Ada beberapa cara mencegah korsleting listrik yang mestinya banyak dipahami oleh orang-orang. Kenapa penting? Karena banyak kebakaran rumah sering disebabkan oleh korsleting listrik ini.

Sebagai orang awam yang tidak paham listrik, hal ini harusnya dijadikan alarm bahwa penting untuk setidaknya mengantisipasi agar hal ini tidak sampai terjadi.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mencegah bahaya kebakaran yang disebabkan korsleting listrik di rumah Anda.

cara mencegah korslet, cara mencegah korsleting listrik, cara mengatasi kebakaran karena listrik
Cara mencegah korsleting listrik untuk mencegah kebakaran- diminimalis.com

Tips dan Cara Mencegah Korsleting Listrik dengan Kebiasan Baik

Korsleting listrik sering terjadi oleh beberapa faktor, baik dari materialnya maupun karerna human error alias kesalahan manusianya. Diantara faktor itu ialah kabel yang dimakani oleh binatang liar dalam rumah seperti tikus.

Faktor lainnya ialah dari keteledoran manusia yang mana bisa jadi tidak disiplin dalam menggunakan listrik. Sehingga, korsleting listrik mungkin saja terjadi dan menyebabkan kebakaran rumah atau membahayakan nyawa seseorang di rumah.

Untuk mencegah berbagai bahaya dari korsleting listrik, Anda bisa menerapkan beberapa cara mencegah korsleting listrik seperti di bawah ini.

1. Percayakan instalasi pada instalator terbaik

Percayakan pemasangan instalasi rumah Anda pada instalatir yang terdaftar sebagai anggota AKLI (Assosiasi Kontraktor Listrik Indonesia) dan terdaftar di PLN. Secara legal instalatir mempunyai tanggung jawab terhadap keamanan instalasi.

2. Hindari menggunakan steker untuk banyak keperluan

Jangan menumpuk steker atau colokan listrik terlalu banyak pada satu tempat karena sambungan seperti itu menyimpan panas yang akhirnya dapat mengakibatkan korsleting listrik.

3. Hindari gunakan material listrik murah tapi tidak standar

Jangan menggunakan material listrik sembarangan yang tidak standar walaupun harganya murah. Konsekuensinya adalah cept rusak dan perlu ganti baru, atau kabar buruknya bisa jadi penyebab korsleting.

cara mencegah korslet, cara mencegah korsleting listrik, cara mengatasi kebakaran karena listrik
kebakaran yang terjadi akibat korsleting listrik – diminimalis.com

4. Periksa kondisi sekring

Gunakanlah sekring yang masih bagus dan gantilah sekring putus dengan yang baru. Penggantian sekring ini jadi salah satu cara mencegah korsleting listrik yang terbilang penting lantaran benda inilah yang jadi sumber nyalanya.

5. Cek sambungan kabel

Lakukan pemeriksaan secara rutin terhadap kondisi isolasi pembungkus kabel, bila ada isolasi yang terkupas atau telah menipis, segera dilakukan penggantian.

6. Gunakan kabel standar

Gunakan jenis dan ukuran kabel sesuai peruntukan dan kapasitas hantar arusnya.

7. Amankan MCB rumah

Bila terjadi kebakaran akibat korsleting listrik akibat pengaman Mini Circuit breaker (MCB) tidak berfungsi dengan baik, matikan segera listrik dari kWh meter. Jangan menyiram sumber kebakaran dengan air bila masih ada arus listrik.

8. Selalu gunakan material listrik yang standar

Gunakanlah peralatan listrik yang memenuhi standar SNI dan ukuran yang tepat.

9. Lakukan perawatan secara rutin

Rawatlah instalasi listrik secara berkala untuk mengetahui bila terjadi kerusakan pada kabel atau peralatan listrik, misalnya isolasi yang terbuka pada sambungan. Bila memungkinkan gantilah seluruh jalur instalasi setiap lima tahuin sekali.

Baca juga: Cara mengatur instalasi listrik pada rumah yang baru tinggali

10. Waspada dengan bau gosong seperti kabel kebakar

Waspadai jika terdapat bau gosong yang tak seperti biasanya. Hal ini bisa jadi indikasi terjadi korslteing pada sambungan listrik Anda.

11. Bersihkan pepohonan di dekat jaringan listrik

Pangkaslah pepohonan di halaman rumah apabila sudah mendekati ataupun menyentuh jaringan listrik agar tidak ada potensi membahayakan.

12. Jangan biarkan kabel-kabel terkelupas

Kabel-kabel listrik yang terpasang di rumah jangan sesekali dibiarkan ada yang terkelupas ataupun dibiarkan terbuka. Ini biasanya disepelekan dan akhirnya sering jadi momok untuk seluruh anggota keluarga.

13. Hindari pemakaian listrik secara illegal

Jangan pernah mencoba mencuri listrik dari sumber yang ilegal. Disamping membahayakan keselamatan jiwa, tindakan itu juga tergolong tindak kejahatan dan Anda bisa dituntut secara hukum.

Kesimpulan:

Dari 13 cara mencegah korsleting listrik di atas, sepertinya tidak ada yang susah untuk dilakukan ya. Anda hanya perlu melakukannya dengan disiplin agar hal-hal buruk tadi setidaknya bisa dihindari kemungkinan terjadinya.

Demikian sala ulasan kami tentang cara mencegah korsleting listrik pada rumah minimalis. Semoga bermanfaat ya untuk Anda. (ls) editted by RN24102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *