Kebanyakan orang yang terjun di dunia properti khususnya jual beli rumah akan mempelajari banyak hal termasuk bagaimana meningkatkan harga jual asetnya. Ada beberapa cara menaikkan harga jual rumah yang jika Anda suatu saat nanti mau jual aset hunian bisa Anda praktekkan.

Tidak harus ahli dalam dunia properti, setidaknya Anda pahami saja tentang cara menaksir harga rumah. Dimulai dari lokasi, hingga taksiran aset interior dengan atau tanpa furniture di dalamnya. Selanjutnya baru cari cara menaikkan harga rumah yang akan Anda jual.

Pada artikel diminimalis kali ini, kami akan coba bahas soal apa yang bisa Anda lakukan agar rumah yang akan Anda jual bisa dibeli konsumen dengan harga tinggi. Hal paling klasik adalah adalah melakukan pemolesan luar dan dalam.

Ini penting karena biasanya metode penjualannya menggunakan media sosial jadi harus fotogenik dan terdeskripsi dengan jelas. Tapi sebelum bicara soal hal-hal penting mengenai cara menaikkan harga jual rumah, kita bahas dulu faktor yang berpengaruh terhadap harga rumah.

Hal-hal yang Mempengaruhi Harga Jual Rumah

Rumah sendiri merupakan aset yang nilainya selalu naik. Maka tidak salah bila ada yang mengatakan bahwa berinvestasi untuk properti, lebih cerdas daripada menyimpannya di bank. Jika Anda adalah salah seorang yang tertarik untuk terjun di dunia jual beli properti/rumah maka setidaknya Anda harus paham apa saja hal yang mempengaruhi harga sebuah rumah.

cara menaikkan harga jual tanah, cara meningkatkan harga jual tanah, cara bisnis jual beli tanah agar tidak tertipu, cara menaksir harga rumah, cara menaksir harga rumah bekas, cara menghitung harga rumah untuk dijual
cara menaikkan harga jual rumah dengan mudah dan tidak banyak keluar biaya besar- diminimalis.com

Adapun beberapa hal yang berpengaruh terhadap harga jual sebuah rumah adalah sebagai berikut.

Lokasi dan lingkungan

Ini sudah jadi rahasia umum yang mana biasanya lokasi yang aksesnya mudah dan lingkungan yang nyaman untuk diitinggali akan jadi pertimbangan orang untuk jadi membeli. Beda dengan lokasi rumah yang sulit diakses kendaraaan atau berada di lingkungan yang kurang nyaman misalnya terlalu kumuh atau malah sepi tetangga, akan susah untuk laku.

Kondisi fisik bangunan

Hal selanjutnya yang juga sering jadi pertimbangan orang membeli adalah kondisi fisik bangunan. Dimulai dari lamanya rumah tersebut dibangun sampai dengan kondisi sekeliling rumah apakah ada kerusakan-kerusakan atau tidak.

Jika ada kerusakan yang butuh renvasi dalam waktu dekat, jelas pembeli akan mempertimbangkannya berulang kali karena tidak amu repot di awal-awal menghuni rumah baru.

Model

Gaya minimalis adalah salah satu yang sedang tren saat ini. Harga jual dan belinya juga cukup terjangkau sehingga banyak yang menaruh suka dengan gaya ini. Nah, bicara soal model, ada banyak hal yang biasanya jadi pertimbangan pembeli.

Kalau modelnya minimalis dengan gaya modern biasanya banyak yang suka karena alasan tadi, tren. Mungkin akan beda kalau rumah yang Anda jual bergaya klasik yang belum tentu semua orang suka, proses penjualan akan memakan waktu.

Kelengkapan interior dan eksterior

Terakhir, kelengkapan interior dan eksterior juga jadi bagian dari pertimbangan orang untuk jadi membeli atau tidak. Semakin lengkap furniture nya memang Anda harus memasang harga lebih mahal. Namun sebagian orang justru berani bayar karena tidak mau direpotkan dengan membeli furniture-funriture baru.

Nah, itu dia hal-hal yang berpengaruh terhadap harga jual rumah. Sekarang kita lanjut membahas bagaimana cara menaikkan harga jual rumah jika Anda adalah seorang penjual.

4 Cara Menaikkan Harga Jual Rumah

Cara menaikkan harga jual rumah sebenarnya tidaklah sulit. Anda hanya perlu melakukan beberapa pembenahan supaya calon pembeli tidak menawar rumah Anda dengan harga yang rendah. Anda juga jadi punya power untuk menawarkan harga tertinggi versi Anda.

Jangan sampai rumah Anda dihargai jauh di bawah nilai yang seharusnya Anda terima hanya karena tampilan rumah yang buruk.

Harga rumah biasanya semakin lama semakin naik dari waktu ke waktu. Untuk tanah di daerah pemukiman padat penduduk, harga tanah bisa naik dengan cepat. Berbeda dengan rumah yang lokasinya jauh dari pemukiman. Kalaupun dijual, mungkin harganya tidak akan bisa naik terlalu tinggi.

Baca: Lokasi Rumah yang Sebaiknya Dihindari untuk dihuni atau Investasi

Sedangkan rumah yang letaknya dekat dengan jalan utama serta tempat-tempat penting lainnya biasanya memiliki harga jual yang tinggi. Calon pembeli tentunya tidak ingin mengeluarkan biaya yang mahal untuk biaya renovasi yang besar. Supaya calon pembeli tidak menawar terlalu rendah dari harga yang Anda tawarkan, ada baiknya Anda menerapkan tips di bawah ini ketika nantinya Anda ingin menjual rumah minimalis Anda kepada orang lain.

Cara menaikkan harga jual rumah, cara meningkatkan harga rumah, cara menaikkan harga rumah, cara meningkatkan harga jual rumah
Cara menaikkan harga jual rumah dengan memoles tampilan depannya- diminimalis.com

Percantik Bagian Depan

Kesan pertama sebuah rumah adalah bagian depannya sehingga dengan memolesnya maka bisa jadi cara menaikkan harga jual rumah paling efektif. Jika bagian depan rumah sudah menawan, maka pembeli pun akan kepincut. Pastikan taman depan terlihat indah, rapi, dan asri tanpa kehadiran rumput liar.

Jika Anda tidak memiliki taman, maka tambahkanlah bunga segar di dalam pot di teras rumah. Jangan lupa untuk mengecat pagar dan pintu masuk bila perlu. Karena hal-hal tersebut butuh waktu, maka sebaiknya lakukan jauh hari sebelum rumah Anda diiklankan apalagi datang calon pembeli yang survei.

Lakukan Renovasi Kecil

Untuk memperbaiki rumah dengan dana seadanya, sebaiknya Anda fokus pada kerusakan yang sudah ada. Sebut saja memperbaiki atap yang bocor atau drainase air yang tidak bagus supaya dapat melindungi rumah saat hujan lebat.

Dengan merenovasi bagian rumah kecil-kecilan, maka rumah Anda akan tampak lebih enak dilihat dan nyaman dihuni pemilik baru. Bila perlu gantilah lampu-lampu yang sudah meredup, karena pencahayaan yang kurang maksimal, bisa menurunkan minat calon pembeli terhadap
rumah Anda.

Cat Ulang Dinding

Jika sudah banyak bagian cat yang mengelupas pada dinding rumah Anda, ada baiknya lakukan pengecatan ulang agar terlihat lebih cantik. Terlebih jika banyak kotoran dan coretan di dinding rumah Anda.

Dinding yang kotor akan membuat pembeli menawar terlalu rendah rumah yang Anda jual. Dengan mengecat ulang, tampilan rumah Anda akan tampak seperti baru kembali.

Atur sirkulasi Udara agar Baik dan Bersih

Sirkulasi udara yang baik akan membuat penghuni merasa nyaman untuk tinggal di dalamnya. Bersihkan semua jendela di rumah dan biarkan jendela-jendela tersebut terbuka beberapa jam sebelum calon pembeli datang. Dengan begitu sirkulasi udara akan membaik dan membuat rumah Anda terasa lebih segar.

Cara-cara menaikkan harga jual rumah di atas memang terlihat klasik. Namun, jika dipraktekkan dengan baik akan memberikan efek yang signifikan pada progres penjualan rumah Anda yang akhirnya bisa cepat sold out.

Oke mungkin demikian saja ulasan dari kami tentang beberapa cara menaikkan harga jual rumah yang bisa Anda praktekkan. Semoga bermanfaat ya. (ls) editted by RN06052021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *