Ada banyak cara menata ruang keluarga sempit. Salah satu strateginya adalah dengan meminimalisasi perabot tambahan, termasuk juga mengurangi dekorasi yang tidak terlalu penting. Ini adalah prinsip dasar cara menata ruang keluarga sempit dan mungil, bahkan cocok untuk diterapkan tidak hanya di ruang keluarga namun ruangan lain juga. Jika Anda bisa mempraktekkannya maka kami yakin tidak akan ada masalah soal sempitnya ruangan.

Selanjutnya, jika ingin menghadirkan ruang keluarga yang tidak hanya berfungsi biasa saja, Anda bisa menambahkan beberapa elemen pendukung lainnya. Misalnya dengan mengatur warna cat ruangan, penambahan karpet lantai, tirai, dan sebagainya. Nah, ide-ide tambahan seperti inilah yang akan kami coba bahas lebih jauh pada artikel kali ini.

Prinsip Dasar Dekorasi Ruang Keluarga Sempit

Ruang keluarga merupakan salah satu ruanagan penting yang sering kali menjadi tempat berkumpul sesama anggota keluarga. Termasuk di momen-momen tertentu seperti lebaran, ruang ini biasanya akan sangat terpakai untuk tempat ngumpul sanak famili.

Nah, pastinya bila ruangan keluarga di rumah Anda ini terlihat sempit ditambah pengaturannya kurang baik maka tentu jadi tidak nyaman. Disinilah pentingnya untuk Anda mengetahui bagaimana cara menata ruang keluarga sempit yang terbaik agar telihat luas dan nyaman dipakai.

Ruang keluarga pada rumah berkonsep minimalis sebetulnya penataannya cukup simpel. Yaitu, cukup perabot-perabot yang menunjang untuk bersantai saja yang dipasang. Tidak perlu menambah terlalu banyak furniture karena justru akan semakin membuat ruangan makin sempit dan sumpek.

Meminimalisasi furniture yang kurang penting untuk tujuan kenyamanan adalah hal yang urgent mengingat ruangan yang satu ini fungsi utamanya adalah tempat bersantai dan berkumpul. Jika tidak mampu menghadirkan kenyamanan maka fungsi utamanya akan terbengkalai.

 Cara Menata Ruang Keluarga Sempit, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, menata ruang tamu tanpa kursi, menata ruang tv, ruang makan sekaligus ruang keluarga, desain ruang tv sempit, menata ruang tamu pintu tengah, cara menata ruang tamu dan dapur
Ruang keluarga sempit dengan penataan yang efisien – Diminimalis.com

Ide dan Cara Menata Ruang Keluarga Sempit Agar Terlihat Luas

Setelah di atas dibahas mengenai konsep dasar dekorasi ruang keluarga sempit dari sisi penataan furniture. Sekarang kita akan coba gali beberapa ide penambahan dekorasi mulai dari warna ruangan hingga elemen-elemen kecil seperti karpet, tirai, dan sebagainya.

Baca juga: Ruang Keluarga Lesehan, Penambah Kedekatan Anggota Keluarga Anda

Anda hanya perlu menerapkan ide cara menata rumah ruang keluarga sempit agar terlihat luas untuk tujuan kenyamanan dan kepuasan keluarga. Pada rumah minimalis, ide ini akan membantu Anda mendapatkan banyak keuntungan. Baiklah tidak perlu lama-lama, berikut ini adalah beberapa ide terbaik dalam menata ruang keluarga yang sempit agar terlihat luas:

1. Pilih Cat Ruangan Warna Cerah

Cat warna yang cerah ini sudah terbukti membuat sebuah ruangan sempit jadi terlihat lebih luas, termasuk ruang keluarga. Dengan cat warna cerah pada dinding ruangan ini maka akan memberikan kesan terang dan segar.

Dengan begitu, kenyamanan Anda dan keluarga dapat terwujud dengan baik. Hindari pemilihan cat berwarna gelap karena cahaya akan terserap oleh warna tersebut dan membuat ruang keluarga terkesan suram.

2. Tambahkan Cermin pada Salah Satu Dinding

Cermin yang Anda pasang pada ruang keluarga rumah minimalis Anda akan menciptakan kesan ruangan yang besar. Ide ini juga sudah digunakan tidak hanya pada ruang keluarga sempit saja, tetapi juga pada toko perbelanjaan dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

Anda bisa membingkai cermin tersebut dengan warna ataupun hiasan lainnya agar semakin mempercantik ruangan. Dijamin, dengan adanya cermin, ruangan sempit akan terbantu sehingga jadi lebih nyaman.

3. Pasang Karpet Bermotif Pola

hiasan karpet ruang tamu, karpet lantai, macam macam karpet lantai dan harganya, harga karpet minimalis, karpet ruang tamu lesehan, karpet yang cocok untuk ruang tamu, karpet lantai kamar, karpet untuk ruangan sempit, harga karpet murah
Pilihlah karpet terbaik untuk ruang keluarga Anda – DIminimalis.com

Ide berikutnya tentang cara menata ruang keluarga sempit agar terlihat luas adalah dengan mamasang karpet dengan motif pola.

Karpet dengan motif pola yang Anda pasang ini juga menjadi salah satu ide mempercantik ruang keluarga. Kesan nyaman juga akan Anda dapatkan berkat karpet bermotif pola tersebut.

4. Pasang Jendela dengan Tirai Besar

Pemasangan jendela dengan tirai besar ini akan memberikan kesan luas pada ruang keluarga Anda. Pencahayaan juga akan lebih baik sehingga akan terlihat lebih terang dan nyaman nantinya. Selain itu, penambahan tirai besar akan semakin mempercantik ruangan.

5. Pasang Lantai dengan Pola Strip

Ruang keluarga Anda yang sempit akan terlihat lebih luas lagi dengan Anda memasang lantai berpola strip alias garis-garis vertikal. Hal ini merupakan ilusi mata yang berguna memberikan Anda kenyamanan ketika berada di ruang keluarga tersebut. Konsepnya sama seperti pakaian berpola garis horizontal yang terlihat lebih lebar.

Urutan Cara Menata Ruang Keluarga Sempit Agar Terlihat Luas

Ide mengenai cara menata ruang keluarga sempit agar terlihat luas di atas ini haruslah dilengkapi dengan urutan penataan yang tepat. Tanpa Anda menata dengan urutan yang tepat, mustahil kepuasan maksimal akan Anda dapatkan. Berikut ini adalah beberapa urutan cara dalam menata ruang keluarga yang sempit agar terlihat luas:

1. Memasang Lantai Paling Tepat dan Nyaman

Urutan pertama dalam menata ruang keluarga yang sempit agar terlihat luas adalah dengan memasang lantai terbaik dan nyaman. Nah, lantai yang paling direkomendasikan sesuai dengan ide di atas adalah yang berpola strip alias garis vertikal. Pilih lantai dengan bahan yang bagus agar keluarga nyaman ketika berada di dalamnya.

2. Memilih Furniture yang Ramping Alias Kecil

 Cara Menata Ruang Keluarga Sempit, cara menata ruang tamu yang menyatu dengan ruang keluarga, ruang keluarga dengan penataan yang simpel, menata ruang tamu tanpa kursi, menata ruang tv, ruang makan sekaligus ruang keluarga, desain ruang tv sempit, menata ruang tamu pintu tengah, cara menata ruang tamu dan dapur
Pilihlah furniture ramping untuk ruang tamu sempit Anda – Diminimalis.com

Cara selanjutnya yang harus Anda lakukan dalam menata ruang keluarga yang sempit agar terlihat luas adalah memilih furniture yang ukurannya kecil alias ramping. Hal tersebut dikarenakan furniture kecil tidak akan terlalu memakan tempat yang luas. Jangan lupa memilih furniture seperti sofa berwarna cerah agar ruang keluarga Anda tidak terlihat penuh.

3. Meletakkan Furniture Tanpa Jarak dengan Dinding

Urutan cara berikutnya yang harus Anda lakukan dalam menata ruang keluarga yang sempit agar terlihat luas ini adalah meletakkan berbagai furniture berukuran ramping tersebut menempel pada dinding alias tanpa jarak. Hal tersebut dikarenakan akan membuat ruang sisa lebih besar lagi dan dapat Anda gunakan untuk menampung sanak keluarga Anda lebih banyak lagi.

4. Menambahkan Berbagai Hiasan Tambahan

Urutan terakhir dalam menata ruang keluarga yang sempit agar terlihat luas ini adalah menambahkan berbagai hiasan tambahan yang mampu meperluas ruang. Beberapa hiasan tambahan tersebut seperti cermin ataupun funiture multifungsi dalam ruang keluarga tersebut. Pastikan berbagai hiasan tambahan tersebut disesuaikan dengan konsep rumah Anda.

Itulah tadi informasi mengenai ide dan urutan cara menata ruang keluarga sempit agar terlihat lebih luas yang harus Anda ketahui serta lakukan. Semua infomasi di atas ini sudah terbukti akan memberikan hasil yang maksimal pada banyak rumah minimalis. Jadi, silahkan untuk menerapkan semua tips di atas,pada penataan ruang keluarga Anda. Sedangkan untuk ruang tamu, sebaiknya Anda juga memahami cara menata ruang tamu sederhana tapi terlihat mewah dengan cara yang simpel. Semoga bermanfaat! (an) editted by RN07102020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *