Ada beberapa langkah/cara membuat roof garden yang perlu diperhatikan jika Anda yang ingin membuat taman di atas rumah minimalis. Roof garden atau taman di atas atap sudah dikenal di Babilonia sejak abad ke-6 sebelum Masehi. Konsep ini masih digunakan hingga kini, karena dapat menambah ruang terbuka hijau.

Selain itu, roof garden juga dinilai mampu meredam panas matahari yang masuk ke dalam rumah. Manfaat penting inilah yang sering jadi tujuan banyak orang menambahkan roof garden. Jika Anda berminat, bisa saja merencanakan pembuatannya sendiri dengan mengikuti cara membuat roof garden seperti yang akan kami bahas di artikel ini.

Manfaat Membuat Roof Garden di Rumah Minimalis Anda

Sebelum membahas cara membuat roof garden yang baik dan benar. Diminimalis akan sajikan berbagai manfaat yang akan di dapatkan ketika mengetahui cara membuat roof garden.

cara membuat roof garden, cara membuat roof garden sendiri, jenis tanaman untuk roof garden
Anda perlu menyediakan media khusus untuk menanam rumput di atas atap rumah minimalis Anda – diminimalis.com

1. Roof Garden dapat Mengurangi Panas Matahari

Indonesia mempunyai iklim tropis yang bermanfaat untuk menyinari isi rumah agar tidak lembab dan gelap. Namun, jika terlalu banyak sinar matahari yang masuk ke dalam rumah suhu rumah menjadi panas. Untuk mengatasi itu, Anda bisa menggunakan cat eksterior untuk mengurangi panas sinar matahari.

Anda juga bisa menyalakan pendingin udara (AC) atau kipas angin untuk menyejukkan udara. Namun, penggunaan roof garden juga bisa meredam panas matahari yang mengenai bangunan. Apalagi jika terdapat tanaman merambat yang menutupi rumah. Ini bisa mendinginkan ruangan yang berada di bawah taman atap.

2. Roof Garden dapat Memperbanyak Lahan Terbuka Hijau

Apabila Anda tinggal di daerah perkotaan wajib mengetahui cara membuat roof garden . Hal ini dikarenakan tidak semua rumah di perkotaan mempunyai halaman belakang dan halaman samping untuk membuat lahan hijau terbuka.

Namun, jangan khawatir Anda tetap bisa menikmati lahan terbuka hijau dengan cara membuat roof garden di rumah Anda. Anda juga bisa mendesainnya dengan cantik dan elegan. Tidak hanya itu, roof garden juga bisa menjadi pasokan oksigen untuk seluruh penghuni rumah Anda.

3. Roof Garden dapat Memperluas Area Tempat Duduk di Luar Rumah

Anda ingin memiliki ruang duduk di luar ruangan yang keren? Anda dapat menginisasinya dengan cara membuat roof garden di rumah. Anda bisa membuat tempat yang nyaman untuk ngobrol dan minum kopi. Tidak hanya taman yang dihadirkan, namun sofa, gazebo, atau tempat duduk yang nyaman.

Pada saat malam hari, Anda bisa mengajak teman atau saudara untuk sekedar menghabiskan waktu di roof garden. Anda juga bisa makan bareng dan minum kopi sembari melihat keindahan langit dan pemandangan sekitar.

4. Roof Garden menjadi Cara untuk Mempunyai Lahan Produktif

Anda ingin mempunyai lahan yang bisa digunakan untuk menanam buah-buahan, sayuran, atau bumbu lainnya. Anda bisa mewujudkannya dengan cara membuat roof garden di rumah. Budidaya tanaman hidroponik bisa Anda lakukan.

Cara bercocok tanam yang seperti ini dapat dilakukan dengan mudah dan lahan yang terbatas. Anda bisa menanam sayur dan buah yang dapat dikonsumsi sendiri. Jadi tunggu apalagi, Anda bisa memanfaatkan roof garden dengan cara memiliki tanaman atap.

Cara Membuat Roof Garden yang Baik dan Benar

Membuat roof garden membutuhkan konstruksi atap dak yang kuat. Pasalnya, konstruksi dak atap tidak hanya menyangga beratnya sendiri, tapi juga berat tanah, tanaman, air, dan aktivitas kita di sana.

Ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk membuat taman di atap rumah:

1. Buatlah atap dak beton dengan kemiringan 20 – 30 derajat. Konstruksinya menggunakan material cor beton bertulang dengan besi diameter 8 mm. Ukuran setiap kolom beton 20 cm x 20 cm. Tebal lantai dak 20 cm untuk luasan 50 m².

2. Buat bak tanaman di tepi dak beton, bisa berbentuk kotak, bulat, oval atau kombinasi, asal bentuknya sesuai dengan luas dak yang ada. Bak ini berfungsi sebagai wadah tanaman.

3. Lapisi dak beton dan bak tanaman dengan material waterproofing. Fungsinya untuk mencegah air merembes ke ruangan di bawahnya, juga melindungi tulang besi pada balok kolom dan lantai.

Taman Atap Rumah, Taman Atap Rumah minimalis, taman atap rof garden
roof garden dengan instalasi air yang baik – diminimalis.com

4. Buat instalasi air bersih dan kotor. Instalasi air bersih untuk menyiram tanaman, yang berhubungan langsung dengan pompa air atau bak penampungan air. Perhatikan juga instalasi air buangan yang tersambung dengan tepi dak terendah, lalu hubungkan ke pipa talang air menuju bak resapan di tanah dan ke saluran pembuangan air.

5. Pasang ijuk di atas dak beton berjajar teratur dengan ketebalan 10cm. Fungsi ijuk untuk menahan sekaligus menyaring air yang merembes dari pasir dan tanah.

6. Tuang tanah merah dan humus sebagai media tanam dengan pH tanah yang berkisar 5 – 7.

7. Tanam rumput di atasnya. Sedangkan jenis tanaman rambat dapat ditanam di tepi pagar atau dinding. Tanam juga tanaman berbunga agar tampilan taman lebih indah.

Cara Membuat Roof Garden yang Cantik

Anda sudah melihat cara membuat roof garden yang baik dan benar, sekarang Anda akan melihat cara membuat roof garden yang cantik dan elegan.

1. Mempertahankan Tampilan Terbuka

Pemandangan dari rooftop garden merupakan aset yang paling berharga sehingga semua elemen desain harus dimaksimalkan dan dipertahankan. Rooftop yang dibiarkan terbuka meskipun kecil akan tampak lebih luas dan elegan. Gunakan pagar kaca yang transparan bukan dinding parapet seperti pagar besi, ralling, dan lain-lain.

2. Menghalangi Efek Cuaca

Masalah utama yang dihadapi pada cara membuat roof garden adalah rentan terhadap perubahan musim. Anda harus mendesain roof garden yang cocok untuk segala iklim di tempat Anda. Misalnya Anda bisa menambahkan peneduh seperti kanopi atau payung. Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman untuk menghalangi agar angin tidak masuk terlalu kencang.

3. Memilih Jenis Tanaman

Cara membuat roof garden selanjutnya adalah memilih jenis tanaman. Ada beberapa jenis tanaman yang dapat Anda jadikan referensi diantaranya:

Memilih jenis tanaman buffer

Apabila Anda memiliki atap yang luas dan ingin agar rooftop Anda memperoleh privasi. Anda dapat menanam bambu dan rumput dengan kombinasi yang bagus karena perawatannya yang rendah.

Menanam jenis tanaman pot

Cara membuat roof garden agar tampak menarik selanjutnya adalah menanam jenis tanaman pot yang tahan lama dan menangkal angin. Jangan menanam tanaman dengan batang kecil karena sangat rentan terhadap hembusan angin.

Menanam sayur

Anda dapat menanam tanaman yang sangat baik dikonsumsi seperti wortel, lobak, tomat, selada, bayam, kacang-kacangan, dan lainnya. Anda juga bisa menanam tanaman dengan varietas lain.

Jangan Lupa Pencahayaan

Pada malam hari, roof garden Anda menjadi gelap. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memberikan penerangan terutama di dekat pintu atau tangga. Anda juga bisa menempatkannya lebih banyak titik lampu.

Demikian ulasan kami tentang cara membuat roof garden pada atap rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang desain taman atap rumah minimalis. Semoga bermanfaat. (ls) editted by AL190121.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *