Cara Mencuci Gorden yang Benar Supaya Tetap Awet

Ada beberapa langkah/cara mencuci gorden yang benar bila ingin terlihat bersih dan tetap awet. Kenapa penting memahami cara mencuci gorden yang benar? Tidak lain karena bahan dan jenis gorden berbeda-beda, ada yang membutuhkan perlakuan khusus dalam perawatannya. Ditambah lagi, ukuran gorden yang lebar terkadang membuat sulit saat mencucinya sendiri. Jika asal maka berpotensi rusak/sobek.

Idealnya, gorden sebaiknya dicuci 3 hingga 6 bulan sekali. Alasannya cukup sederhana, karena posisi gorden yang selalu menggantung di jendela maupun di pintu sehingga seringkali menjadi tempat bersarangnya debu. Gorden menjadi cepat kotor dan kusam, yang tentunya tidak baik untuk kesehatan sistem pernafasan, terutama jika ada anggota keluarga Anda ada yang memiliki asma atau alergi terhadap debu.

Gorden sendiri adalah potongan kain atau tekstil yang digunakan untuk menghalangi cahaya. Tirai sering digantung di bagian dalam jendela suatu bangunan untuk menghalangi masuknya cahaya, sebagai contoh di waktu malam untuk membantu tidur, atau untuk mencegah cahaya keluar dari bangunan (mencegah orang di luar untuk dapat melihat bagian dalam).

Gorden yang sering terpapar sinar matahari juga akan menjadikan pudarnya warna. Warna gorden yang pudar tentunya menjadikan tampilan interior ruangan terasa kurang menarik.
Asal Anda tahu, gorden memiliki ragam bahan pembuat yang berbeda-beda.

Ada tipe bahan yang mudah kotor dan ada pula yang tidak cepat kotor. Ketebalan kain gorden juga bervariasi, ada yang tipis dan juga tebal. Pada gorden yang berbahan tips sebaiknya tidak dicuci terlalu sering dikarenakan akan mengakibatkan teksturnya menjadi kasar dan warnanya menjadi pudar dan kusam.

Jika Anda merasa berat untuk merawat gorden minimalis dengan cara dicuci, Anda dapat menggantinya menggunakan alat pembersih gorden. Alat ini biasanya berbentuk vacuum cleaner yang dapat menghisap debu yang menempel pada gorden. Gorden berukuran besar yang ujungnya menyapu lantai tentunya akan lebih cepat kotor. Jadi, bersihkan dengan teratur ya..!

Pada semua jenis gorden pastinya memiliki kelengkapan untuk memasangnya, tak terkecuali gorden murah. Kelengkapan tersebut biasanya berupa railing yang terbuat dari aluminium ataupun bahan lainnya. Anda bisa membersihkan railing tersebut dari debu dan kotoran yang bisa menggangu gerak gorden saat dibuka dan ditutup.

cara mencuci gorden, cara mencuci gorden dengan mesin cuci, cara mencuci gorden dengan tangan
Cara mencuci gorden yang benar- diminimalis.com

Cara Mencuci Gorden dengan Baik dan Benar agar Awet

Meski terlihat simpel nyatanya cara mencuci gorden itu tidak gampang. Tidak bisa disamakan dengan mencuci baju biasa. Nah, setidaknya hal-hal berikut perlu Anda pahami dulu sebelum berencana untuk mencuci gorden tanpa membawanya ke jasa laundry.

Kenali Jenis Bahan Pembuatnya

Memang tidak semua gorden dapat dengan mudah dicuci dengan mesin cuci. Untuk jenis gorden yang terbuat dari katun, polyester atau satin yang bersifat ringan dan lemas, pada umumnya dapat dicuci biasa dengan mesin cuci. Sedangkan bahan yang lebih berat dan tebal seperti beludru dan organza membutuhkan pengaturan khusus saat dicuci dengan mesin cuci.

Sebelum mencucinya atau membawanya ke penatu, sebaiknya kenali dulu bahan gorden Anda. Kebanyakan gorden memang tidak memiliki keterangan label perawatan. Ada baiknya bertanya pada penjual saat Anda membelinya, apakah gorden tersebut terbuat dari bahan yang dapat dicuci biasa atau harus dengan jasa dry clean.

cara mencuci gorden, cara mencuci gorden dengan mesin cuci, cara mencuci gorden dengan tangan
Cara mencuci gorden yang benar, hilangkan kotorannya dulu – diminimalis.com

Atasi Noda Pada Gorden Terlebih Dahulu

Sebelum mencuci gorden dengan mesin cuci, pastikan bahwa gorden Anda sudah bersih dari noda. Untuk noda ringan seperti makanan atau jejak tangan, Anda dapat langsung mencucinya menggunakan mesin cuci dengan pemilihan deterjen Matic yang tepat.

Apabila Anda harus menghadapi noda yang sangat membandel, oleskan sedikit deterjen cair langsung pada noda tersebut. Selanjutnya rendam bagian gorden yang terkena noda selama kurang lebih setengah jam. Lalu angkat dan kucek bagian yang terkena noda hingga noda memudar dan menghilang.

Jika anda kesulitan mencari citroen zuur, kita bisa menggantikannya dengan garam, caranya larutkan 2 sendok garam dapur kedalam air panas secukupny hingga gorden terendam, diamkan selama 10 menit, tiriskan dan kemudian bilas dengan air bersih dan jemur. Warna gorden Anda akan kembali cerah seperti baru.

Demikian ulasan kami tentang cara mencuci gorden dengan baik dan benar, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang jenis-jenis gorden indah penambah estetika rumah minimalis di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN24052021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.