Cara Membuat Slime yang Mudah dan Aman untuk Buah Hati Anda

Slime jadi salah satu jenis mainan yang banyak digemari anak-anak. Cara membuat slime sendiri di rumah juga gampang karena asal bahan-bahannya ada, benda ini mudah dibuat. Bahkan tidak hanya orang dewasa atau remaja, anak-anak pun sudah banyak yang mahir membuat karya berupa slime ini. Jadi memang cara buatnya itu mudah, ditambah lagi sekarang akses tutorial sudah banyak dan mudah didapatkan dari Youtube.

Di artikel kali ini, kami akan berbagi tips bagaimana cara membuat slime dengan mudah dan dari bahan yang murah. Nanti setelah membaca artikel ini harapannya Anda bisa buat sendiri di rumah dan mengajari keluarga Anda untuk membuatnya sendiri di rumah ya. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bahan-bahan Paling Mudah Dicari untuk Membuat Slime

Kami pertegaslagi bahwa membuat slime untuk mainan anak tidaklah sulit. Anda bisa membuatnya menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat. Dengan membuat slime sendiri, Anda bisa menjamin keamanannya saat digunakan oleh buah hati Anda, karena tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan.

Saat ini banyak sekali kita jumpai mainan slime dipasarkan di berbagai toko mainan anak. Meski masif, Anda tak perlu khawatir, karena mainan yang dijual di pasaran umumnya sudah dibuat dengan standar keamanan anak-anak. Meski kulit anak-anak masih rentan terhadap iritasi, namun slime aman digunakan, karena fungsi dasarnya memang untuk merangsang kreatifitas anak dalam membuat aneka rupa mainan.

Slime ini biasa dimainkan seperti plastisin untuk dibuat berbagai bentuk kreasi. Slime sangat booming akhir-kahir ini, karena setiap anak pasti bisa larut berjam-jam ketika berkreasi menggunakan slime. Hal ini tentu memberikan dampak positif bagi para orang tua yang masih khawatir membiarkan buah hatinya bermain di luar.

Adanya slime, mampu mengalihkan perhatian anak dari ketergantungan bermain di luar ketika orang tua sedang tidak bisa mengawasi. Adanya anak di rumah mungkin membuat kita senang, karena tak perlu khawatir atau repot mengawasi aktifitas mereka saat bermain di luar rumah. Meski kita merasa senang melihat anak-anak bisa banyak menghabiskan waktu di rumah, namun hal ini juga perlu diseimbangkan. Adakalanya sesekali ajaklah buah hati Anda untuk bermain di luar rumah bersama teman-temannya, supaya anak-anak tetap bisa belajar bersosialisasi dan akarb dengan teman di luar sekolahnya.

Peran orang tua tetap diperlukan untuk membimbing anak belajar dan bermain menggunakan slime. Meski slime terbuat dari bahan yang aman untuk kulit anak, namun jangan sampai, anak Anda yang masih balita memasukkan ke dalam mulut. Di sini Anda juga harus bijak, kapan saatnya mainan slime ini sudah bisa dimainkan oleh anak balita Anda.

cara membuat slime, cara membuat slime mudah, cara membuat slime dengan shampoo
cara membuat slime dengan cara yang mudah dan aman – diminimalis.com

Cara membuat slime sendiri dengan mudah

Untuk membuat slime yang aman dan mudah, Anda bisa mencoba dengan cara berikut ini:

Alat dan Bahan-bahan untuk membuat slime

Alat:

– Baskom kecil
– Pengaduk

Bahan:

• Air
• Shamphoo anak setengah sachet
• Lem fox atau povinal 5 sendok makan
• Detergent bubuk 1 sendok makan
• Pewarna makanan sumba.
• Bedak
• Cusson baby oil

Mainan dari Slime, kegunaan Slime, cara membuat Slime yang mudah
cara membuat slime bentuk es krim – diminimalis.com

1. Sediakanlah 1 botol slime activator (bahan tersebut banyak tersedia di toko-toko mainan)

2. Siapkan baby oil cussons 1 botol

3. Pewarna makanan (sesuai dengan warna kesukaan)

4. 1 botol lem povinal

5. Sendok dan piring

Langkah urutan membuat Slime

Adapun cara membuat slime yang aman dan mudah yakni sebagai berikut

  • Siapkan wadah baskom kecil. Usahakan yang sudah bersih dan kering
  • Masukkan lem fox atau lem povinal 5 sendok makan ke dalam baskom kecil.
  • Masukkan shampoo anak dan deterjen ke dalam wadah diatas.
  • Sedikit demi sedikit tuangkan air bersih ke dalam adonan sambil terus diaduk, atur kekentalan sesuai selera.
  • Masukkan pewarna makanan ke dalam adonan tadi.
  • Aduk pelan-pelan hingga warnanya merata
  • Setelah itu lalu aduk hingga tercampur merata dan bahan tersebut mengental.

Apabila bentuk slime belum terlalu kental, Anda bisa menambahkam sedikit deterjen . Jika slime sudah kental, maka rendamlah slime ke dalam air selama kurang lebih 4 menit kemudian tekan-tekan hingga padat. Anda bisa menambahkan tepung atau minyak telon bayi untuk menghilangkan lengket. Jika sudah kental dan tak lengket, slime tersebut sudah bisa digunakan untuk mainan buah hati Anda di rumah.

Meski Anda bisa membuatkan mainan slime sendiri, jangan lupa untuk tetap bisa menemani dan membimbing buah hati Anda untuk belajar menggunakan mainan ini. Ada beberapa tipe anak yang memiliki imajinasi tinggi yang dapat membentuk mainan indah menggunakan slime. Namun ada juga anak yang perlu dibimbing mulai dari menentukan ide, hingga membuat bentuk-bentuk sederhana.

Jadi gimana, mudah bukan cara membuat slime sendiri di rumah? Untuk bahan-bahannya sendiri Anda bisa beli di toko obat kimia atau warung terdekat. Usahakan untuk menggunakan masker atau sarung tangan saat membuat mainan yang satu ini. Semoga berhasil ya.

Mungkin itu saja dulu ulasan dari kami tentang cara membuat slime yang mudah dan aman untuk buah hati Anda. Semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN03022021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.