Datangnya musim penghujan selain membawa banyak berkah ternyata juga bisa membawa kekhawatiran tersendiri. Derasnya air hujan yang turun dan kondisi rumah yang kurang sempurna bisa memicu terjadinya kebocoran. Tidak jarang yang mengeluhkan masalah kebocoran rumah ketika musim hujan tiba. Agar rumah tetap aman selama musim hujan, Anda perlu tahu cara mencegah kebocoran atap dengan langkah preventif yang tepat.

Langkah pencegahan ini menjadi penting sebab jika tidak disiapkan, dampak buruknya bisa merembet kemana-mana. Seperti misalnya air hujan bisa membuat kayu-kayu penyangga rumah menjadi lebih cepat lapuk dan rawan roboh sewaktu-waktu.

Selain itu, air yang merembes ke bagian dalam rumah juga bisa memicu terjadinya korsleting listrik. Contoh kasus tadi tentu dapat membahayakan keselamatan Anda dan keluarga jika tidak diantisipasi. Dengan memahami cara mencegah kebocoran atap yang tepat maka bisa menghindarkan Anda dari direpotkan saat nanti terjadi dan adanya kerugian yang lebih besar.

Cara Mencegah Kebocoran Atap, mengatasi atap bocor, pelapis atap bocor
Cara mencegah kebocoran atap rumah – Diminimalis.com

Cara Mencegah Kebocoran Atap Secara Efektif

Kebocoran pada atap rumah bisa terjadi karena banyak faktor. Penyebab kebocoran ini nantinya bisa digunakan untuk mencari solusi terbaik guna mengatasi dan mencegahnya terus lanjut. Adapun penyebab terjadinya bocor ini bisa dikarenakan:

– Cuaca ekstrim berupa hujan deras dan angin kencang

Hujan yang turun dengan deras dan angin yang terlalu kencang bisa membuat posisi genteng rumah bergeser. Pergeseran ini akan membentuk celah sebagai jalan masuknya air ke dalam rumah.

– Adanya kotoran yang menyumbat saluran air di atap rumah

Cara Mencegah Kebocoran Atap, mengatasi atap bocor, pelapis atap bocor
Kotoran di atas atap, dapat menyebabkan kebocoran – Diminimalis.com

Pohon besar yang letaknya dekat dengan rumah tentunya akan menghasilkan guguran daun yang mengotori bagian atap. Jika tidak rajin dibersihkan, sampah dedaunan ini bisa terkumpul dan menyumbat saluran air.

Terhambatnya saluran air ini akan membuat air tidak dapat mengalir dengan lancar dan berujung menggenang. Genangan air ini lah yang lama-kelamaan bisa merembes masuk ke dalam rumah.

– Kondisi kemiringan kontruksi atap yang kurang tepat

Kurang tepatnya perhitungan ketika membuat atap rumah bisa berujung pada masalah kebocoran. Atap yang terlalu landai membuat air tidak dapat terbuang sempurna ke tanah, akibatnya air akan masuk dan bocor ke dalam rumah.

Opsi yang Bisa Dilakukan Sebagai Cara Mencegah Kebocoran Atap Sebelum Meluas

Ada beberapa pilihan tindakan yang bisa diambil sebagai cara mencegah kebocoran atap karena air hujan. Anda bisa menyesuaikan metode pencegahan dan penanganan yang sesuai dengan kondisi rumah Anda. Berikut ini beberapa tips dan cara mencegah kebocoran atap yang bisa Anda dilakukan:

1. Pilih bahan atap rumah yang tahan air

Jika Anda sedang memilih bahan yang tepat untuk atap rumah, sebaiknya pilihlah material yang tahan air dan awet. Beberapa alternatif bahan atap yang anti bocor diantaranya atap UPVC, genteng yang terbuat dari keramik, papan semen serta panel komposit alumunium.

2. Gunakan cat tahan air

Penggunaan cat tahan air dapat membantu mencegah perembesan pada atap rumah. Pelapisan atap dengan cat tahan air selain bisa membantu mencegah kebocoran juga bisa mempercantik tampilan rumah Anda.

Cara mencegah kebocoran genteng dengan cat waterproof ini bisa dilakukan jika rumah Anda sudah terlanjur menggunakan bahan atap yang tidak tahan air. Anda bisa membelinya di toko material dan gunkan untuk mengatasi genteng bocor sendiri di rumah Anda.

3. Pasang plastik pelapis di bawah genteng/atap

Langkah proteksi tambahan yang bisa dilakukan sebagai salah satu cara mencegah kebocoran atap saat musim hujan adalah dengan memasang plastik pelindung. Lapisan ini bisa dipasang di atas rangka atap sebelum memasangkan atap pada rangka tersebut.

Penggunaan lapisan ini bisa meminimalkan resiko kebocoran karena air yang merembes melewati atap akan tertampung di plastik dan dialirkan ke bawah. Dampak baiknya, interior rumah akan meningkat keamanannya dari resiko kebocoran yang tidak diinginkan.

4. Rajin-rajinlah memangkas pohon tinggi yang ada di sekitar rumah

Bocor yang diakibatkan karena tersumbatnya saluran air di atap oleh sampah daun bisa diatasi dengan rutin memelihara pohon di sekitar rumah. Anda perlu rajin memangkas dahan-dahan yang tumbuh ke arah bagian atas atap rumah. Ini juga bisa menjadi salah satu solusi mengatasi atap rumah yang sering mampet dan jadi sumber kebocoran.

Jika memang tidak bisa dihindari, Anda harus rajin membersihkan atap dari sampah daun agar aliran air tidak tersumbat. Selanjutnya hindari menanam pohon dengan jarak yang terlalu dekat dengan rumah.

5. Lapisi bagian atas atap dak beton dengan lapisan tahan air

Atap yang terbuat dari dak beton ternyata juga bisa mengalami kebocoran. Bocor pada atap dak beton ini bisa berasal dari adanya retakan pada beton yang menyebabkan air merembes ke dalam. Apabila tidak segera ditangani, rembesan ini bisa menimbulkan masalah lebih besar lagi.

Adapun cara mencegah kebocoran atap dak beton ini bisa dilakukan dengan penggunaan lapisan tahan air atau waterproof. Cara menggunakan waterproof untuk melapisi atap tidaklah sulit. Pelapis tahan air ini bisa langsung dioleskan pada bagian-bagian yang retak dan dicurigai sebagai sumber rembesan. Supaya hasilnya lebih baik, Anda bisa mengulangi pengolesan lapisan ini sampai beberapa kali.

Tunggu lapisan sebelumnya kering terlebih dahulu untuk kembali mengoles lapisan selanjutnya. Selain menggunakan pelapis tahan air yang berbentuk cair, Anda juga bisa menggunakan membran tahan air. Membran ini berbentuk lembaran seperti karet yang dapat dipasang dipermukaan dak beton. Pemasangan membran ini sedikit rumit, tetapi hasil pelapisannya kuat dan tahan bocor.

6. Bongkar dan pasang ulang konstruksi atap dengan kemiringan yang pas

Cara Mencegah Kebocoran Atap, mengatasi atap bocor, pelapis atap bocor
Atap yang terlalu landai dapat membuat menjadi penyebab kebocoran – Diminimalis.com

Jika atap rumah Anda terlalu miring ataupun landai ternyata bisa menimbulkan permasalahan tersendiri. Kebocoran berulang akibat salahnya konstruksi harus diatasi dengan pembongkaran dan pemasangan ulang dengan perhitungan yang tepat.

Kesimpulan:

Memelihara kondisi tempat tinggal dengan baik dapat menghindarkan dari kerusakan lebih lanjut yang dapat mengurangi kenyamanan Anda dan keluarga. Termasuk saat musim hujan dimana kebocoran pada atap rumah dan dinding sering jadi momok yang merepotkan banyak pemilik rumah. Jadi, segeralah lakukan tindakan antisipasi agar hal-hal buruk tidak sampai terjadi.

Mungkin demikian saja apa yang bisa diminimalis sampaikan kali ini. Semoga ulasan singkat tentang cara mencegah kebocoran atap rumah kali ini bisa bermanfaat dan memberikan solusi atas permasalahan Anda. Sampai jumpa (us) editted by RN02072021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *