Banyak orang tidak menyadari bahwa rumah lantai dua mereka bisa dibuat semacam taman. Adapun ide dan cara membuat rooftop garden yang benar-benar bagus sebenarnya juga cukup gampang

Asalkan konsepnya jelas dan tertata maka lambat laun hasil desain tamannya akan indah dan nampak cantiik.

Ingat loh adanya rooftop garden ini bisa memberikan inspirasi bagi Anda selaku pemilik rumah untuk lebih pandai memanfaatkan space dalam rumah.

Tidak hanya itu, rooftop yang memiliki taman di atasnya juga akan mampu menjadi representasi rumah hunian yang nyaman dan telaten.

Syarat Membuat Rooftop Garden

Semua ide kalau belum dieksekusi memang sulit. Asalkan dak atap rumah minimalis Anda cukup kuat untuk melindungi rumah, sekaligus sebagai tempat bersantai dan berpijak tanaman. Roof garden atau taman di atas rumah sudah dikenal di babilonia sejak abad ke-6 sebelum Masehi.

Konsep ini masih digunakan hingga kini, karena manfaat roof gardendapat menambah ruang terbuka hijau meski di rumah minimalis. Selain itu, roof garden juga dinilai mampu meredam panas matahari yang masuk ke dalam rumah.

cara membuat roof top, cara membuat roof top garden, cara membuat taman di atas atap, Taman Atap Rumah, Taman Atap Rumah minimalis, taman atap rof garden
Cara membuat rooftop/ roof garden dengan tanaman lebat yang rindang – diminimalis.com

Cara Membuat RoofTop yang Baik dan Benar

Cara membuat rooftop garden membutuhkan konstruksi atap dak yang kuat. Pasalnya, konstruksi dak atap tidak hanya menyangga beratnya sendiri, tapi juga berat tanah, tanaman, air, dan aktifitas kita di sana.

Ada beberapa tahapan dan cara membuat rooftop yang perlu dilakukan agar taman di atap rumah menjadi lebih hidup:

1. Buatlah atap dak beton dengan kemiringan 20 – 30 derajat. Konstruksinya menggunakan material cor beton bertulang dengan besi diameter 8 mm. Ukuran setiap kolom beton 20cm x 20cm. Tebal lantai dak 20cm untuk luasan 50 m².

2. Buat bak tanaman di tepi dak beton, bisa berbentuk kotak, bulat, oval atau kombinasi, asal bentuknya sesuai dengan luas dak yang ada. Bak ini berfungsi sebagai wadah tanaman.

3. Lapisi dak beton dan bak tanaman dengan material waterproofing. Fungsinya untuk mencegah air merembes ke ruangan di bawahnya, juga melindungi tulang besi pada balok kolom dan lantai.

4. Buat instalasi air bersih dan kotor. Instalasi air bersih untuk menyiram tanaman, yang berhubungan langsung dengan pompa air atau bak penampungan air. Perhatikan juga instalasi air buangan yang tersambung dengan tepi dak terendah, lalu hubungkan ke pipa talang air menuju bak resapan di tanah dan ke saluran pembuangan air.

5. Pasang ijuk di atas dak beton berjajar teratur dengan ketebalan 10cm. Fungsi ijuk untuk menahan sekaligus menyaring air yang merembes dari pasir dan tanah.

6. Tuang tanah merah dan humus sebagai media tanam dengan pH tanah yang berkisar 5 – 7.

7. Tanam rumput di atasnya. Sedangkan jenis tanaman rambat dapat ditanam di tepi pagar atau dinding. Tanam juga tanaman berbunga agar tampilan taman lebih indah.

Taman Atap Rumah, Taman Atap Rumah minimalis, taman atap rof garden
cara membuat rooftop/garden dengan instalasi air yang baik – diminimalis.com

Roof garden minimalis bisa anda miliki dengan cara ini

Membangun roof garden sebenarnya tidak sulit asalkan Anda mengetahui dan memperhatikan tiap tahapan pengerjaannya. Berikut ini adalah poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum mulai merancang roof garden.

Kekuatan Dak Atap Rumah

Cara membuat rooftop selanjutnya adalah soal kekuatannya. Pastikan struktur atap rumah cukup kuat untuk menahan beban. Sebab dak beton tak hanya menahan bebannya sendiri, tetapi juga media tanam seperti tanah, tanaman, furnitur dan aktvitas kita disana. Salah perhitungan pada kekuatan struktur atap dapat menyebabkan resiko robohnya bangunan.

Lapisan Waterproofing

Konstruksi atap rawan bocor, sehingga dak beton harus dilapisi oleh material waterproofing terlebih dulu untuk mencegah merembesnya air ke ruangan yang ada di bawahnya.

Saluran Drainase

Buatlah instalasi air bersih dan pembuangan air kotor. Tambahkan kerikil, pasir dan batu apung agar air mudah mengalir ke lubang saluran pembuangan. Kemudian lapisi dengan ijuk yang berfungsi menahan butiran tanah agar tidak menyumbat saluran pembuangan.

Demikian ulasan kami tentang cara membuat roof top di atap rumah minimalis Anda. Semoga dengan adanya ruang tebuka hijua di atas atap, Anda dapat menikmati saat santai dengan kualitas udara terbaik.(ls) editted by AL 0792021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *