Di dunia desain interior sebuah hunian, sudah bukan rahasia lagi jika dua ruangan yang berbeda fungsi bisa dibuat menjadi satu tanpa sekat. Hal ini berlaku juga untuk ruang tamu dan dapur. Ternyata bisa dan bagus juga jika dua ruangan ini digabungkan menjadi satu tanpa sekat. Apalagi, cara menata ruang tamu dan dapur yang menjadi satu juga terbilang cukup mudah. Tinggal menentukan konsep terbuka seperti apa yang cocok untuk mengkombinasikan keduanya.

Pada artikel kali ini, kita akan coba membahas mengenai ide dekorasi seperti apa saja yang bisa diterapkan untuk penyatuan dua ruangan ini. Jika diatur dengan baik maka bukan tidak mungkin, hasil desainnya akan mengalahkan ruangan tunggal masing-masing.

Perkembangan Tren Desain Ruang Tamu Menyatu dengan Dapur

Kita tahu, bahwa dunia desain interior semakin banyak mengalami perubahan dan inovasi dari waktu ke waktu. Salah satu yang paling menonjol adalah gaya minimalis yang kini sudah banyak diadopsi.

Konsep rumah minimalis sendiri kerap menuntut penggabungan beberapa ruangan menjadi satu, seperti halnya ruang tamu dan dapur yang saling berdampingan. Ruang tamu yang fungsinya untuk menerima dan berbincang hangat dengan orang yang datang berkunjung. Sementara dapur adalah area memasak yang biasanya kotor dan tidak pas untuk dekat dengan ruangan penting lain ternyata bisa disatukan.

Lalu apa jadinya jika ruang tamu dan dapur menyatu sesuai dengan arah pembicaraan yang sedang kita bahas? Apakah akan mengganggu aktivitas di masing-masing ruangan tersebut?

Ada beberapa strategi serta cara menata ruang tamu dan dapur yang bisa diusahakan agar hasilnya sesuai keinginan. Prinsip yang harus dipegang ialah kesesuaian konsep yang diusung agar tercipta kesinambungan diantara dua ruangan tersebut.

Beberapa dari Anda mungkin masih bertanya, apakah dengan menyatukan ruang tamu dan dapur tidak akan mengganggu aktivitas? Jawabannya tentu saja tidak jika Anda merencanakan penataannya dengan tepat.

Bahkan Anda akan memiliki keuntungan lebih jika menggunakan cara ini karena akhirnya terdapat spot baru yang bisa mempererat hubungan sesama anggota keluarga saat berada di rumah. Sekarang, mari kita lihat perlakuan seperti apa yang bisa dilakukan jika ide ini diterapkan.

Cara Menata Ruang Tamu dan Dapur, desain dapur dan ruang makan sempit, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, desain dapur dan ruang makan terbuka, desain interior ruang keluarga menyatu dengan dapur, desain dapur dan ruang makan jadi satu, desain dapur dan ruang makan sederhana, desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan, ruang makan sekaligus ruang keluarga
Contoh dekorasi ruang tamu yang menyatu dengan dapur – Diminimalis.com

Cara Menata Ruang Tamu dan Dapur Minimalis jadi satu

Jika Anda ingin menata ruang tamu sekaligus dapur, tidak ada salahnya untuk mencoba cara di bawah ini. Tentu saja, terdapat beberapa perabotan yang perlu Anda ubah posisinya, atau bahkan Anda ganti dengan yang baru jika memang sangat dibutuhkan.

mini bar cantik, minibar rumah minimalis, contoh mini bar rumah minimalis
tambahkan mini bar dengan furniture kursi bar yang cantik di dapur minimalis Anda – diminimalis.com

• Usung Konsep Bar

Ide yang pertama tentu saja dengan melepaskan sekat antara dapur dan ruang tamu, kemudian mengganti sekat tersebut dengan meja ala bar. Meja ini selain dapat digunakan untuk membedakan ruang masak dan tempat duduk ruang tamu, juga dapat Anda fungsikan sebagai tempat sarapan pagi yang super minimalis.

Tentunya dengan penambahan meja sebagai sekat tersebut akan memberikan lebih banyak tempat jika ada beberapa tamu yang datang ke rumah Anda.

• Tidak Salah Double-function Room

Apabila Anda hanya menginginkan satu ruang untuk dijadikan sebagai ruang makan dan ruang tamu, maka tidak ada salahnya untuk mengganti meja makan Anda dengan meja yang lebih catchy untuk tamu.

Anda dapat mengganti meja makan dengan kursi dan meja rotan yang memiliki warna senada dengan dapur. Secara otomatis, meja tersebut nantinya dapat menjadi furniture ruang tamu Anda yang sangat unik.

• Jangan Khawatir dengan Konsep Klasik Minimalis

Ide dan cara menata ruang tamu dan dapur yang selanjutnya adalah konsep minimalis dengan perabotan klasik yang identik dengan warna kayu. Bisa juga hitam putih atau pastel untuk mengedepankan suasana yang fresh di ruangan.

Anda hanya membutuhkan satu set kursi dengan meja dan diletakkan persis di depan dapur Anda. Tentunya tamu akan lebih leluasa berbincang ketika rumah Anda memiliki konsep klasik karena mampu membuat suasana lebih rileks.

• Bisa juga Adopsi gaya Scandinavian Mewah

Siapa yang bilang bahwa desain interior ruang tamu menyatu dengan dapur tidak dapat terlihat mewah? Anda tentu dapat mewujudkannya dengan memilih perabotan yang tepat. Seperti salah satunya kitchen set yang berwarna putih tulang disertai dengan sofa panjang yang nyaman.

Perpaduan dua perabotan dengan warna senada tersebut akan membuat tamu merasa nyaman dengan interior yang tidak membosankan.

• Tambahkan sekat kaca “You Can See”

Cara menata ruang tamu dan dapur selanjutnya yang dapat Anda gunakan adalah dengan memberikan sekat kaca yang transparan antara ruang tamu dengan dapur Anda. Tidak perlu set meja dan kursi, cukup meja ala bar saja sudah cukup untuk ada di dapur Anda.

Meskipun diberikan sebuah sekat, konsep ini sangatlah minimalis dan seolah menyatu karena ruang tamu dan dapur masih dapat terlihat dengan jelas alias You Can See.

Cara Menata Ruang Tamu dan Dapur, desain dapur dan ruang makan sempit, menata ruang tamu sekaligus ruang keluarga, desain dapur dan ruang makan terbuka, desain interior ruang keluarga menyatu dengan dapur, desain dapur dan ruang makan jadi satu, desain dapur dan ruang makan sederhana, desain ruang keluarga menyatu dengan ruang makan, ruang makan sekaligus ruang keluarga
Ruang tamu dan dapur sederhana dengan konsep minimalis – Diminimalis.com

• Konsep Sederhana

Desain dapur dan ruang tamu sederhana selanjutya mungkin cocok untuk Anda yang sedang menghemat budget. Anda cukup memberikan tambahan kursi kayu yang ramping di bagian dapur Anda, yang secara otomatis dapat langsung Anda gunakan sebagai tempat berakrab ria dengan tamu Anda.

• Gunakan U-Kitchen Set

Beberapa kitchen set sekarang juga dapat Anda pilih untuk mewujudkan konsep minimalis pada ruang tamu dan dapur. Anda dapat memilih kitchen set yang melengkung membentuk huruf U dan menghadap langsung ke bagian ruang tamu dengan tidak memberikan sekat.

Secara otomatis, Anda dapat mewujudkan dua ruangan menjadi satu namun tetap terlihat rapi.

• Wall-mounted Chair

Apabila Anda merasa ruang dapur Anda sudah cukup kecil, maka pilihlah inovasi bangku terbaru yang menempel di dinding untuk mempersempit ruang dalam dapur. Anda tentunya harus menyakan warna dan desain kursi tambahan dengan dapur yang telah Anda buat agar tampil serasi.

Cara menata ruang tamu dan dapur di atas tentu saja dapat Anda pilih dan sesuaikan dengan konsep minimalis rumah Anda. Sebagai catatan, jangan sampai perubahan yang telah Anda buat akan mengubah keserasian ruangan lain seperti kamar atau ruang kerja Anda.

Pastikan bahwa seluruh ruangan harus memiliki tema yang sama dengan tujuan menjaga konsep minimalis dan juga menambah nilai artistik interior rumah Anda.

Baca juga: Ide Desain Ruang Tamu Menyatu dengan Ruang Keluarga ala Diminimalis

Hal Lain yang Juga Penting: Anggaran Kebutuhan Desain Interior

Beberapa konsep di atas memang membutuhkan perabot khusus guna mempercantik interior dapur dan ruang tamu. Apabila Anda belum memiliki perabotan yang diinginkan, tentu saja Anda harus mengeluarkan anggaran untuk memesan atau membeli perabotan yang paling sesuai.

Untuk itu, jangan lupa untuk tetap berprinsip penghematan. Beli yang dibutuhkan saja sesuai dengan prioritas yang diinginkan. Semoga ide desain ruang tamu dan dapur Anda berjalan sesuai harapan.

Mungkin demikianlah ulasan dari kami tentang cara menata ruang tamu dan dapur dengan konsep minimalis kekinian. Pastikan bahwa sebelum Anda melakukan perombakan terhadap desain ruang tamu, pastikan anggaran sudah diperhitungkan. Pastikan juga Anda sudah memahami cara menata ruang tamu sederhana menjadi nampak istimewa ala diminimalis.(us) editted by RN19112020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *