Ketika Anda akan memasang pelapis dinding berupa mozaik secara mandiri, Anda harus tahu dan setidaknya menguasai tekniknya. Cara memasang mozaik pada dinding rumah baik untuk ruangan biasa maupun kamar mandi sangat perlu ketelitian khusus.

Hal ini karena jika tidak dipasang dengan baik maka menempelnya tidak akan sempurnasehingga berpotensi lepas dan cepat rusak.

Untuk mengakali ini, biasanya para tukang yang sudah ahli memasang mozaik akan menerapkan tips dan teknis khusus.

Kali ini diminimalis akan coba mengulas hal yang sama dilakukan oleh kebanyakan para profesional mozaik, yaitu cara memasang mozaik pada dinding rumah dengan benar.

Perbedaan Pemasangan Mozaik Vs Keramik

Sebelum mengerucut pada pembahasan mozaik untuk dinding, mari kita bandingkan dulu dengan material sejenis, yaitu keramik.

Mozaik dan keramik meskipun identik ternyata cara memasangnya tidak sama. Cara memasang mozaik perlu keahlian khusus karena memang secara fisik juga berbeda.

Meski beda dari sisi teknis pemasangan namun keduanya sama-sama memerlukan ketelitian lebih supaya bisa menempel dengan dengan baik pada dinding.

Namun jika mempertimbangkan kelebihan dan manfaat keramik mozaik untuk tampilan dinding, mungkin Anda akan dengan semangat memilih mozaik.

Untuk tujuan kemudahan pemasangan, kepingan mozaik sudah dibuat berukuran kecil-kecil oleh pihak produsen dan menyatukannya menggunakan benang nilon yang dianyam seperti jala.

cara memasang mozaik, cara memasang keramik mozaik, cara memasang mozaik dinding, cara memasang mozaik kitchen set
Cara memasang mozaik pada dinding – diminimalis.com

Tahapan dan Cara Memasang Mozaik pada Dinding Rumah Minimalis Anda

Sebelum membahas mengenai cara memasang mozaik pada dinding rumah, ada beberapa hal yang harus Anda siapkan terlebih dahulu. Diantara persiapan itu adalah terkait dengan alat-alat yang nantinya diperlukan untuk menunjang pengerjaan pemasangan keramik mozaik.

Berikut ini beberapa tahapan dan cara memasang mozaik pada dinding rumah minimalis Anda secara mandiri.

Tahap Persiapan

Tahap persiapan dimulai dari penyiapan bahan dalam hal ini mozaik siap pasang dan alat-alat penunjangnya. Berikut ini daftar bahan dan alat yang dimaksud.

1. Keramik mozaik dengan jumlah sesuai luas bidang yang dibutuhkan (biasanya keramik dijual dalam satu jaring berukuran 40cm x40cm),
2. Semen instan atau semen aditif, 1 sak isi 25kg kurang lebih untuk pemasangan 3m,
3. Pengisi nat,
4. Kape dan sendok semen,
5. Trowel,
6. Ember semen,
7. Sikat berbahan nilon,
8. Papan triplek untuk meratakan susunan mozaik,
9. Air secukupnya,
10. Kain lap. Jika bahan dan alat-alat yang dibutuhkan telah siap, selanjutnya baru mmasuk ke tahap pengerjaan dan berikut urutannya.

cara memasang mozaik, cara memasang keramik mozaik, cara memasang mozaik dinding, cara memasang mozaik kitchen set
mozaik yang dipasang dengan rapi menjadikan dinding nampak indah – diminimalis.com

Mulai Tahap pengerjaan

Pada tahap pengerjaan, tentu juga ada beberapa hal yang harus dikondisikan seperti area yang akan dipasangi mozaik harus steril dari kotoran dan permukaan juga harus rata.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini tahapan pengerjaan pemasangan keramik mozaik pada dinding rumah.

  • Lantai atau dinding harus dalam keadaan rata dan tidak bergelombang.
  • Jangan lupa untuk membersihkan permukaaan dari debu dan kotoran.
  • Tempelkan campuran semen khusus keramik secara merata ke media kerja (lantai atau dinding) dengan ketebalan 3 mm.
  • Pasang benang untuk menentukan lot dan water-pas
  • Balurkan dinding dengan semen aditif seluas lembaran keramik mozaiknya dengan ketebalan antara 1 hingga 2cm.
  • Letakkan lembaran keramik mozaik dia tas plesteran semen dan biarkan mengering. Waktu yang diperlukan adalah sekitar satu hari.
  • Rekatkankan keramik moraik dari bawah bidang pemasangan.
  • Tekanlah secara perlahan dengan menggunakan papan triplek, agar antara kepingan mozaik mendapatkan ketinggian yang sama rata.
  • Lakukan pemasangan berikutnya hingga selesai.
  • Setelah selesai tunggu kering hingga minimal 6 jam.
  • Lanjutkan pekerjaan dengan pengisian nat.
  • Isi permukaan nat di antara keping mozaik dengan semen khusus nat. Pengisian nat tidak perlu sampai rata dengan permukaan, karena nat yang cekung akan memperindah tampilan.
  • 30 menit setelah pengisian nat, bersihkan mozaik dengan lap setengah basah
  • Setelah nat kering, (sekitar 2 jam) sikat permukaan mozaik, bersihkan dengan kape jika ada sisa nat yang menempel di keramik.

Kesimpulan:

Dengan teknik pemasangan mozaik seperti tahapan di atas, maka aplikasi dinding keramik mozaik bisa terpasang dengan baik.

Pentingnya setiap tahapan di atas diikuti dengan penuh ketelitian adalah agar tidak menimbulkan efek gelombang yang bisa menyebabkannay cepat rusak.

Jika Anda masih bingun mengenai akan memilih mozaik atau keramik sebagai material pelapis dinding rumah Anda, sebaiknya baca dulu artikel kami yang membahas tentang hal itu disini.

Semoga setelah membaca artikel ini Anda akan lebih tercerahkan dan lebih mantap memilih mana yang terbaik.

Mungkin demikian saja ulasan dari kami tentang tahapan dan cara memasang mozaik dan tahapan yang harus dilalui agar bisa menempel dengan sempurna pada dinding rumah minimalis Anda. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN08102021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *