Cara Membersihkan Sarang Laba-laba yang Mengganggu di Rumah

Keberadaan sarang laba-laba atau serangga di dalam rumah memang seringkali mengganggu. Tapi tenang saja, karena ada beberapa cara membersihkan sarang laba-laba yang bisa Anda lakukan. Caranya cukup simpel karena tidak membutuhkan banyak peralatan atau bahan ensiktisida. Cukup dengan bahan-bahan alami yang biasa ditemukan di dapur pun sudah bisa.

Nah, kira-kira apa saja bahan-bahan mudah didapat yang kami maksud? Gimana cara membersihkan sarang laba-laba tanpa harus repot-repot banget? Baca selengkapnya di artikel ini.

Karakteristik Laba-laba dan Cara Efektif Mencegah Gangguan Serangga

Harus dipahami bahwa aba-laba sendiri suka dengan bagian rumah yang lembab. Rumah dengan sarang laba-laba membuat hunian tampak seperti rumah kosong tak berpenghuni. Kesan kotor dan jorok seketika akan menghampiri ketika tamu berkunjung.

Laba-laba, atau disebut juga labah-labah, adalah sejenis hewan berbuku-buku (arthropoda) dengan dua segmen tubuh, empat pasang kaki, tak bersayap, dan tak memiliki mulut pengunyah. Laba-laba merupakan hewan pemangsa (karnivora), bahkan kadang-kadang kanibal. Mangsa utamanya adalah serangga. Hampir semua jenis laba-laba, mampu menginjeksikan bisa melalui sepasang taringnya kepada musuh atau mangsanya.

Tidak semua laba-laba membuat jaring untuk menangkap mangsa, akan tetapi semuanya mampu menghasilkan benang sutera, yakni helaian serat protein yang tipis namun kuat, dari kelenjar (disebut spinneret) yang terletak di bagian belakang tubuhnya. Serat sutera ini amat berguna untuk membantu pergerakan laba-laba, berayun dari satu tempat ke tempat lain, menjerat mangsa, membuat kantung telur, melindungi lubang sarang, dan lain-lain.

Pada kesempatan kali ini, diminimalis akan memberikan tips untuk Anda tentang cara membersihkan sarang laba-laba yang mengganggu:

Solusi Membersihkan Sarang Laba-laba, cara Solusi Membersihkan Sarang Laba-laba, Solusi Membersihkan rumah Laba-laba
sarang laba-laba yang menggangu – diminimalis.com

Cara membersihkan sarang laba-laba yang mengganggu

Oke langsung saja ini dia beberapa cara membersihkan sarang laba-laba dengan bantuan beberapa bahan rumah tangga.

1. Gunakan cuka

Cuka dapat digunakan untuk menghindari / solusi membersihkan sarang laba-laba. Cuka memiliki aroma asam yang menyengat dan tidak disukai oleh laba-laba-laba-laba. Caranya cukup mudah, Anda tinggal membuat spray cuka kemudian semprotkan ke sudut-sudut yang bersarang.

Cara membersihkan sarang laba-laba, manfaat baking soda, manfaat baking soda untuk kesehatan, manfaat baking soda untuk gigi
Cara membersihkan sarang laba-laba dengan baking soda – diminimalis.com

2. Manfaatkan baking soda

Sudah sejak lama baking soda dikenal sebagai bahan multifungsi. Sarang laba-laba-laba-laba yang hinggap di celah ruangan.

Tabur baking soda di area rumah dan tunggu 2 hingga 3 hari. Laba-laba-laba-laba akan menjauhi area yang telah ditaburi baking soda tersebut.

3. Pakai pemutih

Pemutih pakaian juga dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan sarang laba-laba yang membandel. Campur pemutih dengan air, lalu masukkan ke dalam botol bekas. Semprot ke bagian rumah secara rutin.

4. Tetesan minyak kayu putih juga bisa

Minyak kayu putih dengan rasa panas ampuh membasmi sarang laba-laba. Teteskan minyak kayu putih di atas cotton ball kemudian letakkan di area rumah yang dihinggapi sarang laba-laba-laba-laba. Selain minyak kayu putih, Anda juga dapat menggunakan peppermint oil atau lemon furniture.

5. Bersihkan dengan sapu atau vaccum cleaner.

Cara ini cukup standar untuk membersihkan sarang laba-laba-laba-laba. Bila menggunakan sapu, putar sapu tersebut agar sarang laba-laba lebih cepat dibersihkan. Cara yang lebih praktis adalah dengan menggunakan vaccum cleaner.

6. Gunakan Buah berangan kuda

Cara membersihkan sarang laba-laba selanjutnya ialah dengan memanfaatkan buah berangan kuda. Buah yang masih tergolong family kacang-kacangan ini mampu mengusir laba-laba dengan baik. Anda hanya perlu menaruh beberapa butir buah berangan kuda di sudut-sudut rumah dan area yang sering dilalui laba-laba. Jika Anda kesulitan mencari buah berangan kuda bisa saja Anda menggantinya dengan kenari ataupun jeruk osage yang memiliki efek sama dengan buah berangan.

Baca juga: Cara mengusir laron tanpa mematikan lampu di rumah minimalis Anda

7. Gunakan Minyak Papermint

Laba-laba sangat tidak menyukai aroma minyak papermint ini sehingga cukup efektif untuk mengusir laba-laba. Agar efeknya bisa bertahan lama Anda bisa menggunakan kapas yang dibasahi dengan minyak papermint dan Anda taruh di tempat yang mungkin dilalui laba-laba. Jika Anda tidak menyukai aroma dari papermint Anda bisa menggantinya dengan minyak ekaliptus.

Sarang laba-laba memang menjadi pengganggu rumah karena keberadaannya yang membuat rumah seperti berhantu. Sarang laba-laba yang sudah menumpuk juga membuat hunian tidak nyaman untuk ditinggali. membersihkan sarang laba-laba sangat mudah dilakukan dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Selain itu, Anda perlu menjaga kebersihan area rumah setiap hari agar terbebas dari sarang laba-laba hingga serangga pembawa kuman.

Demikian penjelasan dan uraian kami tentang solusi membersihkan sarang laba-laba yang mengganggu. Cukup mudah bukan? Silahkan Anda praktekkan ya. Semoga bermanfaat. (ls.) editted by RN11042021

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.