Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi Agar Bebas Kerak

Kamar mandi sering kotor karena memang ruangan ini lebih sering dipakai bahkan hampir tiap hari. Air mengalir bersama kotoran di badan dan sabun membuat lapisan kotoran pada permukaan lantai semakin menebal. Oleh karenanya, cara membersihkan lantai kamar mandi juga perlu jadwal yang rutin.

Membersihkan kamar mandi bukan saja dengan menguras bak air saja. Namun mengepel lantai hingga bersih dengan peralatan pembersih yang direkomendasikan juga bagian dari  itu semua. Nah, kali ini diminimalis akan lebih fokus pembahasannya pada pembersihan lantai terlebih dulu.

Tips dan Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi 

Membersihkan lantai kamar mandi supaya terbebas dari kerak dan kotoran membandel menjadi salah satu hal yang mesti difikirkan oleh banyak orang. Terutama jika kerak yang ada terbilang sulit dihilangkan. Kita tahu bahwa kamar mandi merupakan salah satu bagian rumah yang sangat intens digunakan, sehingga membersihkanya pun menjadi rutinitas yang wajar untuk diutamakan.

Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi, Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi membandel, Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi yang licin, cara membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak
Lantai kamar mandi harus dibersihkan secara rutin untuk mencegah timbulnya kerakyang membandel – diminimalis.com

Salah satu noda yang umum ada di kamar mandi adalah kerak, dan biasanya kerak ini memiliki karakteristik membandel dan sulit dihilangkan. Beberapa orang telah melakukan berbagai cara untuk menghlangkan kerak ini. Bila Anda masih mengalami kesulitan untuk menghilangkan kerak di kamar mandi, maka gunakanlah behan-bahan berikut ini.

Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi dari Kerak

Tanpa Anda sadari, ternyata ada beberapa bahan kimia yang efektif dipakai untuk membersihkan noda pada lantai. Nah, apa saja bahan kimia yang dimaksud? Anda bisa cek pada penjelasan berikut ini.

1. Zat Asam Cuka

Kerak kamar mandi biasanya terbentuk dari sisa sabun, lumut, atau jamur yang mengeras. Sehingga, cara membersihkan lantai kamar mandi menggunakan zat asam cuka dengan ph yang cukup rendah menjadi salah satu solusi jitu. Lagkah pertama yang harus Anda lakukan adalah keluarkan seluruh barang yang ada di kamar agar setiap sudut yang sulit sekalipun dapat dibersihkan dengan mudah.

Buatlah larutan asam cuka dengan cara mencampurkan asam cuka dengan air. Perbandingan antara asam cuka dan air adalah 1:1. Tambahkan pula sedikit sabun dan deterjen pada larutan tersebut. aduk dengan merata seluruh bahan tersebut.

Setelah itu siram seluruh permukaan lantai dengan larutan tersebut, lalu diamkan selama kurang lebih lima menit kemudian gosok semua bagian lantai hingga bersih. Apabila kerak membandel tidak hilang juga maka gunakanlah zat asam cuka murni tanpa campuran air.

Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi, Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi membandel, Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi yang licin, cara membersihkan keramik kamar mandi yang berkerak , kamar mandi sehat, kamar mandi sehat dan bersih, kamar mandi yang sehat, cara membuat kamar mandi sehat, tips membersihkan kamar mandi
contoh kamar mandi sehat dengan lantai yang bersih – diminimalis.com

2. Kaporit

Selain asam cuka, Anda juga dapat menggunakan kaporit untuk menghilangkan kerak. Caranya adalah siram terlebih dahulu lantai kamar mandi dengan menggunakan air panas. Lalu taburkan bubuk kaporit pada bagian tersebut, dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu siram kembali dengan air, lalu gosok dengan menggunakan cairan sabun hingga bersih kemudian terakahir, bilas dengan air.

3. Asam Sitrat

Lngkah pertama yang harus Anda lakukan jika Anda hendak mengaplikasikan asam sitrat sebagai salah satu cara membersihkan lantai kamar mandi adalah dengan menggosok terlebih dahulu kerak oleh batu apaug dan sabun. Lalu siram dengan aiar. Setelah itu berikan asam sitrat pada bagian tersebut, dan diamkan selam kurang lebih satu jam. Lalu gosok dengan sikat hingga bersih.

• Untuk lantai keramik dengan jenis linoleum wax, cara membersihkannya adalah dengan menggunakan campuran sabun cair dan air hangat ( tanpa cuka). Untuk menghilangkan wax pada lantai, maka campurkan soda pencuci dan air hingga berbentuk seperti krim.

Gunakan campuran tersebut untuk menutupi lantai ataupun dinding, kemudian biarkan hingga kering. Selanjutnya, gosoklah dengan sikat atau spons yang kasar. Saat menggosoknya, jangan lupa gunakan sarung tangan untuk menghindari iritasi kulit. Kemudian bilas menggunakan cuka yang dilarutkan ke dalam air.

• Apabila ada noda permen pada keramik, maka cara untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan sendok dempul. Bila cara tersebut belum berhasil, Anda bisa meneteskan alkohol ke atas noda permen karet, kemudian bilas dengan kain spon basah.

Bila Keramik sudah Bersih, Jangan Lupa untuk Merawat Natnya

Tidak hanya bicara soal cara membersihkan lantai kamar mandi saja yang penting, potensi kebocoran dalam rumah juga penting. Kebocoran kamar mandi biasanya disebabkan oleh usia nat keramik yang sudah lama terkikis dan kemudian memunculkan celah yang menjadi jalan meresapnya air penyebab bocor. Binatang cacing yang bersembunyi di celah-celah nat juga turut memperparah kebocoran.

Namun, jika lantai ataupun dinding kamar mandi Anda masih baru tapi sudah bocor berarti kebocoran terjadi saat pemasangan keramik atau dalam pembuatan dak. Untuk memperbaiki nat keramik kamar mandi yang masih tergolong baru mudah saja caranya.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan apakah keramik menempel dengan baik atau tidak dengan cara mengetuknya. Jika keramik tidak menempel dengan baik maka pembongkaran harus Anda lakukan. Namun jika tidak Anda hanya cukup membersihkan nat pada area yang bocor.

Setelah langkah pertama dilakukan, selanjutnya Anda bisa menentukan beberapa perlakuan seperti akan menembel atau menggantinya dengan yang baru.

Jika sekiranya terlalu berat di ongkos untuk mengganti dengan yang baru atau karena memang masih cukup baru, bisa dengan menembelnya. Anda hanya perlu bahan-bahan khusus yang mudah ditemukan di toko bangunan.

Itulah beberapa cara membersihkan lantai kamar mandi agar terbebas dari kerak yang membandel. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang kriteria kamar mandi sehat, semoga ulasan tersebut mampu menambahkan pengetahuan yang belum ada dan semoga bermanfaat. (ls.) editted byRN26032020

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.