Cara Membersihkan Tempat Tidur untuk Menghindari Bakteri dan Penyakit

Pada intinya, kunci untuk membersihkan rumah termasuk kamar tidur dengan cepat dan efisien adalah mengetahui apa yang mesti dikerjakan. Selain itu, menyediakan alat-alat yang akan digunakan seperti sapu, lap, dan kemoceng perlu juga didahulukan.

Selanjutnya, saat hendak membersihkan tempat tidur Anda perlu mengetahui tugas-tugas mana yang harus dikerjakan lebih dulu dan mana yang belakangan. Semua ini bisa direncanakan sejak awal terlebih jika banyak hal yang akan dilakukan sifatnya harian.

 cara membersihkan tempat tidur, cara membersihkan tempat tidur dari kutu, cara membersihkan kamar tidurdari debu

Tempat tidur perlu dibersihkan setiap hari supaya jauh dari penyakit – diminimalis.com

Adapun alat-alat yang perlu disediakan sebelum Anda mulai membersihkan tempat tidur dan area lainnya dalam kamar, diantaranya:

  • Vakum Cleaner
  • Pembersih lembut, kain lap, kanebo
  • Sapu
  • Pembersih jendela dan detergen kaca

Hal-hal yang perlu dilakukan saat akan membersihkan tempat tidur

Meski mungkin Anda sudah terbiasa disiplin membersihkan tempat tidur, tidak ada salahnya membuat list apa saja yang perlu dilakuakn sebagai pengingat.

Bereskan barang berserakan

Hal pertama yang mesti Anda lakukan sebelum pegang sapu dan lain-lain adalah membersekan barang-barang yang berserakan termasuk cucian. Tempatkan pada tempatnya, jika cucian kotor banyak yang masih menggantung atau di lantai, ambil dan letakkan di bak cucian kotor. Setelah semua barang berserakan beres diatasi, selanjutnya bisa lakukan pembersihan di titik lain.

Bersihkan langit-langit dari sarang laba-laba

Ambil alat pembersih plafon dengan gagang yang panjang untuk membersihkan sarang laba-laba. Jika ingin membersihkan plafon, tutupi dulu ranjang dengan karpet atau apapun untuk menadah kotoran dari atas.

Ganti sarung bantal dan bersihkan barang-barang elektronik

Selanjutnya, tips membersihkan tempat tidur dari bakteri adalah Anda bisa mengganti sarung bantal yang sudah terpakai cukup lama. Bersihkan juga gagang atau bagian luar peralatan elektronik seperti kipas angin, dispenser dan sebagainya.

Mencuci pakaian kotor

Pembersihan kamar tidur kurang lengkap tanpa menyingkirkan pakaian kotor yang menumnpuk. Satu-satunya cara menyingkirkannya dan tidak membuangnya adalah dengan mencucinya. Segera bawa ke mesin cuci untuk dilakukan pencucian.

Bersihkan semua aksesoris ruangan dengan lap basah

Meski ruangan Anda tidak terlalu kotor dan hanya ada debu yang mengotori ruangan, sebaiknya tetap menyiapkan lap basah untuk menyempurnakannya. Bersihkan semua benda-benda tambahan dalam ruangan seperti cermin, pigura foto dll. Bila perlu siapkan lap basah untuk membersihkan debu agar terserap ke kain dan tidak berpindah.

Bersihkan jendela dengan pembersih jendela

Pada jendela, biasanya ada kaca dan juga rangka kayu atau stainless. Bersihkan jendela dengan pembersih khusus agar ruangan nampak bersih sempurna.

Bersihkan gorden dari debu

Selanjutnya, setelah jendela, Anda bisa beralih ke gorden. Bersihkan gorden dari debu yang menempel.

Bersihkan lantai

Terakhir, setelah bagian atas semuanya bersih, adalah membersihkan lantai dengan dipel. Ini bertujuan untuk meminimalisasi bakteri di kamar tidur yang akan terbawa melalui telapak kaki. Jangan lupa untuk disapu dulu ya sebelum dipel. Fokuskan pada area di bawah tempat tidur karena biasanya disana tempat berkumpulnya debu dan kotoran.

Langkah Strategis Membersihkan Tempat Tidur dari Bakteri Pembawa Penyakit

Cara membersihkan tempat tidur setiap orang mungkin berbeda-beda. Hal ini dikarenakan pemahaman tentang potensi penyakit dan bakteri di kamar yang berbeda-beda pula. Sebenarnya, untuk menjaga kebersihan ranjang tak cukup dengan mengganti sprei dan sarung bantal dengan yang baru. Karena spreii dan sarung bantal menyimpan jutaan bakteri yang sebaiknya harus kita cuci minimal sebulan sekali.

Tempat tidur yang bersih dan berkualitas akan membuat tidur Anda lebih sehat. Untuk bisa mendapatkannya, Anda bisa menyimak ulasan kami di bawah ini.

1. Bersihkan perabot di kamar

Bersihkan perabotan yang ada di dalam kamar dari debu dan jamur yang bisa menimbulkan bau tak sedap di dalam kamar. Mulailah membersihkan tempat tidur dari bagian atas hingga ke bawah agar debu tak bertebaran kemana-mana. Setelah itu, sapu atau vakum lantai kamar Anda.

bakteri di kamar tidur, bakteri di tempat tidur, cara mencegah bakteri di kamar
gunakan Vacuum cleaner untuk membersihkan kasur Anda – diminimalis.com

2. Gunakan vacuum cleaner untuk membersihkan kamar Anda

Vacuum cleaner bisa mengangkat debu, sel-sel kulit mati, atau partikel-partikel kecil lainnya yang menempel di seluruh permukaan kasur dan perabot lain. Lakukan hal ini minimal dua minggu sekali.

3. Bersihkan karpet

Sering-seringlah membersihkan karpet di kamar Anda. Karena karpet bisa menjadi sumber bau dan juga penyebaran bakteri di dalam kamar. Vakum karpet paling tidak seminggu dua kali lalu bersihkan dengan menggunakan cuka atau baking soda.

4. Bersihkan jendela

Saat membersihkan kamar, jangan lupa untuk membersihkan jendela agar tak terjadi penumpukan debu dan kotoran pada bingkainya. Karena debu yang menumpuk bisa terbawa masuk ke dalam kamar tidur yang dapat membuat bakteri semakin banyak.

5. Cahaya matahari membunuh jamur dan bakteri

Jamur dan bakteri sangat menyukai tempat yang lembab, untuk itu Anda perlu menjaga kamar tidur supaya tidak terlalu lembab. Bukalah jendela lebar-lebar dari pagi hingga sore hari, agar cahaya matahari yang masuk bisa maksimal. Dengan begini Anda dapat mengurangi resiko perkembangan jamur dan bakteri di kamar Anda.

6. Cuci dan Jemur bantal secara rutin

Untuk mendetoks kamar tidur, Anda dapat memulai dengan menjemur bantal dan mencuci sarungnya minimal sebulan sekali. Karena disanalah tempat paling banyak ditinggali kuman dan bakteri di kamar Anda.

Demikian ulasan kami tentang cara membersihkan kamar tidur untuk mencegah bakteri pembawa penyakit. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN26022020


Comment