2 Cara Mencuci Sofa di Rumah yang Simpel Tanpa Menggunakan Vacum

Cara mencuci sofa di rumah menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan dimasa sekarang. Terlebih ditengah masa pandemi covid-19 ini. Masyarakat harus bisa mengatur keuangan dan harus bisa berhemat.

Salah satu cara berhemat adalah dengan mengurangi pengeluaran, termasuk mengurangi biaya mencuci sofa ke tempat laundry atau dengan bantuan orang lain.

Selain itu, ditengah masa pandemi ini semua anggota keluarga sering melakukan aktivitas di dalam rumah. Jadi kemungkinan memiliki sofa yang kotor menjadi hal yang wajar.

Bagi Anda yang ingin segera membersihkan sofa tanpa harus mencucinya ke laundry atau ke tempat cuci sofa, Anda bisa menggunakan cara berikut untuk dipraktikkan di rumah.

1. Cara mencuci sofa di rumah dengan dibilas air

Pembahasan yang pertama adalah terkait cara mencuci sofa di rumah dengan dibilas air. Cara ini cocok untuk Anda yang memiliki sofa dengan keadaan yang sangat kotor.

a. Persiapan peralatan dan perlengkapan yang digunakan

Sebelum memulai mencuci sofa, sebaiknya Anda siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang dibutuhkan dalam proses pencucian sofa. Hal yang paling penting adalah siapkan sofa yang kotor dan letakan di tempat yang akan Anda gunakan untuk mencuci.

Sebaiknya Anda mencuci sofa dekat dengan sumber air atau kran di rumah Anda. Jadi akan memudahkan Anda dalam proses pencucian, karena akan memudahkan Anda jika air kekurangan air untuk membilas sofa.

Setelah meletakan sofa ditempat yang akan digunakan untuk mencuci sofa, kemudian Anda bisa segera menyiapkan semua kebutuhan yang akan dibutuhkan dalam proses pencucian.

Kebutuhan yang harus disiapkan adalah berupa peralatan dan perlengkapan yang akan digunakan. Peralatan yang disiapkan tentunya tidak menggukan vacum. Karena kali ini hanya akan membahas cara mencuci sofa tanpa menggunakan vacum.

Cara ini cocok banget untuk Anda yang tidak memiliki vacum namun tetap ingin menjaga kebersihan sofa. Jadi cara ini sangat tetap untuk Anda dan bisa langsung Anda praktikan di rumah.

– Sikat

Peralatan yang perlu Anda siapkan adalah berupa soft brush atau sikat yang lembut atau sikat apapun yang cocok untuk digunakan dalam membersihkan sofa rumah. Sikat ini akan Anda butuhkan dalam proses pencucian dan menjadi peralatan utama pengganti vacum.

Sikat menjadi alat yang penting dan memiliki peran utama dalam proses pencucian sofa tanpa menggunakan vacum. Untuk itu Anda harus memiliki sikat ini. Anda dapat mendapatkannya di toko, warung, pasar, supermarket, minimarket, mall atau juga dapat membelinya melalui online store.

2 Cara Mencuci Sofa di Rumah yang Simpel Tanpa Menggunakan Vacum 1
cara mencuci sofa di rumah via contruindodecor.com.br

Harga yang ditawarkan beraneka ragam mulai dari belasan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Harga yang berbeda-beda ini dikarenakan adanya perbedaan kualitas, perbedan ukuran, perbedaan merk, atau yang lainnya.

Jadi Anda harus jeli dalam memilih sikat untuk mencuci sofa. Dengan demikian Anda akan mendapatkan sikat yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhkan Anda.

– Ember dan Gayung atau Selang

Yang ke dua, Anda perlu menyiapakan ember, gayung atau selang yang akan sangat bermanfaat untuk membilas sofa dengan air. Jika Anda hanya menyiapkan selang saja tidak apa-apa. Namun, jika Anda tidak memiliki selang, Anda harus menyiapkan gayung dan ember.

Anda bisa memilih antara ember dan gayung atau menggunakan selang saja. Anda juga bisa menyediakan ketiganya. Dengan demikian Anda akan dipermudah dalam proses pembilasan sofa dengan menggunakan air.

Ketiga alat ini dapat Anda temukan dengan mudah disekitar Anda layaknya sikat. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika di rumah tidak menemukannya. Anda dapat membelinya di toko atau di pasar terdekat yang menyediakannya.

Jadi tidak ada alasan untuk tidak mencuci sofa karena tidak memiliki ketiga peralatan ini. Dengan demikian kemungkinan untuk tetap rajin mencuci sofa bisa dilakukan dengan mudah di rumah dengan menggunakan peralatan yang murah dan mudah ditemukan.

– Sabun pembersih sofa

Selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah sabun pembersih. Sabun yang digunakan untuk mencuci sofa sebaiknya disesuaikan dengan bahan sofa yang Anda miliki.

Sabun pembersih sofa yang tersedia dipasaran ada banyak dengan berbagai merk jadi Anda harus jeli dalam memilihnya. Hal ini dikarenakan merk satu dengan yang lainnya biasanya menawarkan kualitas yang berbeda juga harga yang berbeda.

Namun, jika Anda masih bingung dan ragu untuk membeli sabun khusus pembersih sofa, Anda juga dapat menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah. Seperti deterjen atau sabun pencuci piring.

Walaupun demikian, Anda tetap bisa mendapatkan sofa bersih dari hasil mencuci dengan deterjen atau sabun cuci piring. Deterjen dan sabun pencuci piring pun dapat Anda gunakan sesuka Anda, dalam artian tidak dipatok menggunakan deterjen merk A atau B. Begitu pula dengan sambun pencuci piringnya.

Setelah semuanya disiapkan, Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya, yaitu proses pencucian sofa tanpa menggunakan vacum cleaner. Bagi Anda yang penasaran, berikut tahapan proses mencuci sofa di rumah dengan dibilas air.

b.Proses pencucian

Jika Anda sudah menyiapkan semua kebutuhan yang akan digunakan saat proses pencucian, selanjutnya Anda dapat melanjutkan pada proses pencucian. Proses ini dapat Anda ikuti dengan prosedur seperti berikut:

Pertama, basahi semua bagian sofa dengan menggunakan air bersih. Anda bisa menggunakan selang atau gayung yang sudah disediakan untuk memudahkan proses penyiraman air ke sofa.

Kedua, setelah semua permukaan sofa basah, Anda dapat mentaburkan deterjen atau sabun pencuci sofa ke permukaan sofa. Khususnya pada permukaan sofa yang sangat kotor.

Ketiga, setelah itu Anda bisa menggosok permukaan sofa dengan menggunakan sikat yang sudah Anda sediakan sampai kotoran benar-benar terangkat.

2 Cara Mencuci Sofa di Rumah yang Simpel Tanpa Menggunakan Vacum 2
cara mencuci sofa di rumah via i.ytimg.com

Keempat, setelah digosok dengan menggunakan sikat, Anda dapat langsung membilasnya dengan menggunakan air bersih. Bilas sampai semua busa dan kotoran hilang.

Kelima, setelah semuanya sudah bersih. Diamkan sofa di tempat tersebut sampai air mulai berkurang. Setelah itu Anda dapat mengangkat sofa dan diletakan di tempat yang terkena panas matahari.

Dan yang terakhir jemur sofa sampai kering dan bisa digunakan kembali untuk duduk di dalam rumah. Sebelum digunakan kembali, pastikan sofa dalam keadaan benar-benar kering sehingga tidak menimbulkan bau yang tidak diinginkan.

Demikan cara mencuci sofa di rumah dengan dibilas air untuk sofa yang sangat kotor. Semoga informasi tersebut bisa memberikan banyak kebermanfaatan untuk Anda semuanya.

Selain itu, diharapkan juga bisa memotivasi Anda agar tetap rajin membersihkan sofa di rumah walaupun dilakukan sendiri tanpa harus dibawa ke laundry atau meminta bantuan tukan cuci sofa ke rumah Anda.

Sehingga, Anda bisa lebih menghemat pengeluaran Anda dan Anda tetap bisa memiliki sofa bersih sesuai dengan keinginan dan tetap memberikan kenyamanan untuk Anda dan keluarga.

2. Cara mencuci sofa di rumah tanpa dibilas

Pembahasan yang ke dua adalah cara mencuci sofa di rumah tanpa dibilas dengan air. Cara ini termasuk cara yang simpel dan tidak membuat Anda kerepotan.

Cara ini dapat Anda terapkan di rumah untuk sofa yang kotor, namun kotor yang dimaksud adalah kotor yang tidak terlalu membandel dan tidak terlalu banyak. Artinya kotor disini adalah kotor yang masuk dalam kategori ringan.

a. Perisipkan peralatan dan perlengkapan

Tahap pertama adalah menyiapkan semua kebutuhan yang akan digunakan dalam proses pencucian sofa agar menjadi bersih. Hal ini perlu dilakukan guna memudahkan Anda dalam proses pencucian.

– Sikat dan lap kain kering

Peralatan yang wajib ada pertama adalah sikat dan lap kain kering. Kedua peralatan ini sangat dibutuhkan dan menjadi alat utama dalam proses pembersihan sofa dari kotaran yang menempel pada sofa.

Sikat dan kain lap kering sangat mudah ditemukan jadi Anda tidak usah bingung dan khawatir. Anda bisa membelinya di toko terdekat atau dapat juga membelinya melalui online shop.

Sedangkan untuk kain lap, Anda dapat menggunakan kain yang sudah tidak terpakai di rumah. Jadi Anda bisa lebih hemat karena tidak perlu membelinya dan mengeluarkan uang.

– Ember

Peralatan yang ke dua adalah ember. Alat ini akan sangat dibutuhkan sebagai wadah air bersih yang dicapur dengan pembersih sofa. Jadi Anda harus menyediakan ini.

Anda juga dapat menggantinya dengan wadah lainnya yang sekiranya bisa digunakan dan dapat berfungsi menggantikan ember. Artinya Anda tidak harus menggunakan ember. Namun Anda bisa menggantinya dengan wadah lainnya.

Yang terpenting, fungsinya sama dengan ember yaitu bisa digunakan sebagai tempat untuk menampung air dan pembersih sofa yang akan Anda gunakan dalam proses pembersihan sofa.

– Air bersih dan LOC Home Multi Purpose Cleanner

Yang terakhir, Anda harus menyiapkan air bersih dan LOC Home multi purpose cleanner. Ini semua adalah kebutuhan yang juga akan berperan penting dalam proses pembersihan sofa.

2 Cara Mencuci Sofa di Rumah yang Simpel Tanpa Menggunakan Vacum 3
cara mencuci sofa di rumah via media.amway.id

Keduanya menjadi bahan utama dan harus ada guna menghasilkan sofa yang bersih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Sehingga Anda dapat menggunakan sofanya kembali dengan nyaman.

LOC Home multi purpose cleanner merupakan salah satu produk pembersih yang dapat digunakan untuk membersihkan sofa. Anda dapat mendapatkan ini di supermarket atau di toko terdekat atau bisa dibeli secara online melalui online store.

Harga dari produk ini sekitar 70ribu rupiah. Jadi Anda bisa menyiapkan uangnya dari sekarang karena sudah ada gambaran atau informasinya. Jadi Anda tidak akan kekurangan uang pada saat akan membelinya karena sudah menyiapkannya terlebih dahulu.

Setelah Anda mendapatakan LOC Home, Anda dapat langsung mencampurkannya dengan air sebanyak setengah gayung. Tuangkan air tersebut kedalam ember lalu tambahkan cairan LOC sebanyak satu tutup botol saja.

b. Proses pencucian

Setelah semua kebutuhan sudah disiapkan, selanjutnya Anda dapat langsung melakukan pencucian sofa di rumah Anda. Sofa yang akan dibersihkan cukup ditempatkan pada tempat dimana sofa itu berada.

Jadi Anda tidak perlu mengangkat dan memindahnya ketempat lain. Anda hanya perlu membawa campuran air dan LOC home di dekat sofa. Kemudian Anda bisa langsung menuangkan cairan secukupnya pada permukaan sofa yang kotor.

Kemudian Anda dapat langsung menggosoknya dengan sikat dan kain lap secara merata pada permukaan sofa. Sehingga permukaan sofa basah karena telah dibasahi dengan air dan cairan LOC home.

2 Cara Mencuci Sofa di Rumah yang Simpel Tanpa Menggunakan Vacum 4
cara mencuci sofa di rumah via 2.bp.blogspot.com

Setelah semua permukaan disikat bersih kemudian Anda bisa mediamkan sofa tersebut sampai kering tanpa harus membilasnya dengan air. Setalah kering Anda dapat langsung melihat hasilnya.

Cara ini merupakan cara yang cukup simpel dan sangat mudah untuk dipraktikan. Jadi Anda bisa melakukannya sendiri di rumah tanpa harus menggunakan vacum cleaner atau memanggil tukang cuci sofa atau membawanya ke tempat laundry sofa.

Semoga cara ini bisa menjadi salah satu cara yang dapat Anda terapkan untuk membersihkan sofa di rumah Anda yang kotor. Sehingga sofa yang Anda miliki bisa menjadi sofa yang bersih dan nyaman digunakan kembali oleh Anda dan keluarga Anda.

Demikian cara mencuci sofa di rumah yang simpel tanpa menggunakan vacum cleaner. Sehingga bagi Anda yang tidak memiliki vacum, Anda tetap bisa mencuci sofa di rumah sendiri.

Informasi di atas diharapkan bisa memberikan kebermanfaat untuk Anda semua terutama dalam hal membersihkan sofa. Cara mencuci sofa di rumah tersebut bisa langsung Anda praktika.

Semoga cara-cara tersebut bisa membantu Anda dalam mencuci sofa di rumah secara bik dan memberikan hasil yang bersih maksimal sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Hal ini dikarenakan kebersihan merupakan bagian dari iman. Oleh karena itu, Anda harus tetap rajin membersihkan rumah Anda termasuk membersihkan sofa rumah, baik untuk membersihkan sofa minimalis rumah ataupun lainnya. (fy)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.