by

Cara Membuat Semen Ekspos yang Kuat dan Nampak Indah

Cara membuat semen ekspos bisa dilakukan dengan beberapa tahapan agar didapat tampilan yang apik pada hasil akhirnya.

Pertimbangan nilai artistik membuat para perancang terus mengembangkan ide untuk mengeklporasi sisi keindahan rumah minimalis. Sebagaimana untuk dinding bata ekspos, semen ekspos  menjadi ide yang tak kalah cemerlang untuk diaplikasikan pada rumah minimalis Anda.

Cara Membuat Semen Ekspos, cara menyemen lantai tanah, cara plester lantai rumah, bata ekspos
Konsep semen ekspos memberikan nuansa sejuk dan elegan pada interior rumah minimalis – diminimalis.com

Semen ekspose ialah semen yang berfungsi sebagai lapisan lantai, dinding, tiang dan lain sebagainya.

Semen eskpose saat ini menjadi andalan bagi arsitek atau pemilik rumah yang lebih mengutamakan sisi keindahan di dalam pembangunannya. Semen ekspos bisa dibuat sendiri Asal Anda bisa melakukan dengan tahapan yang benar.

Cara Membuat Semen Ekspos yang Kuat

Semen ekspose ini digunakan pada saat finishing. Hasil yang bisa didapatkan dari semen ini ialah kesan natural yang nampak indah dan bernilai seni yang bagus.

Dalam pengaplikasian semen ekspose ini terdapat  beberapa cara dan tekniknya. Berikut beberapa teknik dan cara membuat semen ekspose yang bagus:

1. Teknik Kamprot

Teknik kamprot ini dilakukan untuk finishing dengan hasil permukaan yang kasar dan lembut. Hasil pengerjaan kasar atau lembut yang dihasilkan tergantung dari pasir yang dibuat campuran.

Teknik kamprot ini bisa dikerjakan dengan dua cara yakni cara manual dan dengan bantuan mesin.

Cara Membuat Semen Ekspos, cara menyemen lantai tanah, cara plester lantai rumah, bata ekspos
contoh aplikasi semen ekspos pada kamar – diminimalis.com

Cara manual membutuhkan alat berupa sekop dan kawat yang biasanya digunakan untuk mengayak pasir. Cara manual ini dikerjakan dengan cara melemparkan campuran semen dan pasir dilewatkan kawat tersebut.

Sehingga dengan demikian cara manual ini menghasilkan permukaan yang tajam dan kasar.

Sedangkan cara yang menggunakan mesin biasanya menggunakan bantuan alat concrete spray. Dengan menggunakan mesin maka semen ekspose hasilnya akan lebih lembut dan halus.

2. Teknik Garuk

Finishing dengan menggunakan teknik garuk ini menghasilkan permukaan sesuai dengan alat yang dipakai.

Alat bantu yang digunakan ialah papan yang dibentuk sesuai dengan selera. Menggunakan teknik garuk ini membutuhkan ketelatenan yang tinggi untuk bisa menghasilkan karya yang maksimal.

3. Teknik Acian 

Bagi Anda yang ingin menghias dinding menggunakan semen ekspos dengan teknik acian maka hasilnya biasanya lembut dan berwarna abu-abu. Ini sesuai dengan warna semen seperti pada umumnya.

Acian berarti plesteran. Teknik membutuhkan ketelitian yang tinggi mulai dari proses pencampuran, pengadukan hingga pemolesan pada dinding.

Hal yang sering terjadi pada proses pemlesteran ialah hasil yang agak retak yang sering disebut retak rambut. Keretakan ini biasanya lebih dari satu sehingga perlu dilakukan perbaikan.

Jumlah keretakan pada plesteran tersebut bisa diantisipasi dengan melakukan hal berikut ini:

– Ketika akan memasang semen, pastikan permukaan dinding sudah basah secara merata. Ini penting sebab jika tidak maka semen tidak akan mengisi pori permukaan dengan sempurna.

Gunakanlah semen dan pasir yang berkualitas dan cocok untuk proses pengacian. Jumlah takaran kedua bahan tersebut juga harus seimbang.

– Langkah terakhir yang dilakukan ketika masih ada keretakan ialah menutup keretakan tersebut menggunakan plamir berwarna abu-abu.

4. Semen Ekspos Pada Lantai

Selain digunakan pada dinding, semen ekspos bisa juga digunakan untuk memperhalus lantai dasar.

Cara pembuatan semen ekspos untuk lantai ini tidak jauh berbeda dengan menggunakan teknik acian yang digunakan pada dinding. Semen ekspose sangat berguna di dunia pembangunan rumah.

Aplikasi semen ekspose bisa digunakan untuk segala jenis lapisan. Termasuk untuk dinding dapur, dinding kamar mandi maupun dinding kamar tidur tujuannya agar terlihat bagus dan indah.

Pada prinsipnya penerapan semen ekspose pada dinding rumah minimalis memiliki banyak fungsi. Tidak hanya membuat lantai lebih kuat namun juga terlihat lebih artistik.

Semen ekspose yang multifungsi ini bisa aplikasikan pada berbagai kebutuhan finishing. Lantai, tembok, dan bagian lain dari konstruksi rumah bisa menggunakan bahan ini.

Demikianlah tips dan cara membuat semen ekspos yang ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa mencobanya untuk membuat rumah minimalis tampak menawan, semoga bermanfaat.(ls). -editted by RN21032019


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.