Salah satu kriteria ruang tamu ideal adalah simpel, enak dilihat, dan rapi tapi tanpa mengabaikan fungsinya. Untuk mewujudkan hal ini, ada beberapa cara menata ruang tamu sederhana agar terlihat bagus. Beberapa diantaranya adalah dengan mengatur komposisi furniture di dalamnya serta menyesuaikan penataan dengan tema ruangan.

Kita sendiri tahu bahwa ruang tamu merupakan bagian dari interior rumah yang penataannya harus estetis tapi juga fungsional, dalam arti mampu memberikan kenyamanan kepada tamu yang datang.

Bahkan saking pentingnya, ibarat kepribadian si empunya rumah secara tersirat akan nampak dari tampilan ruang tamunya. Atas dasar itulah pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan mengulas untuk Anda  tentang cara menata ruang tamu sederhana tanpa harus ribet tapi tetap bagus.

cara menata ruang tamu sederhana, cara menata ruang keluarga, cara menata ruang tamu yang luas, menata ruang tamu pintu tengah, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, cara menata ruang tamu dan dapur, menata ruang tamu tanpa kursi, menata ruang keluarga sederhana, cara menata ruang tamu ukuran 3x3
Ruang tamu sederhana dengan penataan yang elegan – Diminimalis.com

Tips dan Cara Menata Ruang Tamu Sederhana Minim Budget

Ngomongin soal cara menata ruang tamu sederhana tentu tidak sesederhana yang dibayangkan. Artinya perlu ada sedikit usaha untuk menyusun konsep dan penataannya. Sederhana disini maksudnua ialah tentang bagaimana cara membuat ruang tamu yang kecil bisa terasa luas saat dilihat/digunakan?

Termasuk bicara soal apa saja furniture yang harus ada dan seperti apa strategi penempatannya? Ok baiklah, di bawah ini kami telah merangkum berbagai tips dan cara menata ruang tamu sederhana yang bisa Anda terapkan pada ruang tamu Anda sendiri.

1. Tentukan Konsep yang akan Diusung 

ruang tamu tanpa kursi, desain ruang keluarga lesehan sempit, menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, cara menata ruang tamu dan dapur, ruang tamu lesehan ala arab, ruang tamu lesehan ala jepang, cara menata ruang tamu yang sempit, desain ruang keluarga terbuka, ruang keluarga dengan penataan yang simpel
Ruang tamu tanpa kursi pada interior bergaya Jepang – Diminimalis.com

Pertama, cara menata ruang tamu sederhana yang paling dasar adalah dimulai dari konsep yang diusung.

Anda harus menentukan konsep tata desain interiornya, berapa ukuran ruangannya/space yang akan ditempati furniture, perabotan apa yang akan dipilih serta ukurannya hingga bagaimana mengatur tata letaknya.

Dengan rencana mendetail seperti ini, maka kami yakin pengeluaran  bisa dioptimalkan dengan baik dan tanpa takut membengkak.

Pastikan  tetap memperhatikan kriteria konsep utama dari interior yang lain di rumah minimalis Anda. Cara menata ruang tamu sederhana dengan menerapkan konsep modern minimalis ini akan membuat ruang tamu di rumah  Anda menjadi lebih nyaman namun tidak berlebihan.

2. Sesuaikan Furniture dengan Ukuran Ruangan 

Jika ruang tamu Anda memang bawaannya sudah berukuran luas, tenty cara menata ruang tamu sederhana nantinya akan lebih mudah dan fleksibel dibandingkan ruangan yang serba terbatas. Hal ini karena  Anda bisa menempatkan setiap furniture yang ada jadi lebih bebas, bahkan bisa diubah-ubah sesuai keinginan anda nantinya.

Namun seberapa pun ukuran ruang tamu Anda, tugas Anda bukan merenovasinya menjadi lebih luas lagi. Tapi bagaimana cara membuatnya nyaman dengan konsep penataan furniture yang benar.

3. Sebaiknya Gunakan Warna Cat Dinding/Wallpaper yang Mendukung

Setelah menentukan konsep ruang yang akan digunakan, kini saatnya  memilih warna cat y/wallpaper yang sesuai dengan konsep ruang tamu Anda. Memilih warna cat ataupun wallpaper yang sesuai adalah salah satu cara menata ruang tamu sederhana yang juga paling dasar.

Sangat disarankan supaya  memilih cat berwarna cerah untuk mensiasati ruang tamu sempit agar terlihat sedikit lebih luas/lapang. Hal ini bisa terjadi karena warna cerah pada umumnya akan memantulkan sinar matahari sehingga ruangan akan terkesan lebih terbuka dan luas.

Warna cat yang bisa  pilih seperti krem, putih dan perpaduan antara hijau dengan biru. Selain memainkan warna dinding,  bisa memberikan nuansa luas dengan memasang wallpaper pemandangan alam atau yang selaras.

Jadi pada intinya, sebelum mengatur tata letak barang-barang/furniture di dalamnya, warna ruangan sudah harus ditentukan terlebih dahulu. Sebab jika fokus pada furniture dulu ketika tiba saatnya nanti mengecat atau memasang wallpaper Anda akan repot karena harus memindah mindahkan furniture di dalamnya.

4. Tambahkan Cermin Besar untuk Membantu Mengesankan Ruangan Tampak luas 

Jika ruang tamu Anda berukuran relatif kecil, hal ini bisa disiasati dengan memberikan cermin besar di beberapa titik dinding. Misalnya jika ruangan Anda berukuran 3×3 meter atau lebih kecil dari itu, maka Anda dapat menambahkan cermin di beberapa sisi. Keberadaan cermin ini akan membuat ruang tamu yang tadinya sempit bisa terkesan lebih luas.

Baca juga: Strategi Mendesain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 3×3 Agar Nampak Luas

5. Kreatif Dalam Pemilihan Furnitur: Lebih Baik

Furniture Jati Jepara, furniture jati jepara asli, mebel jati jepara minimalis, mebel jepara minimalis, mebel jepara murah, daftar harga mebel jepara, mebel jati jepara penipuan, katalog mebel jepara, mebel jati jakarta
Set kursi dengan ukuran pas untuk ruang tamu – Diminimalis.com

Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan dan bisa Anda lakukan untuk ruang tamu di rumah minimalis Anda adalah opsi pemilihan furniture. Karena ruangan  terbatas, maka usahakan untuk memilih furniture yang memiliki banyak fungsi sekaligus agar jumlah unit nya tidak terlalu banyak.

Pilih furniture multifungsi sehingga lebih irit space penempatan. Misalnya untuk sofa bisa pilih desain sofa rumah minimalis model sofabed yang mana merupakan sofa yang jika ditarik bisa menjadi tempat tidur.

Jangan lupa untuk memilih kursi atau sofa yang tepat dengan konsep desain ruang tamu Anda. Kursi/sofa dan meja jamuan adalah furniture yang wajib ada di ruang tamu.

Oleh karenanya harus tepat dalam memilih kedua benda ini agar tampilannya saling support. Jika tidak menggunakan kursi  bisa mengusung konsep desain ruang tamu lesehan yang sudah banyak diadopsi banyak orang diluar sana. Tinggal Anda tambahkan karpet yang bisa digunakan untuk duduk dengan nyaman bersama tamu.

6. Tambahkan Kreativitas Dekorasi Ruangan dari Barang Bekas

Jika budget  benar-benar minim atau ingin ada sesuatu yang unik di dalam ruang tamu Anda maka alternatif terbaiknya yaitu dengan membuat dekorasi dari barang bekas. Atau jika soal furniture keberatas secara budget untuk membeli baru juga bisa membeli yang bekas/second. Pilih di olshop facebook atau rekomendasi teman lalu jika sudah dapat, Anda bisa memolesnya agar layak tampil di ruang tamu Anda.

7. Bila Ukuran Ruang Tamu Luas: Gunakan Penyekat

Penyekat antar ruang sangat dibutuhkan jika ruang tamu Anda terlalu luas lebih dari standar atau menyatu dengan ruang lain. Misalnya ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, memberikan penyekat antar ruang adalah salah satu kunci mendapatkan kenyaman pruvasi.

Sekat yang bisa Anda pilih pun bisa bervariasi, bisa menggunakan kaca, gorden, rak, atau furniture tertentu yang bisa menjadi pemisah antar kedua ruangan tersebut. Dengan demikian maka hasil tampilannya akan lebih bagus dan Anda bisa menghemat budget ratusan ribu rupiah.

Mungkin itu saja ulasan singkat kami tentang cara menata ruang tamu sederhana dengan biaya minim tanpa harus ribet. Semoga artikel di atas bermanfaat untuk Anda  yang ingin mendekorasi ruang tamu dengan desain sederhana namun ingin nampak istimewa. Sampai jumpa. (ls) editted by RN12072021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *