi daya tahan carport di rumah Anda. Semakin sedikit air yang menggenangi carport, semakin sedikit pula jamur dan lumut yang bakal tumbuh di sana.
  5. Carport biasanya dibangun lebih tinggi daripada lingkungan di sekitarnya sehingga diperlukan landasan sebagai jembatan. Kemiringan landasan carport yang baik sekitar sepuluh persen, di mana setiap panjang 1 meter maka tinggi bertambah 10 derajat.

Desain Cantik untuk Rumah Minimalis Anda

Cara mendesain carport untuk rumah minimalis Anda agar terlihat cantik memang bermacam-macam. Salah satunya, memperhatikan desain lantainya. Berikut ini diminimalis sajikan beberapa model keramik yang dapat membuat rumah Anda semakin elegan.

1. Paving Rumput

Desain pertama untuk menambah kecantikan rumah minimalis Anda yaitu paving rumput. Selain dapat mempercantik carport Anda, penggunaan paving rumput juga bisa digunakan sebagai resapan air. Warna abu-abu pada beton akan tambah cantik jika dikombinasikan dengan warna hijau rumput yang terlihat menyegatkan.

2. Model Carport Modern

Cara mendesain carport agar tampak cantik selanjutnya adalah menggunakan gaya modern dengan pencahayaan. Penggunaan sentuhan lampu yang menyorot objek tertentu secara tepat, akan mempercantik suasana pada carport. Anda bisa memasang lampu kecil pada langit-langit carport yang akan memberikan efek cahaya menyorot pada mobil.

3. Desain Rustic

Ciri khas dari desain rustic adalah penggunaan material kayu yang tampak tua. Pemberian aksen kayu bukan menonjolkan kesan tradisional, namun lebih menunjukkan kesan klasik dan menciptakan suasana yang hangat. Sementara untuk atapnya, Anda bisa menggunakan bahan yang terbuat dari genting pada rumah biasa.

4. Lantai Pasir

Desain selanjutnya yang dapat Anda jadikan referensi yaitu lantai carport yang terbuat dari pasir. Anda dapat menggunakan lantai carport yang terbuat dari pasir dan campuran batu kerikil untuk menghindari risiko lantai keramik yang mudah kotor.

Demikian ulasan kami tentang cara mendesain carport yang ideal. Jangan lewatkan beberapa informasi yang menarik terkait carport rumah minimalis, hanya di diminimalis.com. Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL180421.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.