Cara Membuat Wall Painting Sendiri untuk Rumah Minimalis

Salah satu cara mengubah tampilan interior jadi lebih keren adalah dengan menerapkan wall painting atau pengecatan dinding. Ada banyak manfaat wall painting yang akan didapat. Lalu bagaimana cara membuat wall painting yang benar agara didapat hasil yang keren? Anda bisa mencoba bereksplorasi dengan berbagai ide yang akan dibahas pada artikel kali ini.

Namun yang terpenting adalah Anda harus tahu dan paham bagaimana caranya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tujuan Anda mendapatkan tampilan yang memukau akan didapatkan di akhir pengerjaan. Tdiak jarang orang yang mengabaikan prosedur akibatnya akan kesulitan menemukan kebuntuan ide.

Cara Membuat Wall Painting dengan Cara Sederhana

Cara membuat wall painting sendiri untuk dinding rumah minimalis Anda tidaklah sulit. Memang saat ini sudah banyak jasa profesional untuk melukiskan gambar pada dinding rumah Anda sesuai pesanan. Namun ketika Anda berani memutuskan untuk melakukan wall painting sendiri, maka akan ada banyak efek positif yang didapat, sebagaimana pernah kami ulas pada artikel sebelumnya di bawah ini.

contoh wall painting 3d, contoh wall painting dinding 3d, wall painting dinding 3d rumah minimalis
wall painting 3D dengan lukisan yang seolah nyata- diminimalis.com

Cara membuat wall painting sendiri ternyata tidalah sulit

Nah, ketika Anda sudah sepakat dan paham akan beragam menfaat yang diperoleh dengan menggambar sendiri dinding rumah Anda, maka Anda perlu menyiapkan segala peralatan dasarnya. Sebelum mengeksekusi dinding, ada baiknya Anda perlu memahami tahapan dalam membuat wall painting, yaitu.

1. Menentukan tema
2. Persiapan dinding dan peralatan
3. Pengecatan dasar
4. Membuat sketsa lukisan
5. Eksplorasi lukisan

Menentukan Tema                                                                                            

Menentukan tema merupakan bagian paling penting dalam membuat wall painting. Tanpa tema yang jelas, maka proses pengerjaan bisa terhambat di tengah jalan karena tak ada ide untuk diaplikasikan sebagai obyek lukisan. Kalaupun lukisannya jadi,maka hasilnya tidak maksimal, dan Anda pun kurang dapat menikmatinya.

cara membuat wall painting, contoh wall painting dinding, wall painting dinding rumah minimalis
cara membuat wall painting dengan memberi warna dasar terlebih dahulu – diinimalis.com

Namun bila Anda sudah menentukan tema dengan matang, maka hasil yang dibuat akan memuaskan. Kita harus sadar bahwa media yang digunakan adalah dinding yang tidak bisa begitu saja dilakukan editing ulang dalam proses melukisnya.

Terlebih dinding merupakan media terbuka, yang siapa saja bisa melihatnya, jangan sampai hasil asal-asalan yang akan terpampang pada dinding tersebut kedepannya.

Persiapan dinding dan peralatan

Bersihkan dinding dari kotoran dengan cara dikerok, dilap atau dicuci. Kemudian siapkan barang-barang berikut:
1. Beberapa kaleng cat minyak warna pokok ( merah, hijau, kuning, biru, hitam, putih)
2. Tinner, selain sebagai pengencer cat minyak, nantinya juga akan difungsikan sebagai pembebersih peralatan cat.
3. Kuas ukuran kecil, sedang, dan besar
4. Beberapa wadah untuk mencampur cat

Pengecatan dasar                                                               

Demi mendapat hasil wall painting yang berkualitas, alangkah baiknya Anda melakukan pengecatan dasar terhadap dinding yang akan dijadikan media lukis. Warna cata dasar ini baru bisa ditentukan ketika Anda sudah mentukan tema lukisan yang akan dibuat. Warna dasar berpengaruh dalam memberi nuansa yang akan disampaikan dalam tema wall painting tersebut.

Membuat sketsa lukisan

Tak hanya ketika membuat wall painting, dalam seni lukis lain pun, membuat sketsa merupakan tahapan yang tak boleh tertinggal. Sketsa lukisan bisa diibaratkan pondasi dalam sebuah bangunan, seindah apapun bangunan yang nantinya akan dibuat diatasnya, pasti memerlukan pondasi yang kokoh.

Eksplorasi lukisan

Pada tahap ini sepenuhnya sudah menjadi otoritas si pelukis untuk menuangkan imajinasinya pada dinding yang akan dilukis. Karena ini merupakan karya seni dan juga hiasan, maka Anda tak perlu buru-buru dalam mengerjakannya. Buatlah lukisan sealami mungkin berdasarkan feel dan mood yang hadir dalam diri Anda. Kadang intuisi untuk melukis datang mendadak dan kadang juga tidak bisa dihadirkan begitu saja. Maka dalam proses pengerjaannya, jangan terpaku dengan deadline yang Anda buat sendiri, kerjakan proses ini ketika intuisi Anda sedang meluap-luapnya, dengan begini hasil yang didapat akan maksimal.

Demikian ulasan kami tentang cara membuat wall painting pada dinding rumah minimalis yang bisa memberikan beragam efek positif bagi Anda, semoga bermanfaat. (ls) editted by RN01012020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.