Tips dan Cara Memilih Sofa untuk Ruangan Minimalis Anda

Pada rumah minimalis modern saat ini, bagus atau tidaknya sebuah ruangan biasanya dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya yaitu furniture. Sofa pada ruang tamu atau ruang keluarga misalnya, memiliki peran yang cukup penting. Mengetahui bagaimana tips dan cara memilih sofa yang benar harus dipraktekkan saat akan membelinya.

Kenapa penting untuk memperhatikan pemilihan sofa, karena saat ini sudah jadi furniture utama sebuah ruangan. Apalagi untuk ruang tamu, dimana yang datang bisa siapa saja. Tentu Anda harus menyiapkan yang terbaik agar mendapatkan kesan “ramah”. Nah, bagaimana tips dan cara memilih sofa yang terbaik untuk ruangan rumah minimalis? Simak selengkapnya di artikel ini.

Cara Memilih Sofa untuk Ruang Tamu dan Keluarga

Setiap orang biasanya akan mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli furniture. Apalagi untuk ruangan yang super penting seperti rtuang tamu yang mau tidak mau harus ada dari sebuah rumah. Funriture yang ada di runag tamu sendiri bermacam-macam, salah satu yang paling vital ialah sofa.

Memilih sofa yang tepat menjadi begitu penting karena furniture ini merupakan elemen yang dapat sekaligus menunjukkan nuansa dan karakter pemilik rumah. Secara fungsional, sofa sendiri selain digunakan sebagai tempat duduk, juga bisa digunakan sebagai pemanis ruangan. Jadi, secara estetika, sofa memiliki pengaruh yang besar terhadap tampilan rumah dan ruangan.

Desain sofa minimalis, Cara Memilih Sofa, tips memilih bahan sofa, Cara Memilih Sofa yang awet, Cara Memilih Sofa yang bagus, Cara Memilih Sofa ruang tamu,
sofa tak hanya sebagai tempat duduk, namun juga berfungsi sebagai pemanis ruangan – diminimalis.com

Tips dan Cara Memilih Sofa Untuk Ruangan Minimalis Anda

Untuk Anda yang memiliki ruangan yang tidak terlalu luas, maka Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini. Jika Anda terapkan dengan benar maka akan mampu memaksimalkan fungsi sofa di rumah minimalis Anda. Apa saja? Ini dia diantaranya:

1. Tentukan fungsi sofa sedari awal

Apa tujuan Anda membeli sofa minimalis tersebut? Apakah diletakkan di ruang tamu atau untuk bersantai sepulang kerja? Anda bisa memilih sofa yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk ruang tamu, pilih sofa yang paling bagus dan nyaman untuk diduduki. Jika ruangan Anda hanya cukup untuk satu sofa memanjang cukup beli satu saja, bisa ditambahkan dengan ytang kecil. Untuk ruang keluarga, biasanya tidak terlalu memerlukan sofa apalgi jika Anda termasuk yang menyukai konsep “gelar karpet. Anda bisa membeli satu atau dua yang kecil saja atau satu tapi besar sekalian.

2. Pastikan ukuran sofa dengan ruangan sesuai

Hal yang paling urgent selain fisik sofa-nya adalah ukuran. Jadi, cara memilih sofa selanjutnya adalah soal ukuran. Memastikan dulu ukuran ruangan dengan sofa adalah hal yang sangat penting. Hal ini untuk menghindari kesalahan pembelian, jangan sampai saat membeli sofa bahkan tidak muat di ruangan Anda. Termasuk, ukur dulu pintunya agar tidak susah dalam memasukkan sofa. Perhatikan juga tangga di rumah Anda, apabila Anda ingin meletakkan sofa di lantai 2. Jadi, memang harus sedetail itu ya.

3. Utamakan Bentuk L demi Efisiensi

Bentuk sofa minimalis yang akan Anda beli juga perlu diperhatikan. Apabila bentuknya terlalu besar, maka akan memakan tempat dan ruangannya akan terlihat semakin sempit. Anda bisa memilih sofa dengan bentuk L karena bisa dimasukkan sampai pojok dan tidak menghalangi jalan saat keluar masuk. Apabila rumah Anda mengusung konsep modern, maka pilihlah sofa dengan gaya modern pula agar terlihat harmonis.

bahan sofa, bahan sofa yang bagus, bahan kain sofa yang bagus

Sofa yang nyaman ditentukan dengan bahan yang berkualitas dan warna yang selaras dengan interior – diminimalis.com

4. Pilih Warna Terbaik

Pemilihan warna juga menjadi penentu berkaitan dengan cara memilih sofa yang tepat untuk rumah mungil Anda. Dengan warna terang ataupun natural bisa Anda pilih untuk memberikan kesan yang luas. Bisa juga dengan mengambil konsep warna senada antara sofa dengan warna latar ruangan sehingga cocok dengan elemen lain dalam ruangan.

Jika Anda menyukai warna-warna yang cenderung gelap sebtulnya tidak jadi masalah asalkan Anda memadukannya dengan elemen lain berwarna terang. Mengapa penting untuk mengutamakan warna terang? Sebab, kombinasi warna ternag akan memunculkan kesan yang ceria pada ruangan. Ini jelas sangat penting untuk ruang tamu bahkan ruang keluarga.

5. Perhatikan Tingkat Kenyamanan Saat Duduk

Hal lain yang berkaitan dengan hal penting terkait tips dan cara memilih sofa untuk ruangan adalah tingkat kenyamanannya. Apakah saat dipakai sofa tersebut nyaman atau tidak. Sebab ada beberapa model sofa yang secara tampilan bagus namun begitu dipakai duduk kurang nyaman.

Kenyamanan sofa bisa diukur dengan seberapa lama Anda dapat duduk di sofa tersebut. Apabila dalam waktu kurang lebih 15-30 menit kita merasa nyaman, maka bisa dipastikan sofa tersebut nyaman untuk digunakan. Anda bisa memperhatikan bentuk permukaannya saat Anda membelinya di toko mebel. Termasuk material yang dipakai. Ada banyak jenis bahan sofa yang perlu Anda kenali agar mendapatkan sofa dengan material terbaik. Anda bisa bertanya dan mencobanya sendiri saat membeli.

6. Pemilihan Pola atau corak juga penting

Terakhir, tips dan cara memilih sofa yang bagus adalah dengan memperhatikan pola atau corak. Anda benar-benar harus memperhatikan coraknya. Karena biasanya sofa yang mencolok di ruangan yang mungil akan memberikan kesan terlalu ramai dan kurang sedap dipandang. Sebaiknya Anda bisa memilih corak sofa yang membuat ruangan Anda jadi manis, sehingga bisa menciptakan kesan sederhana dan natural.

Untuk mendapatkan referensi corak sofa terbaik, Anda bisa membandingkannya dengan konsep rumah Anda. Pada rumah berkonsep modern, sofa polos jadi favorit banyak orang. Meski ada pula yang menyukai pola lain namun tentu disesuaikan dengan corak rumah yang diusung.

Mungkin itu dulu ulasan singkat dari kami tentang tips dan cara memilih sofa untuk rumah minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN08042020


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.