8 Langkah Cara Membuat Carport yang Aman Pada Rumah Minimalis Anda

Mengetahui cara membuat carport yang aman pada rumah minimalis merupakan hal yang penting dan perlu diupayakan dengan maksimal. Berbicara mengenai carport, banyak orang yang masih salah paham dengan istilah ini. Masih banyak orang yang mengira bahwa carport sama dengan garasi mobil atau motor yang menggunakan 4 penutup dinding.

Dalam pemahaman desain eksterior, carport merupakan salah satu bagian eksterior rumah yang ada dibagian depan dibangun dengan menggunakan bahan yang terbuat dari kanopi maupun dari bahan kayu dan menggunakan 2 penutup saja. Yaitu dibagian belakang dan depan.

Cara Membuat Carport yang Aman pada Rumah Minimalis Anda

Cara Membuat Carport, Cara Membuat Carport sendiri, standar kemiringan carport
carport minimalis dengan pepohonan yang menambah keteduhan – diminimalis.com

Carport sendiri sering kali dimanfaatkan atau difungsikan sebagai tempat untuk parkir mobil, sepeda motor, penyambutan tamu dan juga untuk tempat berkumpul. Jika dilihat dari segi fungsinya, maka carport lebih multiguna dibandingkan dengan garasi mobil ataupun motor. Bagi Anda yang ingin membuat carport yang aman, Anda bisa menyimak ulasan kami di bawah ini.

carport minimalis modern
carport perlu dibangun menggunakan bahan yang kokoh – diminimalis.com

a. Penggunaan Bahan

Cara membuat carport yang aman pertama adalah mengenai penggunaan bahan utama untuk pembuatan carport. Kami menyarankan Anda untuk menggunakan bahan yang kokoh dan kuat sehingga aman jika digunakan anak-anak untuk bermain. Alangkah baiknya, jika Anda menggunakan baja ringan sebagai rangka carport pada rumah minimalis Anda.

b. Membuat Subgrade Stabil

Landasan yang kuat pada carport sangat penting untuk diperhatikan. Langkah untuk membuat landasan yang kuat adalah dengan mempersiapkan lapisan subgrade terlebih dahulu.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan dan meratakan area yang hendak digunakan sebagai carport. Kemudian, Anda bisa memadatkannya dengan mesin pemadat atau stamper agar landasan carport tidak mudah retak.

Selanjutnya, Anda dapat menambahkan subgrade pada bagian atas dan tambahkan beberapa batu kali dengan diameter 20 cm. Tujuan dari penambahan batu kali ini adalah agar menghindari tanah naik ke atas dan meningkatkan kepadatan subgrade. Terakhir, hamparkan pasir dengan ketebalan kurang lebih 5 cm.

c. Model Konstruksi

Model konstruksi juga menjadi faktor utama untuk menciptakan carport yang aman dan indah dipandang orang. Penggunaan kaca dan variasi bahan lain akan membuat carport milik Anda lebih menawan. Sebaiknya, Anda menggunakan model konstruksi yang desain carportnya disesuaikan dengan fasad rumah. Ini dikarenakan agar tidak terjadi benturan gaya dan tetap terlihat lebih eksotik.

Pastikan proporsi carport dengan rumah tidak berlainan. Buatlah carport yang tidak terlau tinggi, sehingga dapat menutupi tampilan pada fasad rumah. Selain itu juga, jangan menggunakan material yang terlalu solid karena akan membuat carport menjadi penuh sesak.

d. Jangan Gunakan Bahan Mudah Rapuh

Cara membuat carport selanjutnya yang aman yaitu jangan mudah menggunakan jenis bahan yang mudah rapuh. Hindari membuat rangka carport menggunakan kayu. Pengaruh perubahan suhu dan perubahan iklim akan mempengaruhi rangka kayu pada carport rumah minimalis Anda.

Bahan kayu untuk carport memungkinkan untuk digunakan apabila kayu digunakan merupakan jenis kayu yang kokoh seperti kayu jati ataupun kayu pohon kelapa. Bila Anda hendak membuat carport menggunakan kayu, maka rajin-rajinlah merawatnya agar terlindung dari serangan rayap atau pelapukan karena pengaruh cuaca.

e. Menentukan Desain Caport yang Cantik

Berikut ini beberapa contoh dari desain carport yang dapat menjadi rekomendasi Anda:

Carport dari Batu Alam

Penambahan batu alam pada lantai carport akan membuat suasana lebih alami dan elegan. Warna yang gelap dari batu alam semakin mempercantik tampilannya. Anda harus rutin merawat secara berkala agat tidak mudah berlumut. Anda bisa melapisinya dengan coating agar batu alam tidak berlumut dan licin.

Carport dari Grassblock

Anda yang ingin mengetahui cara membuat carport agar lebih asri, sebaiknya menggunakan lantai dengan material grassblock. Keunggulan dari penggunaan material ini yaitu memperkuat jalan masuk kendaraan, tahan lama, tahan cuaca, serta membuat carport tampak lebih hijau dan tidak gersang. Apabila terjadi hujan pun, air tidak tergenang dan dapat langsung diserap ke dalam tanah.

Carport Pergola Kayu

Selanjutnya adalah carport yang terbuat dari pergola kayu. Carport ini mempunyai pengemar yang banyak karena mempunyai tampilan yang natural dan fleksibel. Pemasangan dari carport ini juga terbilang mudah daripada material lainnya. Namun, Anda harus selalu merawatnya agar tetap terjaga dan tahan lama.

Carport Atap Kaca

Anda menginginkan carport yang lebih terbuka dan terang? Anda dapat menggunakan carport yang terbuat dari atap kaca. Carport dari atap kaca ini terang tanpa menggunakan penerangan lagi. Namun, atap ini juga mudah kotor jika terkena debu atau sampah dari dedaunan. Sebaiknya, Anda rajin untuk membersihkannya seminggu dua kali.

f. Luas Lahan Carport

Langkah selanjutnya dalam cara membuat carport adalah menentukan luas lahan carport. Anda harus memperhatikan luas dari mobil yang akan jadi ukuran standar carport Anda. Ukuran standar dari satu mobil yaitu 3m x 5m, namun jika lahan terbatas Anda dapat menggunakan ukuran minimal yaitu 2,5m x 4,8m.

Apalagi jika Anda mempunyai kendaraan lain seperti sepeda motor. Anda harus menambah luas lahan dengan panjang sekitar 2 m dan lebar 80 cm. Jangan lupa juga untuk menentukan tinggi agar memudahkan saat memarkir kendaraan. Posisi tinggi dari carport ini buatlah sedikit miring namun dengan sudut yang tidak terlalu besar.

g. Merancang Talang Air

Selanjutnya adalah merancang talang air yang difungsikan untuk mengalirkan curah air hujan dengan baik. Hal ini karena apabila posisi talang air salah tempat, air hujan dapat menggenangi carport Anda dan membuat cepat rusak. Anda dapat mengatur kemiringannya sekitar 1-2 derajat.

h. Memperhatikan Material Lantai

Cara membuat carport selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah material lantai carport. Lantai ini mempunyai fungsi untuk menahan dan menyangga beban mobil sehingga dibutuhkan material yang kuat dan tidak licin. Anda dapat menggunakan material seperti batu alam, keramik, beton, cor, atau paving block.

Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat lantai carport yaitu sebagai berikut:

1. Permukaan Lantai Bertekstur

Langkah pertama yang harus Anda perhatikan adalah merancang permukaan lantai dengan tekstur yang kasar. Anda bisa menambahkan rumput atau parit kecil pada carport untuk mencegah genangan air.

2. Lantai Carport Harus Kokoh dan Tahan Terhadap Perubahan Cuaca

Pastikan Anda memilih material yang awet dan tahan pecah karena harus menahan beban mobil yang mempunyai beban lebih dari dua ton. Selain itu, berikan konsep carport yang semi terbuka sehingga udara dan suhu mudah masuk pada kendaraan Anda.

Demikian ulasan kami tentang cara membuat carport yang aman pada rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang 10 ide carport minimalis modern pelindung kendaraan bernilai elegan, semoga bermanfaat. (ls) editted by AL210321.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.