Cara Menata Ruang Tamu yang Sempit Agar Nampak Nyaman dan Elegan

Ruang tamu merupakan salah satu dari sekian ruangan yang sangat perlu diperhatikan penataannya. Bagaimana tidak, ruangan yang satu ini akan menjadi tempat untuk menjamu orang lain yang datang atau singgah menyampaikan keperluan.

Jika tidak disiapkan dengan baik, tamu yang datang bisa tidak nyaman dan tentu saja bisa membuat malu Anda selaku pemilik rumah. Namun, bagaimana jika ruang tamunya sempit. Apakah mungkin ruang tamu yang sempit tetap bisa terasa nyaman dan menarik? Jika Anda tahu bagaimana cara menata ruang tamu yang sempit dengan strategi terbaik maka kami yakin bagus.

Sekarang, tahukah Anda bagaimana cara menata ruang tamu yang sempit agar terlihat luas? Untuk Anda yang memiliki ruang tamu sempit namun tidak tahu caranya, ikutilah ulasan lengkapnya di sini hingga selesai. Di sini akan diberikan ulasan singkat dan mendalam tentang bagaimana cara menata ruang tamu yang sempit dan sederhana agar terlihat luas.

Tips dan Cara Menata Ruang Tamu yang Sempit Agar Nampak Luas

Dalam mengatur desain interior ruang tamu, ada beberapa hal yang mesti Anda pertimbangkan. Berikut beberapa tips dan cara menata ruang tamu yang sempit:

• Pilih warna dinding yang tepat

Terdapat dua cara umum yang bisa dilakukan untuk membuat dinding menjadi menarik yaitu mengecatnya atau melapisinya dengan wallpaper. Namun untuk tujuan membuat ruang tamu menjadi nampak lebih luas, maka yang harus Anda perhatikan adalah soal pewarnaan yang tepat. Baik menggunakan cat maupun wallpaper, perlu sekali Anda pilih warna yang terang.

 Cara Menata Ruang Tamu Yang Sempit, cara menata ruang tamu yang luas, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, cara menata ruang tamu yang memanjang, menata ruang tamu pintu tengah, cara menata ruang tamu dan dapur, menata ruang tamu tanpa kursi, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, menata ruang tamu sederhana
Contoh ruang temu sempit dengan penataan yang luwes – Diminimalis.com

Kesalahan memilih warna untuk dinding akan sangat berdampak pada kesan lega dan tidaknya sebuah ruangan. Ya, jika Anda termasuk ingin membuat ruang tamu sempit menjadi lebih lega, maka cara terbaiknya adalah dengan mewarnai dinding dengan warna cerah.

Warna putih atau abu-abu terang dianggap sangat tepat. Jika Anda menggunakan wallpaper, jangan lupa untuk memilih motif garis tegak yang juga bisa membuat dinding terasa luas.

 Cara Menata Ruang Tamu Yang Sempit, cara menata ruang tamu yang luas, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, cara menata ruang tamu yang memanjang, menata ruang tamu pintu tengah, cara menata ruang tamu dan dapur, menata ruang tamu tanpa kursi, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, menata ruang tamu sederhana
Ruang tamu sempit dengan pewarnaan dinding yang tepat – Diminimalis.com

• Pilih furniture terbaik

Dampak yang sangat besar akan sangat terasa dari sisi pemilihan furniture. Ya, seluas apapun ruang tamu bisa menjadi terasa sempit jika pemilihan furniture ruang tamunya salah.

Terlebih lagi untuk ukuran space sempit, maka harus memilih furniture terbaik guna memaksimalkan fungsi ruang tamu minimalis Anda. Pilihlah furniture bukan hanya dari sisi harga dan selera namun juga perhatikan ukurannya agar tidak memakan ruang terlau banyak pada ruang tamu sempit Anda.

Terdapat dua furniture yang sangat penting untuk diperhatikan. Pertama, untuk sofa ruang tamu Anda harus memilih sofa yang tidak memiliki sudut lebar yang terlalu luas. Pilihlah sofa yang ukuran tempat duduknya tidak terlalu lebar dan pilihlah jenis sofa minimalis. Yang kedua adalah meja ruang tamu. Pilihlah meja ruang tamu minimalis cantik seperti meja ala kedai kopi yang tentu menghemat ruang pada ruang tamu Anda.

Desain Ruang Tamu Pintu 2, desain ruang tamu kecil, cara menata ruang tamu ukuran 3x3, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, dekorasi ruang tamu pintu tengah, desain ruang tamu minimalis elegan, menata ruang tamu pintu tengah, desain ruang tamu pintu tengah, ruang tamu sederhana, Dekorasi Ruang Tamu Pintu Tengah
Tempatkan aksesoris yang elok, namun tidak berlebihan – Diminimalis.com

• Jangan sembarangan menambahkan aksesoris ruang tamu

Sebuah ruang tamu yang terlihat cantik dan menarik biasanya memang disebabkan oleh adanya berbagai macam aksesoris. Namun pada ruang tamu yang sempit, pemberian aksesoris yang berlebihan tentu sangat harus dihindari. Untuk hiasan dinding, sebaiknya pilihlah dengan cermat agar tidak membuat dinding terasa penuh sesak.

Selain itu, furniture tambahan seperti rak buku juga biasanya sangat memakan ruangan hingga membuat terasa sesak. Jika Anda ingin menyematkan rak buku, pilihlah bentuk atau model yang meninggi atau memanfaatkan tinggi ruangan. Dengan begitu, luas ruang tamu Anda bisa tidak terganggu.

• Trik penempatan cermin untuk ruang tamu sempit

Menyematkan cermin untuk ruang tamu bisa membuat efek yang melegakan ruangan. Ya, trik ini sangat efektif untuk membuat ruang tamu Anda terlihat lebih luas. Caranya, Anda hanya tinggal sematkan cermin yang terlihat modern, berukuran cukup besar, cantik dan tegak lurus pada salah satu dinding ruang tamu Anda.

• Atur kerapatan furniture ke dinding

Ruang tamu yang sempit sangat perlu dimaksimalkan dengan baik. Salah satu cara terbaiknya adalah dengan merapatkan furniture ke dinding hingga maksimal. Tidak harus menempel ke dinding, namun usahakan agar benar-benar memaksimalkan penempatan furniture agar tidak mengurangi luas ruangan dari ruang tamu Anda.

• Hilangkan penyekat

Pernahkah Anda mendengar cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga? Cara ini sangatlah mudah karena Anda hanya perlu menghilagkan penyekat atau partis ruangan. Penataan seperti ini bisa membuat kesan ruang tamu Anda terasa luas meskipun dua ruangan terlihat tidak ada batasnya.

• Miliki kursi tamu tambahan yang fleksibel

Cara menata ruang tamu yang sempit dan yang memanjang tentu saja berbeda. Menata ruang tamu sempit harus memperhatikan berbagai hal hingga sangat rinci termasuk pemilihan kursi. Sebaiknya, pilihlah kursi atau sofa yang memang pas untuk ukuran ruang tamu dan tidak berlebihan.

Untuk menambah kapasitas tempat duduk pada ruang tamu Anda, belilah kursi tamu tambahan yang fleksibel atau bisa dipindahkan secara mudah. Kursi tersebut sifatnya hanya dikeluarkan jika dibutuhkan saat menjamu tamu berjumlah banyak.

• Atur agar pencahayaan maksimal

Ruang tamu yang sempit sangat perlu didukung dengan pencahayaan yang tepat. Buatlah ruang tamu Anda terlihat terang dengan bantuan cahaya matahari yang dibiarkan masuk dengan maksimal dan juga lampu ruang tamu yang membuat kesan gelap benar-benar tidak terasa.

Setelah mengetahui ulasan tentang cara menata ruang tamu yang sempit agar terlihat luas, masihkah Anda bingung untuk menerapakannya? Anda bisa baca tips menata ruang tamu sederhana. Beberapa hal yang telah dibagikan tadi sangat simpel namun dampaknya sangat besar untuk ruang tamu yang sempit. Namun jika Anda masih bingung, carilah inspirasi ruang tamu ideal dalam bentuk gambar atau foto yang kini sangat mudah dicari dari berbagai website dan majalah.(an) editted by RN 10122020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.