Beli perlengkapan CCTV sendiri mungkin mudah ya, tapi apakah memasangnya sendiri juga mudah? Jika Anda belum tahu cara memasang CCTV yang benar karena mungkin pertama kali, artikel ini akan coba membantu Anda.

Tidak terlalu sulit kok asalkan memahami berbagai komponen yang ada serta cara kerjanya. Hasilnya bagus atau tidak biasanya tergantung pada cara memasangnya. Untuk itu, penting sekali untuk tahu bagaimana prosedur pemasangan yang benar agar berfungsi dengan baik.

Mengenal Perangkat CCTV dan Fungsinya

CCTV (Closed Circuit Television ) adalah perangkat kamera video digital yang bisa dilihat melalui monitor/antar muka tertentu.

Cara kerjanya ialah perangkat kamera mengirim sinyal ke layar monitor sehingga bisa dilihat rekaman bidikannya pada area tertentu. Cara pemasangannya cukup mudah, jika Anda membelinya di toko elektronik atau outlet khusus biasanya ada layanan pemasangan dari penjual paket CCTV tersebut.

Atau jika Anda bisa, dipasang sendiri juga tidak masalah terutama bila Anda memahami cara merangkai perangkat kamera canggih yang satu ini.

cara pasang cctv, cara pasang cctv wireless, cara pemasangan cctv di rumah
Cara memasang CCTV wireless agar bisa diakses via perangkat mobile Anda – diminimalis.com

Hal-hal yang Harus Disiapkan Sebelum Memasang CCTV

Bila Anda ingin memasang CCTV untuk memantau keadaan sekitar rumah/toko, berikut ini beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan, termasuk pemilihan komponennya .

Alat-alat yang diperlukan:

  • Satu buah PC/Laptop untuk host bila CCTV nya nanti ingin dinyalakan 24 jam. Jika tidak ingin merekamnya
  • Hard disk berkapasitas besar terabit bila Anda ingin meng-capture semua aktivitas yang direkam CCTV.
  • Paket CCTV yang memiliki tingkat pencahayaan yang bagus supaya bisa merekam dengan jelas kondisi di malam hari.
Cara memasang CCTV, cara pasang cctv wireless, cara pemasangan cctv di rumah
Beragam jenis dan cara memasang CCTV yang benar- diminimalis.com

Saran Pemilihan Jenis CCTV: Kabel atau Wireless?

Sistem CCTV untuk pengawasan rumah tersedia dalam dua tipe yaitu kabel dan nirkabel (wireless). Sistem kabel hampir mirip dengan sistem listrik di rumah Anda, sementara kamera CCTV wireless jarak jauh bekerja dengan daya baterai dan melalui sinyal nirkabel.

Sistem CCTV kabel umumnya lebih mahal biaya instalasinya dan lebih sulit untuk diganti ketimbang versi wireless.

Keuntungan dari jenis CCTV kabel adalah lebih stabil dan memiliki kualitas sinyal yang sangat baik, sehingga tidak akan ada konflik dengan perangkat nirkabel lain di rumah Anda.

Di sisi lain, kamera CCTV wireless sangat mudah untuk dipasang, mudah disembunyikan, lebih murah untuk dibeli dan diganti. Namun perangkat nirkabel lainnya (seperti telepon wireless) dapat mengganggu sinyal sehingga akan mengorbankan kualitas gambar yang direkam.

Jadi, sebelum membahas cara memasang CCTV yang benar dan jika Anda akan memasangnya bisa memulainya dari menentukan jenis CCTV yang akan dipasang, apakah model kabel atau wireless. Keduanya punya kelebihan dan kekurangan seperti yang sudah disinggung tadi, tinggal Anda tentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: Cara memilih paket CCTV terbaik untuk rumah minimalis Anda

Tutorial Cara Memasang CCTV Sendiri

Sebetulnya tidak ada apapun di dunia ini yang benar-benar susah dan tidak bisa dipelajari atau dilakukan. Semuanya pasti bisa, termasuk Anda yang misalnya baru pertama kali akan memasang CCTV. Cara memasang CCTV cukup mudah asalkan setidaknya bisa membedakan jenis penggunaan CCTV itu sendiri.

Untuk Sistem Keamanan Wireless Camera [CCTV Nirkabel]

* Letakkan kamera di mana Anda inginkan, misalnya di depan toko, dekat pintu gerbang atau lainnya, kemudian nyalakan.
* Instal perangkat lunak pendukung pada monitor/PC, kemudian konfigurasikan agar bisa mengambil sinyal, dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: Cara Mengakses CCTV dari Gadget dengan Mudah dan Akurat

Untuk Sistem Keamanan Wired Kamera [CCTV Kabel]

Cari spot dengan jangkauan pandang yang bagus untuk menempatkan kamera CCTV. Sambungkan CCTV ke instalasi komputer.

Bila Anda ingin merekam aktivitas yang dipantau oleh CCTV, Anda bisa menyambungkan CCTV ke alat perekam lewat DVR. Perlu diketahui bahwa DVR ini merupakan alat yang di dalam komponennya terdapat hardisk penyimpanan rekaman.

Apabila sewaktu-waktu Anda membutuhkan barang bukti rekaman misalnya, maka Anda bisa mengambil archive rekaman dari DVR tersebut. Pastikan Anda menyimpan DVR dan monitor di tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau oleh orang asing.

Ulasan tentang cara memasang CCTV ini mungkin memang kurang detail karena hanya gambaran secara umum saja. Untuk dapat melakukan dengan baik dan benar, Anda bisa pelajari tutorial di handbook saat membeli perangkat CCTV.

Jika masih saja ragu, Anda bisa panggil jasa tukang pasang CCTV agar hasil instalasinya benar-benar terjamin kualitas gambarnya.

Semoga ulasan singkat kami tentang tips dan cara memasang cctv sendiri di rumah kali ini bisa sedikit mencerahkan Anda saat nanti mengeksekusinya sendiri. Jangan ragu untuk terus mencoba karena dari kesalahan itulah Anda tahu mana yang benar. Semoga bermanfaat. (ls) editted by RN1092021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *