Begini Cara Menata Cermin yang Tepat di Rumah Minimalis Anda

Saat ini, cermin sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari sebuah rumah. Penggunaan cermin yang tidak hanya sekedar alat “berdanda” jadi salah satu alasan penting kenapa perlu dipikirkan pemilihan dan penataannya. Dengan kata lain, beberapa ruangan dalam rumah yang hendak mengadopsi cermin di dalamnya mesti diatur strategi penempatannya.

Adapun cara menata cermin yang tepat di rumah minimalis dimulai dari pemilihan produknya. Yaitu, dari bagaimana Anda memilih cermin yang sesuai dengan kondisi ruangan.

Ukuran, bentuk, dan kualitas mesti dipertimbangkan masak-masak sedari awal. Sebab, dari sinilah biasanya masalah akan muncul, akan di tempatkan dimana dan disisi mana yang tepat agar tidak mengganggu.

Untuk itulah, artikel diminimalis kali ini hadir guna membantu Anda mempertimbangkan penataan cermin di rumah Anda. Simak sampai selesai ya.

Pentingnya Keberadaaan Cermin di Rumah Minimalis Anda

Fungsi cermin perlahan sudah mulai bergeser dari yang tadinya hanya untuk berkaca, menjadi salah satu elemen penunjang estetika ruangan. Selain itu, tentu ada fungsi lain yang bisa digali dari manfaat memiliki cermin di rumah Anda, daiantaranya:

1. Cermin menunjukkan bahwa Anda adalah seorang yang terbuka dan menarik

Secara psikologi, cermin mampu mengindikasikan kepribadian seseorang. Hal ini terefleksikan dari sifat cermin yang berfungsi untuk memantulkan apapun yang ada didepannya.

Memiliki cermin berarti Anda sering meluangkan waktu untuk memperbaiki diri sebelum dilihat atau berjumpa dengan orang lain. Kepribadian terbuka semacam inilah yang diharapkan mampu menjadi daya tarik tersendiri untuk orang lain dari Anda.

2. Cermin merefleksikan Anda adalah orang yang peduli

Memang, kepedulian bisa ditunjukkan dari berbagai aspek, namun semuanya berasal dari kepedulian terhadap diri Anda sendiri. Peduli kepada diri sendiri sudah jadi hal yang semestinya diutamakan.

Dengan menambahkan cermin, Anda tidak hanya terlihat peduli pada diri Anda sendiri, namun juga lingkungan interior rumah Anda. Kepedulian tersebut Anda tunjukkkan dengan memasang cermin tadi itu.

3. Cermin menunjukkan bahwa Anda pribadi yang percaya diri

Kegunaan cermin yang fungsi utamnya adalah untuk mengaca semakin menunjukkan Anda adalah pribadi yang pede. Kepercayaan diri Anda terefleksi dari pantulan cermin.

Biasanya, orang-orang yang punya kepercayaan diri tinggi suka dengan hal-hal yang berkaitan dengan kaca dan cermin. Jadi, jika Anda salah satunya maka ini jelas keberuntungan bagi Anda.

Cara Menata Cermin yang Tepat, meletakkan cermin di ruang tamu, menata cermin di kamar mandi

interior rumah minimalis yang nampak menawan dengana danya penataan cermin yang tepat – diminimalis.com

Cara Menata Cermin yang Tepat di Berbagai Ruangan

Cermin akan terlihat indah dan serasi apabila penempatannya sesuai dengan gaya desain rumah.  Jadi, bila cara menata cermin yang tepat benar-benar dioptimalkan dengan baik akan menghasilkan kesan luas dan indah pada ruangan.

Oiya ternyata, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan soal penataan cermin di dalam rumah. Jadi coba perhatikan hal-hal berikut ini ya:

Pilih Cermin dengan Model, Ukuran, dan Bentuk yang Tepat Sesuai Penempatan

Tips dan cara menata cermin yang tepat dimulai dari pemilihannya yang benar-benasr sesuai. Usahakan untuk memilih model cermin dinding minimalis dengan keawetan yang terjamin, seperti sudah berbingkai dengan lapisan belakang yang sedikit tebal.

Ini memungkinkan Anda untuk lebih hemat pengeluaran karena setidaknya lebih tahan lama. Sementara itu, untuk ukuran, urgensinya ada pada kesesuaian dengan ruangan. Besar kecilnya cermin yang dipilih sesuaikan saja dengan ruang penempatannya. Misalny jika untuk kamar mandi, usahakan ukuran sedang saja dengan bentuk vertikal. Jikapun horisontal pilih yang kecil saja.

Sementara itu untuk ruangan lain seperti pada ruang keluarga atau ruang tamu, ukuran kecil saja tidak masalah.

Pasang Cermin Ukuran yang Pas

Setiap ruangan memiliki fungsi masing-masing. Oleh karenanya, penempatan cermin dinding minimalis di beberapa ruangan juga perlu dibedakan.

Sebagai contoh penempatan cermin pada kamar tidur. Untuk menghindari pemantulan bayangan yang berlebih, maka di kamar tidur kurang pas apabila dipasangi cermin berukuran besar. Kamar tidur sebaiknya dipasang cermin yang sedang saja.

Apabila kamar tidur anda terlalu sempit untuk dipasangi cermin di dinding, maka anda cukup menggantungkan cermin kecil. Sebab, cermin berukuran besar sangat cocok diletakkan pada ruangan yang ingin terlihat lebih luas seperti diletakkan pada ruangan toko, ruko, swalayan, perkantoran, dan lain sebagainya.

Letakkan Cermin pada Posisi yang Tepat

Penempatan cermin juga sebaiknya bertujuan untuk menghias ruangan. Cermin akan terlihat cocok jika ditempatkan di ruang tamu atau dapur asalkan penempatannya sesuai. Penempatan cermin yang bagus ialah yang mendapatkan tidak berlawanan dengan arah sumber cahaya.

Dengan tidak berlawanan sumber cahaya maka akan menghasilkan pantulan yang lebih baik. Anda bercermin pun tidak akan terganggu bahkan terdukung.

Hindari Pemasangan Cermin Searah dengan Pintu Depan 

Bagi anda yang mempunyai rumah dengan pintu utama menghadap arah timur dan barat, tidak dianjurkan memasang cermin searah dengan pintu. Hal ini karena akan mengurangi fungsinya karena cermin tersebut memantulkan cahaya matahari langsung.

Kesan panas dan gerah juga akan sangat terasa jika pemasangan cermin searah pintu utama. Solusinya, cara menata cermin yang tepat jika kondisinya seperti ini adalah coba untuk cari tempat pemasangan yang tepat. Sesuaikan dengan bayangan dan hasil pantulan dari cermin dilihat dari berbagai sisi.

Baca juga: Daftar Benda-Benda yang Wajib Ada di Kamar Mandi Anda

Hindari Pemasangan Cermin dengan Pantulan Toilet

Tips dan cara menata cermin yang tepat selanjutnya ialah penempatannya jangan berlawanan dengan toilet. Akan kelihatan tidak pantas apabila kondisi kamar mandi diperlihatkan pada orang lain. Oleh karenanya, hindarilah menempatkan cermin yang memantulkan toilet atau kamar mandi.

Selain merusak pemandangan, cermin yang dipasang mengarah pada toilet juga akan membuat risih bagi orang yang menggunakan toilet. Solusinya cari sisi yang tidak berhadapan langsung dengan pintu masuk kamar mandi/toilet di rumah Anda.

Pasang di Tempat yang Tepat

Begini Cara Menata Cermin yang Tepat di Rumah Minimalis Anda 1

Pemasangan cermin jangan asal-asalan. Sebab, fungsi dan pemandangan yang didapatkan akan kurang bagus apabila pemasangannya dilakukan secara sembarangan.

Coba letakkan cermin di salah satu sudut yang paling aman dan nyaman saat dipakai. Dengan begitu, kesan monoton dan useless tidak akan Anda dapatkan.

Perhatikan Tinggi Rendah Penempatan Cermin 

Tips dan cara menata cermin yang tepat selanjutnya juga perlu mempertimbangkan tinggi rendah pemasangannya. Jika bentuknya vertikal mungkin sedikit tidak msaalah. Namun jika horisntal dimana jika Anda cermin hanya akan terlihat separuh badan, maka mengatur tinggi rendahnya jadi sesuatu yang penting.

Tujuannya ialah agar saat cermin tersebut dipakai, semua bagian tubuh bisa terlihat tanpa ada kesan terpotong.

Itu dia beberapa tips dan cara menata cermin yang tepat di rumah minimalis anda. Selain fungsi utamanya untuk bercermin, manfaat lain sebagai penghias interior rumah juga mesti Anda dapatkan. Semoga beruntung.(ls) editted by RN06062020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.