Di banyak kasus, ukuran ruang tamu sering menjadi problem yang dialami oleh sebagian besar orang. Terlalu sempit seringkali membuat penataannya interiornya susah, terlalu luas juga membuat banyak space tidak termanfaatkan. Nah, kali ini kita akan fokus pada bagaimana cara menata ruang tamu yang luas agar bagaimana caranya fungsinya bisa dimaksimalkan dengan baik.

Nah, seperti apa konsep yang tepat untuk mengatur desain ruang tamu yang ukurannya cukup luas? Salah satunya adalah dengan memilih furniture berukuran besar dan panjang, serta mengatur penataannya agar bisa diatur dengan sebaik mungkin.

Alasan Perlunya Menata Ruang Tamu

Rumah minimalis modern saat ini dibangun dengan lebih banyak berfokus pada maksimal fungsi setiap ruangannya. Salah satu komponen penting pada sebuah hunian termasuk rumah minimalis ini adalah ruang tamu.

Keberadaan ruang tamu dengan berbagai ukuran dan model dekorasi inilah yang seringkali membutuhkan perhatian serius. Sebab, tidak lain adalah demi tujuan kenyamanan orang-orang yang bertamu ke rumah.

Bila mana ruang tamu yang Anda miliki cukup luas, penataanya sering kali butuh perencanaan lebih ekstra. Bila tidak jeli dalam menatanya, bisa-bisa Anda hanya akan kehilangan uang dan tenaga saja sementara hasil desainnya tidak maksimal.

Untuk itulah, disini kami akan membantu Anda mendapatkan gambaran tentang cara menata interior ruang tamu minimalis modern di rumah Anda.

 Cara Menata Ruang Tamu yang Luas, cara menata ruang tamu yang memanjang, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, menata ruang tamu sederhana, menata ruang tamu pintu tengah, cara menata ruang keluarga, penataan ruang tamu luas, cara menata ruang tamu dan dapur, menata ruang tamu tanpa kursi
Ruang tamu luas yang memaksimalkan cahaya alami dari luar ruangan – Diminimalis.com

Tips dan Cara Menata Ruang Tamu yang Luas pada Rumah Minimalis

Ada banyak ide yang bisa diterapkan untuk membuat ruang tamu yang tadinya terlalu luas agar tetap mampu memberikan kenyamanan. Berikut akan dibahas mengenai beberapa tips yang cukup mudah untuk anda lakukan. Harapannya setelah Anda mempraktekannya maka keluhan soal ruangan yang terlalu luas bisa teratasi.

Berikut ini adalah beberapa cara menata ruang tamu yang luas pada rumah minimalis Anda:

1. Pilih Furniture Berukuran Besar dan Panjang

 Cara Menata Ruang Tamu yang Luas, cara menata ruang tamu yang memanjang, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, menata ruang tamu sederhana, menata ruang tamu pintu tengah, cara menata ruang keluarga, penataan ruang tamu luas, cara menata ruang tamu dan dapur, menata ruang tamu tanpa kursi
Pilihlah furniture berukuran besar dan panjang – Diminimalis.com

Trik ampuh pertama tentang cara menata ruang tamu yang luas pada rumah minimalis milik Anda adalah dengan memilih runiture dengan ukuran yang besar dan panjang. Hal ini dikarenakan furniture tersebut mampu untuk memaksimalkan luas ruangan.

Maka dari itulah, silahkan Anda tambahkan furniture pada ruang tamu luas Anda. Kombinasikan sofa berbentuk L dengan ottoman, single sofa, kursi ataupun coffe table guna mempercantik ruang tamu Anda.

2. Tambahkan Beberapa Layar pada Ruang Tamu Anda

Anda juga bisa menambahkan beberapa layar pada ruang tamu berukuran luas pada rumah minimalis yang Anda punyai. Hal ini selain trik menata ruang tamu luas juga merupakan solusi untuk meminimalisir adanya pemantulan suara.

Anda bisa menambahkan karpet ataupun tirai yang berbahan tebal pada ruang tamu Anda tersebut. Tak hanya itu saja, beberapa tambahan layar kain akan membuat kesan nyaman ataupun penuh pada ruang tamu berukuran luas pada rumah minimalis Anda.

3. Tempatkan Tanaman Hijau atau Vas Bunga Besar

Trik berikutnya dalam penataan ruang tamu luas pada rumah minimalis Anda ini adalah dengan menempatkan taman hijau ataupun vas bunga besar. Bila Anda memilih tamanan hijau, silahkan pilih tanaman yang rimbun, berdaun lebar serta tinggi untuk memberikan kesan terisi pada ruang tamu Anda tersebut.

Sebaliknya, untuk vas bunga, Anda harus sesuaikan dengan pilihan furniture yang Anda tempatkan.

Urutan Cara Menata Ruang Tamu yang Luas Pada Rumah Minimalis

 Cara Menata Ruang Tamu yang Luas, cara menata ruang tamu yang memanjang, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, menata ruang tamu sederhana, menata ruang tamu pintu tengah, cara menata ruang keluarga, penataan ruang tamu luas, cara menata ruang tamu dan dapur, menata ruang tamu tanpa kursi
Ruang tamu luas yang didekirasi dengan cara yang tepat – Diminimalis.com

Semua trik dalam menata ruang tamu berukuran luas pada rumah minimalis Anda di atas tidaklah cukup bila tidak dilengkapi dengan step by step menatanya dengan tepat.

Anda tidak boleh menyepelekan ataupun melewatkan urutan cara menata ruang tamu yang luas pada rumah minimalis ini demi terciptanya hasil yang maksimal. Berikut ini adalah semua urutan cara menata ruang tamu berukuran luas pada rumah minimalis yang bisa Anda lakukan:

1. Menggunakan Ilusi Warna untuk Membuat Kesan Rendah pada Langit-langit

Cara pertama yang harus Anda lakukan dalam menata ruang tamu berukuran luas pada rumah minimalis milik Anda ini adalah menggunakan ilusi warna. Ilusi warna ini harus Anda gunakan pada langit-langit ruang tamu Anda demi menciptakan kesan rendah dan terisi.

Cara ini dapat Anda lakukan dengan mengecat atau memasang wallpaper dua warna terutama warna gelap. Jangan lupa untuk memilih dua warna tersebut yang senada dengan tema ruang tamu Anda.

2. Memberi Jarak Furniture dengan Dinding Ruang Tamu

Pada bagian trik di atas, Anda disarankan untuk memilih funiture berukuran besar, misalnya sofa berbentuk L untuk memaksimalkan ruang.

Nah, sofa L ataupun furniture lainnya ini harus Anda tata dengan memberikan jarak dengan dinding ruang tamu berukuran luas pada rumah minimalis Anda tersebut. Jarak tersebut harus Anda buat agar memakan luas yang banyak dalam ruang tamu berukuran luas ini. Jarak yang Anda berikan ini tidak boleh terlalu jauh, yakni sejauh 500 cm hingga 1 meter saja.

3. Menambahkan Berbagai Dekorasi

Urutan cara terakhir yang harus Anda lakukan dalam menata ruang tamu berukuran luas pada rumah minimalis yang Anda punyai ini adalah dengan menambahkan beberapa dekorasi pada dinding ruang tamu Anda tersebut.

Silahkan tambahkan beberapa hiasan ataupun dekorasi seperti lukisan, tamanan hias, jam, rak dan lain-lain. Silahkan tempatkan berbagai dekorasi ini tidak terlalu tinggi agar membuat kesan terisi nantinya pada ruang tamu berukuran luas pada rumah minimalis ini.

Demikianlah itu tadi merupakan beberapa trik dan juga cara dalam menata ruang tamu yang luas pada rumah minimalis yang harus Anda ketahui dan lakukan.

Dijamin, semua trik dan urutan cara menata ruang tamu yang luas di atas bila Anda lakukan dengan baik akan memberikan Anda hasil yang maksimal. Keuntungan besar dan berbagai nilai plus lainnya sudah pasti Anda dapatkan bila Anda berhasil menyiasati ruang tamu berukuran luas yang Anda punyai pada rumah minimalis ini dengan baik. Jangan lupa juga untuk memahami cara menata ruang tamu sederhana menjadi nampak istimewa dengan cara yang simpel pada rumah minimalis Anda. (an) editted by RN04102020