Perlu Anda ketahui bahwa cara membuat fasad rumah tropis yang menawan dan indah tidaklah susah. Fasad yang dikenal dalam bahasa Perancis yang artinya depan atau muka ini, memiliki arti sendiri untuk setiap hunian yang dibangun dengan konsep modern.

Lantas, bagaimana cara menerapkan penggunaan fasad di rumah wilayah tropis ? Kali ini diminimalis akan mengulas cara mengaplikasikan desain fasad pada rancangan rumah minimalis di wilayah tropis untuk Anda.

Cara Membuat Fasad Rumah Minimalis agar Terlihat Manis

cara membuat fasad rumah, cara buat fasad rumah, cara membuat profil tembok
fasad rumah minimalis menggunakan batu alam yang manis – diminimalis.com

Fasad mempunyai fungsi yang penting untuk setiap rumah. Selain mempunyai fungsi memperindah rumah, fasad juga mempunyai fungsi untuk mempertahankan kualitas cat yang ada dilapisan dinding eksterior rumah kita. Jenis fasad tertentu ada yang difungsikan sebagai penolak sinar matahari secara langsung. Maka dari itu, sebuah rumah tropis memang sebaiknya perlu memiliki fasad.

Membuat fasad di rumah tropis yang menawan dan indah memerlukan anggaran yang tidak sedikit. Penggunaan desain dan bahan pembuatan fasad harus bisa disesuaikan dengan desain rumah kita. Dalam konsep desain modern minimalis, penggunaan fasad dapat dibuat pada dibagian depan, samping maupun belakang rumah.

Penggunaan fasad rumah di wilayah tropis, lebih cocok dibuat pada bagian depan dan bagian samping rumah. Hal ini untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung yang masuk ke dalam rumah. Dengan adanya fasad yang mampu menolak resapan sinar matahari, maka bisa dipastikan rumah Anda akan tetap sejuk dan lebih nyaman.

rumah minimalis lahan miring, rumah minimalis tanah miring, desain rumah minimalis lahan miring, desain rumah minimalis di lahan miring
desain fasad dengan variasi yang unik – diminimalis.com

Desain fasad sebenarnya memiliki banyak variasi, tergantung keinginan Anda cenderung memilih model yang seperti apa. Untuk mempercantik tampilan fasad pada gaya rumah modern minimalis, Anda bisa memberikan tambahan pelengkap seperti furniture hiasan.

Tanaman vertikal dan elemen lain juga bisa mendukung keindahan rumah minimalis Anda. Fasad perumahan minimalis jauh akan lebih bagus dari segi fungsinya jika Anda dapat menyesuaikan tepat dengan tema dan gaya rumah minimalis Anda.

5 Cara Membuat Fasad Rumah Semakin Memesona

Ada berbagai macam cara untuk membuat fasad rumah Anda semakin memesona. Berikut ini tips agar fasad rumah Anda semakin memesona.

1. Secondary Skin

Tidak hanya manusia, ternyata rumah juga mempunyai lapisan terluar atau biasa disebut secondary skin. Fungsi utama dari lapisan ini adalah melindungi rumah dari paparan sinar matahari dan hujan. Namun, tidak hanya digunakan sebagai pelindung, secondary skin juga membuat tampilan rumah Anda semakin memesona.

Beberapa material yang biasanya digunakan dalam secondary skin yaitu bahan metal, besi, atau kayu. Bentuknya pun dapat dimodofikasi sesuai dengan keinginan Anda. Secondary skin mempunyai beberapa jenis yang dapat Anda gunakan diantaranya:

Bambu

Cara membuat fasad rumah semakin cantik dapat menggunakan secondary skin dari bahan bambu. Bambu merupakan material yang terkenal ramah lingkungan dan kuat. Jenis ini merupakan bahan yang paling sering untuk dipakai. Penggunaan material tradisional akan menghasilkan nuansa etnik pada bangunan Anda.

Besi

Anda menginginkan elemen pembentuk fasad yang kokoh? Anda dapat menggunakan besi atau baja yang ditempatkan pada bagian depan jendela atau dinding kaca. Ini bertujuan agar mampu mereduksi cahaya dan panas dari sinar matahari yang berlebihan masuk ke dalam ruangan.

Botol Bekas

Selanjutnya untuk membuat secondary skin lebih estetika, Anda dapat menggunakan material yang berasal dari daur ulang seperti botol bekas. Material ini disusun pada panel-panel di antara modul rangka kerja. Kemudian, botol kaca ini akan mereduksi cahaya matahari berlebih dan memperlancar sirkulasi udara.

Fiber

Material yang paling banyak dipakai pada bangunan adalah fiber. Fiber merupakan salah satu trobosan dalam inovasi teknologi yang dapat dibentuk dengan beragam rupa. Tak heran jika material ini paling banyak diminati.

2. Kolam Ikan

Cara membuat fasad rumah di teras yang menyejukkan mata ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Anda dapat menambahkan aksen kolam ikan dengan berbagai desain yang menarik untuk membuat tampilan rumah yang tidak monoton. Agar lebih terlihat alami dan menarik, Anda dapat menambahkan air mancur dan beberapa tanaman hias disekelilingnya.

Anda juga dapat membentuk kolam ikan menjadi bentuk segi empat, oval, segitiga, atau silinder. Sedangkan jenis ikan yang dapat dipelihara yaitu ikan mas sinyonya, ikan mas punten, atau ikan mas majalaya. Jangan lupa untuk melakukan perawatannya secara rutin, agar kolam ikan tidak cepat kotor dan air menjadi keruh.

3. Tanaman Rambat

Cara membuat fasad rumah yang ketiga agar lebih menarik yaitu menambahkan tanaman rambat pada atap rumah Anda. Tanaman rambat ini akan menjuntai ke bawah hingga ke lantai. Selain menambah menarik, rumah Anda juga akan terlihat lebih asri dan sejuk. Anda pun tidak perlu khawatir mengenai biaya, tanaman rambat bisa dikatakan terbilang low budget dalam perawatannya.

Ada beberapa jenis tanaman rambat yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik fasad rumah. Misalnya, tanaman dolar atau daun jawa, sirih, ivy, morning glory, mandevilla, pothos scandes. Anda harus memperhatikan cara perawatan tanaman rambat agar tidak mudah layu dan diserang hama.

4. Tanaman Vertikal

Tidak hanya tanaman rambat, Anda juga bisa mengaplikasikan taman vertikal. Memang berbeda dengan tanaman rambat, tanaman vertikal perlu mempersiapkan beberapa hal yaitu.

Pertama, siapkan peralatan pot dan media tanam yang akan Anda gunakan dan susun. Kemudian susunlah dengan rapi dengan tata letak yang sesuai dengan lokasi rumah Anda. Anda juga dapat memberikan tambahan bunga yang warna-warna untuk menambah kesan ceria.

Selain untuk mempercantik fasad rumah Anda, menanam tanaman vertikal juga dapat digunakan untuk insulasi dalam menyerap panas. Tidak hanya itu adanya tanaman vertikal juga dapat memanfaatkan kembali air kelabu yaitu air yang sedikit terpolusi dan tidak dapat digunakan oleh manusia. Misalnya air sisa cucian sayur dan buah yang sudah tidak dipakai manusia, namun masih bisa digunakan untuk tumbuhan.

5. Mendesain Carport

Cara membuat fasad rumah semakin cantik yang terakhir adalah mendesain carport. Carport merupakan bagian yang penting dalam sebuah fasad rumah. Namun, tidak hanya digunakan untuk area parkir, tampilan carport juga dapat membuat rumah Anda semakin menarik. Anda bisa memodifikasinya dengan material kayu atau baja ringan yang saat ini semakin banyak digunakan.

Gunakan bahan yang kokoh dan kuat dalam memilih bahan utama carport. Ini untuk menjaga keamanan anak-anak apabila bermain disekitarnya. Sebaiknya menghindari bahan utama yang terbuat dari kayu, karena kualitas kayu dapat berkurang seiring dengan perubahan suhu dan iklim. Namun, apabila Anda ingin menggunakan kayu sebaiknya dapat menggunakan kayu yang kokoh seperti kayu jati.

Untuk mendesain carport agar lebih aman dan indah dipandang, Anda juga dapat menggunakan konsep terbuka atau membuat atap terlihat lebih terbuka dengan model partisi bercelah. Jangan lupa juga untuk merancang talang air yang digunakan untuk mengalirkan air hujan dengan baik.

Demikian ulasan kami tentang cara cara membuat fasad rumah minimalis agar terlihat manis, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang fasad batu alam menjadikan rumah minimalis Anda tampak gagah. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. (ls) editted by AL210221.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *