Televisi menjadi salah satu alat elektronik modern yang saat ini hampir ada di setiap rumah. Adanya TV membuat siapapun jadi punya pilihan hiburan saat harus menghabiskan waktu di rumah terutama saat menjalani pembatasan sosial seperti sekarang ini.

Agar menghadirkan suasana menonton yang benar-benar aman dan nyaman, setidaknya TV harus diletakan di tempat yang tepat dan didukung dengan penataan ruangan yang benar.

Kali ini kita akan membahas tentang beberapa tips dan cara menata ruang TV dengan benar. Yaitu bagaimana supaya aspek hiburan, estetika ruangan, dan kesehatan penikmatnya bisa terakomodir dengan baik.

cara menata ruang tv, ruang keluarga lesehan, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, ruang tv kecil, ruang tv minimalis modern, dekorasi ruang keluarga tanpa sofa, desain ruang tv sempit, ruang makan sekaligus ruang keluarga,
Tips dan cara menata ruang tv dengan penataan yang nyaman – Diminimalis.com

Tips dan Cara Menata Ruang TV yang Nyaman, Aman, dan Estetis

Selain ruang tamu, ruang khusus menonton TV sebaiknya juga tetap diprioritaskan untuk ditata dengan baik. Meski ruangan ini lebih bersifat pribadi, namun aspek kenyamanan dan estetika tetaplah perlu diperhatikan. Tidak lain karena berbagai alasan, seperti:

Ruang TV adalah tempat berkumpul keluarga: Tentu tidak ada yang menyangkal bahwa ruang tv adalah salah satu ruangan yang urgent jadi tempat berkumpul keluarga. Apalagi jika memang sedari awal prinsipnya Ruang TV=Ruang Keluarga. Melihat fungsinya saat dipakai untuk berkumpul maka sudah pasti kenyamanan harus dinomorsatukan.

Ruang TV adalah ruangan dengan banyak alat elektronik: Di ruang TV Anda tentu tidak hanya ada televisi, tapi juga bisa jadi ada kipas angin, stop kontak, dan beberapa piranti elektronik lainnya.

Mengingat alat elektronik termasuk rawan dari kerusakan atau bahkan bisa menimbulkan bahaya maka mengatur keamanannya adalah hal sangat penting.

Nah, setelah tahu alasan pentingnya menata ruang tv ini, selanjutnya kita akan bahas soal kiat/cara menata ruang TV agar mendukung kenyamanan dan keamanan seperti alasan di atas.

Di bawah ini kami telah merangkum berbagai cara menata ruang TV dengan memperhatikan aspek kesehatan, kenyamanan, dan estetika ruangan.

1. Pilih Produk TV Murah, Berkualitas Baik, dan Model yang Bagus

Tips dan cara menata ruang TV yang paling penting adalah fokus pada objeknya, yaitu TV. Kualitas TV yang baik juga pasti akan berdampak pada ruangan.

Berhubung ruang TV minimalis umumnya tidak akan lagi didekorasi dengan pernak-pernik atau aksesoris ruangan yang berlebihan. Maka Anda bisa mengaturnya dengan dekorasi ruang TV sederhana dengan hanya menambahkan poster atau tulisan dinding inspiratif.

Pilih TV berkualitas meski sedikit mahal, daripada murah namun tidak sesuai dengan konsep ruangan yang diusung. Ada banyak model TV yang bisa Anda pilih untuk menunjang suasana kebersamaan Anda dan keluarga dalam menonton TV.

Agar ruangan juga terbantu tampilan cantiknya, Anda juga perlu memilih TV dengan model yang estetis. Jadi, meski Anda mengusung konsep ruang TV sederhana, nuansa keindahannya tetap akan didapatkan.

2. Prioritaskan Pencahayaan Benar-benar Aman untuk penghlihatan

Tips dan cara menata ruang TV selanjutnya adalah soal pencahayaan. Yaitu tentang bagimana Anda mengatur cahaya di ruangan dengan carahaya dari tv.

Pastikan ruangan mudah dimasuki cahaya alami matahari dari jendela/ventilasi dan kalau malam, cahaya lampu ruangan bisa menerangi seluruh sudut ruangan dengan jelas. Untuk layar TV juga pastikan selalu diatur, jika memang tidak seimbang dan tidak enak dilihat.

Jika malam, pastikan lampu di ruangan dalam keadaan menyala sempurna sebagai penyeimbang cahaya. Sementara siang gorden jendela dibuka agar cahaya bisa masuk. Ruangan yang gelap membuat pupil mata bekerja terlalu keras dan bisa berakibat sakit.

Tips Menonton TV, Tips Menonton TV yang baik, Tips Menonton TV yg baik
Perhatikan pencahayaan ruangan, untuk menghindari dampak negatif bagi kesehatan mata – diminimalis.com

3. Atur jarak peletakkan TV untuk mendapatkan jarak pandang ideal

Selain pencahayaan, jarak pandang juga penting untuk diatur. Perhatikan jarak pandang mata ke layar TV, atur sesuai kenyamanan dan anjurran keamanan.

Anda bisa mengaturnya dengan menggunakan perhitungan ukuran 5x lebar diagonal layar TV. Sebagai contoh diagonal layar TV adalah 21 inch maka Anda tinggal mengalikan 5 x 21 inch yang hasilnya 105 inch, ini berarti jarak pandang yang baik adalah 5 meter.

4. Selektif Dalam Memilih Tempat Duduk

Trik dan cara menata ruang TV minimalis agar serba ideal juga tidak lepas dari pemilihan furniture utama berupa tempat duduk untuk dipakai saat menonton. Bagi Anda yang memang mau memilih furniture duduk berupa sofa atau kursi empuk, itu adalah pilihan yang bagus.

Atau jika kurang suka dengan sofa dan mau lesehan, Anda bisa pilih karpet empuk yang biasa dipakai pada ruang tamu tanpa kursi. Pilih yang model lipat jika perlu agar mudah dipindah-pindahkan saat ruangan akan dibersihkan.

Kenyamanan sendiri adalah unsur utama yang harus Anda perhatikan saat memilih tempat duduk di ruang TV. Jadi, pilihlah sofa duduk yang rendah dan lapang tapi tetap seimbang dengan tinggi TV. Bila perlu hias dengan aksesoris seperti bantal-bantal berbagai ukuran hingga selimut agar menunjang suasana bersantai bersama keluarga.

5. Tak ada salahnya menggunakan konsep ruang TV lesehan

Semua orang memang bebas memilih apakah akan menggunakan konsep ruang tv dengan sofa atau lesehan. Namun, jika Anda termasuk yang cenderung suka dengan konsep lesehan, ada sejumlah keunggulan dari konsep ini. Seperti; pemanfaatan ruang yang lebih mudah, perlengkapan ruang tv yang cenderung lebih murah, dan suasana hangat yang lebih terasa.

Lesehan tidak selalu identik dengan kesederhanaan dan teralu tradisional. Karena pada intinya adalah konsep penataannya. Jika memilih konsep ruang tv lesehan minimalis maka akan membuat rumah Anda lebih hidup.

Anda bisa gunakan karpet yang eyecatching agar suasana ruangan lebih terasa. Pilih bahan dan model yang tersedia di pasar sesuai keinginan, namun harus diingat bahwa kenyamanan adalah tetap yang utama. Pilih yang juga lembut dan enak atau nyaman saat diduduki dan untuk rebahan.

Baca juga: Tips Menata Ruang Tamu Sederhana

6. Lebih baik Hindari Menonton TV saat Hujan

Tips Aman Nonton TV Saat Hujan, penyebab tv tersambar petir, cara menonton tv saat hujan
Menonton TV saat hujan, berpotensi TV tersambar petir – Diminimalis.com

Meski tidak ada hubungannya dengan cara menata ruang TV yang benar, tips terakhir ini juga penting sehingga kami cantumkan.

Kita tahu bahwa saat hujan turun, tidak jarang ada petir yang juga turut menyertainya.

Perangkat TV di rumah biasanya dilengkapi dengan antena untuk memperoleh sinyal dari saluran TV. Antena ini umumnya dipasang di luar rumah dengan posisi yang tinggi supaya bisa mendapatkan sinyal dengan lebih kuat.

Antena luar ini bisa menimbulkan bahaya ketika terjadi hujan disertai petir. Anda perlu mengetahui beberapa cara-cara aman menonton tv ketika hujan supaya dapat mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Petir saat hujan sangat berbahaya apabila menyambar antena TV. Antena TV bisa dengan mudah tersambar petir jika posisinya dipasang terlalu tinggi di atas rumah. Semakin tinggi posisinya, akan semakin mungkin jika antena Anda menjadi objek sambaran petir.

Jadi, selain paham cara menata ruang TV yang benar, Anda juga kudu tahu kapan saat yang tepat untuk tidak menonton TV. Dengan memahami hal-hal tersebut maka ruang TV Anda benar-benar akan menunjang kebahagiaan keluarga. Semoga.

Mungkin demikian saja ulasan dari kami tentang cara menata ruang TV ideal di rumah Anda. Pastikan selalu untuk mempertimbangkan aspek kesehatan, kenyamanan, dan estetika saat Anda mengatur tata ruang TV Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN13072021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *