Tips dan Cara Menata Ruang Komputer Pribadi

Ruang komputer dalam hal ini berarti ruang kerja/belajar yang dibuat khusus untuk ada di dalam rumah. Biasanya, lokasinya ditempatkan pada space khusus, terpisah dengan ruangan lain. Meski tidak jarang juga ditempatkan menyatu dengan kamar tidur atau ruang keluarga. Paling hanya menambahkan partisi ruangan jika mengingkan suasana sedikit privat.

Mengingat ruang komputer kaitannya dengan laptop atau PC yang berarti ada sumber listrik disitu. Maka, strategi dan cara menata ruang komputer pribadi menjadi penting untuk dipikirkan masak-masak. Tujuannya, agar ruangan yang dipakai bisa berfungsi maksimal tanpa berpotensi menimbulkan risiko buruk yang besar.

Manfaat Keberadaan Ruang Kerja Pibadi di Rumah

Bagi orang kantoran, tidak bisa dipungkiri bahwa meskipun pekerjaan sudah beres di kantor pasti tetap ada saja yang perlu dikerjakan lagi di rumah. Disinilah peran fungsi ruang komputer sehingga cukup penting untuk dibuat. Berikut beberapa kelebihan dan manfaat dari memiliki ruang kerja pribadi di rumah Anda.

Meski tidak ngantor, ruang komputer bisa untuk aktivitas penting pribadi

Tidak sedikit orang yang kesulitan menemukan tempat untuk fokus mengerjakan suatu urusan pribadi. Adanya ruang kerja di rumah bisa Anda alokasikan khusus untuk melakukan aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan selain kantor. Jika Anda orang yang punya usaha dari rumah, maka ruang kerja pribadi akan sangat berguna untuk memfasilitasi kesibukan Anda.

Ruang kerja menunjukkan profesionalitas Anda

Dalam kesempatan tertentu, tuntutan pekerjaan dari kantor bisa saja mendadak ada. Anda sudah sampai rumah dengan santainya namun harus mengirim email atau diminta mengerjakan projek tambahan. Nah, ruang kerja pribadi ini bisa Anda gunakan untuk menuntaskan pekerjaan semacam itu. Lihat bagaimana efek dari ruang kerja pribadi mendukung sisi perfeksionis dan profesionalitas Anda.

Ruangan tambahan yang elegen dan multifungsi

Ruang kerja bukan berarti ruangan yang selalu dikhususkan hanya untuk hal-hal berbau pekerjaan dengan komputer atau laptop saja. Ruangan ini bisa dipakai untuk kegiatan lain yang terkait seperti misalnya membaca buku atau menonton film.

Gudang penyimpanan dokumen atau alat-alat penting

Selama ini mungkin Anda kebingungan mencari lokasi yang tepat untuk menyimpan dokumen-dokumen penting Anda. Dengan adanya ruang kerja, maka Anda tak perlu bingung lagi. Anda bisa gunakan ruangan ini untuk menyimpan dokumen penting seperti surat tanah, identitas keluarga, dan sebagainya.

Anda jadi tidak perlu takut kesulitan mencarinya lagi saat dibutuhakan. Tinggal tambahkan laci dan wadah khusus maka akan terlihat jauh lebih rapi.

Pentingnya Mengatur Ruang Komputer untuk Menunjang Produktivitas

Ruang komputer pribadi esensinya adalah produktivitas kerja saat di rumah. Umumnya, ruang komputer baik yang ada di tempat kerja, sekolahan, atau di rumah, identik dengan kesan kaku dan serius.

Padahal, agar produktivitas meningkat, diperlukan tips dan cara menata ruang komputer pribadi yang lebih fleksibel, nyaman, santai namun tetap mendukung suasana kerja. Demi tujuan itu, anda bisa memoles beberapa elemen penting yang bisa diubah untuk menunjang kenyamanan yang dimaksud.

 cara menata ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, deain ruang komputer pribadi, ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah

ruang komputer dengan jendela lebar yang membuat udara selalu segar – diminimalis.comruang kpmMengingat fungsinya yang serius, perlakuannya tidak mungkin sama dengan ruangan lain yang biasanya hanya butuh kerapian dan kebersihan saja. Ruang komputer membutuhkan perhatian lebih detail karena di dalamnya terdapat banyak komponen elektronik yang rentan terhadap kerusakan. Bahkan berpotensi membahayakan lantaran kaitannya dengan elemen kelistrikan.

Jadi, nanti fokusnya ada dua, yaitu membuat ruangan tersebut nyaman, sekaligus mengaturnya agar aman. Membuat ruang kerja nyaman bisa diusahakan dengan mengatur segala elemen di dalamnya tertata dengan rapi dan enak dilihat.

Sementara membuatnya aman berarti bagaimana caranya agar alat-alat elektronik di dalamnya instalasinya teratur. Yakni, diupayakan agar jangan sampai membahayakan Anda atau siapapun yang menggunakan ruangan tersebut.

Cara Menata Ruang Komputer Pribadi di Rumah dengan Tepat

Untuk merencanakan pembangunan ruang komputer pribadi, tentu ada beberapa elemen yang perlu dipertimbngkan secara detail. Hal ini bertujun untuk memaksimalkan fungsi ruang komputer agar dapat digunakan secara maksimal.

Di sisi lain, Anda juga perlu mengetahui luas total space ruangan dan kesesuaiannya dengan furniture. Untuk membantu Anda memahami cara menata ruang komputer pribadi di rumah, berikut ini beberapa panduan yang bisa Anda ikuti:

1. Ukurlah panjang dan lebar space yang nantinya akan digunakan sebagai ruang komputer pribadi Anda. Gambar sketsa kasarnya pada selembar kertas. Mengetahui ukuran space akan berguna untuk memperkirakan ukuran meja yang akan dipakai beserta pelengkapnya.

ruang komputer pribadi, desain ruang kerja pribadi, ruang kerja di rumah

ruang komputer dengan sirkulasi udara alami yang maksimal – diminimalis.com

2. Perhatikan sirkulasi udara ruangan. Pastikan bahwa penempatan furniture dan benda-benda lainnya tidak menggangu akses keluar-masuk udara segar dari dan ke dalam ruangan. Pastikan ada jendela atau bukaan sejenis untuk memberi jalan udara bersirkulasi.

3. Bila ruang kerja Anda minim dari paparan cahaya matahari, maka tambahkan lampu pencahayaan lain untuk dipasangkan di ruangan tersebut. Lampu tambahan ini akan sangat bermanfaat untuk membantu Anda beraktivitas saat kekurangan cahaya siang hari saat mendung. Malam hari? Apa lagi.

4. Kurangi mengandalkan lampu utama di langit-langit karena bisa jadi cahayanya terlampau terang atau bahkan terlalu redup. Matikan saja saat sedang sibuk di meja kerja jika mau berhemat. Untuk ruang kerja, sebaiknya gunakan pencahayaan sekunder ala standing lamp cantik agar cahayanya lebih fokus.

5. Selama di ruangan, gunakan pelindung mata untuk mengurangi kelelahan ketika terlalu lama menatap layar komputer. Pelindung mata ini bisa berupa layar yang ditempelkan pada monitor, atau kacamata khusus untuk melindungi mata lelah saat bekerja di depan komputer.

6. Pada ruang komputer, tidak disarankan menggunakan wallpaper, terlebih yang memiliki motif ramai. Sebab, keberadaannya akan membuat ruangan terlihat penuh sesak, dan berpotensi mengalihkan perhatian Anda. Lebih baik dinding polos guna menunjang konsentrasi di depan komputer jadi lebih baik.

7. Rapikan kabel-kabel yang berasal dari benda-benda elektronik Anda, supaya tidak membahayakan siapapun yang berada di dalam ruangan. Jika mau dipasang stop kontak dengan banyak lubang misalnya untuk mengisi daya handphone atau kipas angin duduk, pasang ayng rapi dan tersembunyi.

8. Bila Anda berlangganan internet dengan sistem nirkabel, lindungi wifi Anda menggunakan password, supaya jaringan Anda tidak mudah terkena malware atau diretas oleh orang lain.

Sebenarnya masih banyak hal tentang cara menata ruang komputer pribadi  agar hasilnya maksimal. Beberapa elemen penting bisa Anda tambahkan agar ruang komputer pribadi Anda bisa berfungsi maksimal. Namun pada intinya, asal ruangan sudah bisa berfungsi maksimal, tidak perlu terlalu banyak menambahkan dekorasi. Ingat bahwa yang Anda desain adalah ruang kerja sehingga kebutuhan fokus pada perkejaan adalah hal utama.

Mungkin itu dulu ulasan dari kami tentang cara menata ruang komputer pribadi di rumah minimalis Anda. Dengan memiliki ruang komputer yang kondusif untuk bekerja, fokus Anda tidak akan mudah untuk teralihkan pada hal-hal lain yang mengganggu. Semoga bermanfaat.(ls) editted by RN23052020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.