Cara Menata kitchen Set yang Tepat untuk Dapur Rumah Minimalis Anda

Peralatan yang diperlukan untuk kegiatan operasional dapur sering disebut dengan kitchen set. Ada banyak varian alat dapur dengan nama dan merek yang berbeda-beda. Namun, kali ini kita hanya akan membahas tentang bagaimana cara menata kitchen set supaya rapi dan bagus.

Kita tahu bahwa peralatn dapur selaian memiliki fungsi dan keghunaannya masing-masing tentu ukurannya juga berbeda. Setiap ibu rumah tangga biasanya meletakkan peralatan dapur termsuk kompor di tempat yang memang nyaman untuk aktivitas memasak. Untuk lemari kecil menempatkan bahan-bahan dapur jika memungkinkan, buatlah se classy mungkin.

Hal Penting tentang Cara Menata Kitchen Set di Dapur

Meski terlihat sepele karena sudah ada lemarinya, namun jika ingin tampilannya benar-benar sempurna maka harus diperhatikan soal penataannya. Dimana pajangan rak piring dan gelas akan diletakkan, dimana peralatan dapur yang berat, dan sebagainya.

Intinya, bahwa cara menata kitchen set yang tepat merupakan bagian penting untuk menunjang aktivitas masak memasak yang efisien dan bersih. Oleh karena itu tak salah rasanya jika Anda menata kitchen set dan peralatan dapur lainnya dengan urutan dan letak yang benar sehingga workflow di dapur Anda lancar. Selain itu, penataan dapur yang benar dan sesuai dengan selera juga dapat meningkatkan mood Anda saat beraktifitas di dapur. Memasak dan bersih-bersih pun bisa jadi lebih menyenangkan.

Desain Kitchen Set Minimalis, Desain Kitchen Set Minimalis modern, harga Kitchen Set Minimalis
kitchen set dengan optimasi raung penyimbanan uang efisien – diminimalis.com

Cara menata kitchen set yang baik dan benar untuk dapur rumah minimalis Anda

Agar dapur Anda terlihat bersih, rapi dan tetap fungsional, berikut merupakan tips menata dapur yang bisa Anda terapkan :

Urutan yang Benar

Sesuaikan urutan penempatan barang saat Anda memasak, misalnya wastafel untuk mencuci bahan makanan, meja untuk potong memotong, kompor untuk memasak, oven, tempat penyimpanan bumbu-bumbu dan sebagainya. Semua harus diatur agar Anda tak harus bolak-balik di dapur saat mengerjakan sesuatu. Selain itu penataan yang benar akan memudahkan Anda menemukan berbagai peralatan dapur saat dibutuhkan.

Pilih Bahan Pembuat Kitchen Set yang Kuat

Agar kitchen set Anda tahan lama dan tetap fungsional meski dipakai dalam jangka waktu yang lama, pastikan untuk memilih perabotan dapur dari material yang kuat, seperti kayu solid (hardwood) dan stainless steel.

Cara menata kitchen set, Desain Kitchen Set Minimalis, Desain Kitchen Set Minimalis modern, harga Kitchen Set Minimalis
pilihlah warna yang pas untuk kitchen set Anda – diminimalis.com

Pilih Warna yang Pas

Meski sebenarnya warna bebas ditentukan oleh Anda sebagai pemilik rumah, namun disarankan untuk memilih warna terang untuk dapur kecil untuk memberi kesan luas dan lapang. Jika ingin memakai warna gelap, ada baiknya diaplikasikan di bagian-bagian tertentu saja. Dengan pemilihan warna interior dapur yang tepat Anda akan dapat meningkatkan mood Anda saat memasak.

Tentukan Ukuran yang Pas

Jika Anda memiliki ruang dapur yang terbatas, ada baiknya memilih ukuran perabotan dapur yang pas. Misalnya memilih lemari es dan kompor yang berukuran sedang dan membuat lemari kabinet bersusun ke atas untuk menghemat ruang. Semua ini bergantung pada selera dan luasnya dapur minimalis Anda.

Untuk memudahkan Anda saat memasak, buatlah beberapa laci pada pinggir meja dapur sebagai tempat menyimpan alat-alat masak, seperti pisau, alat-alat menggoreng, termasuk perlengkapan untuk makan. Anda juga dapat menempatkan satu keranjang sampah tertutup di bawah meja dapur agar sisa bahan memasak dapat langsung dibuang dengan rapi.

Peletakan Perkakas Dapur

Ada baiknya kita memisahkan ruang peralatan berdasarkan intensitas pemakaiannya. Sediakan laci atau tempat terjangkau untuk meletakkan peralatan yang sering digunakan, supaya Anda tidak kerepotan saat hendak menggunakannya. Untuk peralatan-peralatan yang jarang digunakan, lebih baik ditempatkan di area terpisah sehingga tidak mengganggu mobilitas Anda selama berada di dapur.

Jadi, meskipun ada banyak cara menata kitchen set agar rapi, namun sebaiknya pilih desain terbaik. Ada banyak jenis desain kitchen set berdasarkan jenis kayu yang digunakan. Anda tinggal menyesuaikan dengan keinginan dan budget yang Anda miliki.

Kemudian untuk penataannya bisa Anda sesuaikan dengan selera. Peletakkan barang-barang bisa disusun berdasarkan tingkat intensitas penggunaannya.

Mungkin cukup itu dulu ulasan kami tentang cara menata kitchen set pada rumah minimalis. Tentu Anda bisa menambahkan referensi di atas dari sumber yang lain. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN07022020


Comment