Keberadaan gudang di rumah sangat bermanfaat untuk menempatkan berbagai jenis barang kurang terpakai agar tidak tercecer dan terlihat tamu. Untuk itu, dalam menata gudang di rumah juga harus tertib. Ada beberapa tips dan cara menata gudang rumah yang bisa Anda praktekkan. Dengan menatanya serapi mungkin maka fungsinya akan lebih terlihat dan yang jelas tidak mengganggu pemandangan.

Namun begitu sebelumnya Anda harus tahu dulu barang apa saja yang Anda taruh di gudang. Sederhananya, fungsi gudang di rumah Anda untuk menyimpan apa saja. Jika isinya random maka bisa nanti dibuat kelompok barang agar lebih rapi. Jadi siapkan saja karung atau kardus khusus yang bisa memuat barang-barang di gudang Anda.

Tips Simpel Menata Gudang di Rumah

Hal simpel jika tidak diperhatikan bisa merepotkan, termasuk dalam urusan menata gudang. Percayalah Anda akan dibuat kerepotan bila dibiarkan tidak tertata dalam waktu lama. Menata gudang dengan benar maka Anda akan lebih mudah untuk meletakkan dan mengambil kembali barang yang Anda simpan di tempat tersebut. Pada kesemaptan kali ini, diminimalis akan mengulas tentang cara menata gudang supaya lebih rapi dan efisien.

Gudang adalah sebuah ruangan yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang.Karena digunakan untuk menyimpan berbagai macam barang, biasanya gudang berpotensi untuk menyimpan debu.Karena itu, peletakan gudang perlu diperhatikan agar tidak mengganggu aktivitas lain dalam bangunan tersebut.

Gudang sebaiknya terletak di lokasi yang tidak lembap agar barang-barang Anda tak gampang rusak. Asal tidak lembap, gudang bisa diletakkan di mana saja. Agar tak menghabiskan lahan pada rumah tinggal, gudang bisa diletakkan di bawah tangga atau di loteng. Biasanya gudang ini mencakup banyak sekali barang dan jenis-jenis lain.

cara menata gudang, cara menata gudang di rumah, tips merapikan gudang
Cara menata Gudang di rumah Anda dengan rapi – diminimalis.com

Cara menata gudang pada rumah minimalis

Gudang perlu ditata secara rutin, supaya suatu saat Anda tidak kerepotan bila barang-barang di gudang sudah semakin banyak. Berikut ini diminimalis mengulas untuk Anda tentang cara menata gudang supaya lebih rapi dan efisien.

• Taruhlah barang berukuran besar terlebih dahulu

Letakkan secara berurutan barang –barang Anda dimulai dari yang lebih besar lalu berikutnya disusul barang yang lebih kecil. Hal ini akan memudahkan Anda untuk mencari barang yang akan dipakai lagi.

• Perhatikan intensitas pemakaian

Sebaiknya perhatikan intensitas pemakaian barang-barang yang akan dimasukan pada gudang. Bila barang tersebut dirasa akan dipakai kembali dalam jangka waktu yang dekat atau bahkan sering digunakan, maka sebaiknya Anda letakan pada sudut yang mudah di jangkau.

Furniture yang tidak terpakai dan kenang-kenangan dapat disimpan di bagian belakang gudang karena akan jarang tersentuh. Selain itu, saat menumpuk barang, prioritaskan kotak yang berat berada lebih bawah ketimbang yang ringan.Jangan menumpuknya terlalu tinggi.

cara menata gudang, cara menata gudang di rumah, tips merapikan gudang
Cara menata Gudang di rumah agar nyaman untuk menyimpan atau mengambil barang yang hendak digunakan – diminimalis.com

• Bersihkan secara berkala

Meskipun gudang tidak sering terjangkau oleh anggota keluarga, maka sebaiknya Anda harus memberiskan secara berkala. Sapulah gudang seminggu sekali supaya tidak ada tikus yang akan merusak barang barang Ada di gudang.

Semprotkan kamper atau prodak penyerap bau di setiap sudut yang rawan serangga. Dengan begini, Anda bisa lebih tenang meninggalkan barang-barang yang ada di gudang karena tidak akan sudah terlindung dari serangga

• Kelompokkan sesuai kategori

Misal, alat olahraga, dokumen, buku, intinya kelompokkan barang serupa sehingga akan mudah saat mencari lokasi penyimpanan nanti. Untuk barang yang tidak terpakai, seperti koran bekas, majalah kadaluwarsa, atau buku yang sudah tidak bermanfaat lagi keberadaannya langsung saja di buang.

• Berikan Ventilasi

Gudang yanga baik adalah gudang yang memiliki ventilasi. Sebuah ventilasi tidak harus besar dan terbuka bentuknya. Ukuran dan bentuknya dapat disesuaikan agar privasi Anda tetap terjaga.
Untuk mendapatkan udara yang segar melalui ventilasi Anda, sebaiknya Anda memperbanyak memperbanyak tanaman di hadapan ventilasi rumah Anda. Letakkan beberapa tanaman dalam pot di dalam rumah atau Anda bisa menggunakan tanaman rambat sekaligus menambah estetika rumah Anda.

Baca juga: Menata Mainan Anak di Rumah Minimalis dengan Cara Simpel dan Efisien

• Gunakan racun serangga

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membasmi serangan serangga yang ada di gudang Anda, salah satunya yaitu dengan cara menggunakan racun serangga. Racun serangga tersebut biasanya merupakan insektisida untuk serangga.

Apa itu insektisida? Insektisida adalah pestisida yang biasanya digunakan untuk memberantas serangga, contohnya yaitu seperti kecoak, nyamuk, rayap, kutu busuk, belalang, semut, ulat, wereng, dan lain-lain. Semua insektisida yang telah disebutkan tersebut pastinya bisa membasmi serangga sehingga serangga tidak akan muncul lagi.

Pada prinsipnya, cara menata gudang seperti apapun besarnya tetap mudah jika Anda tahu kuncinya. Fokuslah pada jenis barang-barang Anda yang ditaruh di gudang. Cari ide pengepakan yang benar agar rapi dan tidak berantakan. Jika barang rapi maka sama dengan gudang juga rapi.

Jadi begitulah cara menata gudang di rumah supaya lebih rapi dan efisien. Semoga bermanfaat dan segera Anda praktekkan di rumah. (ls.) editted by RN05022021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *