by

Cara Memasang Batu Bata Merah untuk Dinding Rumah (Bagian #2 dari 2)

Pada artikel kali ini kita akan mengulas tentang salah satu tahapan konstruksi. Yakni tentang cara memasang batu bata merah bahwa mengerjakan tahap ini bukan hal yang sulit. Asal tahu dan paham mengenai dasar konstruksi dasar pemasangan bata.

Batu bata merah sendiri adalah salah satu material yang paling banyak digunakan untuk membuat dinding rumah atau bangunan. Salah satu keunggulannya adalah karena batu bata merah memiliki adhesi (daya rekat) yang sangat kuat jika dipadukan dengan semen dan pasir. Dampak positifnya, konstruksi dinding yang terbuat dari batu bata merah memiliki struktur yang kuat dan kokoh.

Untuk Anda yang mau mencoba melakukannya sendiri tidak perlu khawatir karena sebenarnya tekniknya sangat mudah. Untuk Anda yang bahkan newbie pun dijamin akan cepat memahaminya. Jika Anda belum membaca artikel penting dalam pemasangan batu bata merah bagian #1 bisa klik disini.

cara memasang batu bata, cara memasang batu bata yang benar, cara memasang batu bata merah, cara memasang tembok, cara pemasangan dinding bata merah
finishing pemasangan batu bata merah – diminimalis.com

 

Teknik dan Cara Memasang Batu Bata Merah pada Konstruksi Dinding Bangunan

Seperti sudah kami singgung di awal bahwa tidak ada kiat khusus dalam pemasangan batu bata. Cukup dengan Anda memahami hal-hal yang dibutuhkan seperti bahan pelengkap dan juga teknik sederhananya.

Di bawah ini kami akan menguraikan kepada Anda bagaimana cara memasang batu bata merah yang tepat.

1. Menghitung kebutuhan bata merah dan penyiapan bahan dan alat penunjang

Sebelum bicara soal teknis, Anda terlebih dulu harus menghitung kebutuhan batu bata untuk seluruh kontruksi. Umumnya, dalam satu meter persegi (1 m2) dibutuhkan batu bata sekitar 55 buah. Jumlah tersebut tentu hanya sebagai perkiraan saja sebab tidak semua ukuran batu bata sama.

Setelah Anda menemukan perhitungan yang tepat sekaligus pengadaannya selanjutnya adalah menyiapkan bahan dan alat penunjang. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti: batu bata, pasir sungai, semen, dan air.

Selanjutnya siapkan juga alat-alat yang akan digunakan: sekop, cangkul, palu, benang string, paku, sendok semen dan ember plastik.

2. Membuat campuran material yang akan digunakan saat pemasangan

Siapkan pasir dan semen, campur keduanya dengan perbandingan 4:1 pada sebuah wadah. Perbandingan ini akan menghasilkan kombinasi yang kuat. Setelah bahan dicampur dengan baik kemudian siram dengan air. Biarkan sampai air meresap ke dalam adukan semen.

cara memasang batu bata, cara memasang batu bata yang benar, cara memasang batu bata merah, cara memasang tembok, cara pemasangan dinding bata merah
dinding batu bata ketika diplester – diminimalis.com

3. Eksekusi pemasangan

Setelah semua tahap di atas Anda siapkan, selanjutnya adalah melakukan pemasangan. Untuk mengawalinya, Anda perlu mengukur ketinggian batu bata agar sama rata.

Anda bisa melakukannya dengan menggunakan selang yang telah diisi air agar diketahui kesamaan tinggi dari batu bata yang satu dengan yang lainnya. Tujuannya, Anda akan mendapatkan bangunan yang kokoh jika Anda bisa mengatur ketinggiannya dengan tepat.

Selain selang, Anda juga perlu memasang benang vertikal horizontal dengan benar sehingga bisa membantu mengontrol kerapian batu bata yang Anda pasang. Gunakan sendok semen untuk meletakkan semen pada batu bata merah satu per satu. Atur ketebalan adonan semen terhadap batu bata sekitar 2 cm, supaya batu bata terpasang dengan kuat dan rapi.

Pertimbangan Memasang Batu Bata Merah Sendiri atau Sewa Tukang

Dari uraian di atas Anda sudah dipandu tentang bagaimana teknik memasang batu bata merah sendiri. Selanjutnya kami merasa perlu untuk membantu Anda dalam mengmbil keputusan jika sewaktu-waktu projek rumah Anda perlu dilakukan pemasangan bata.

Jika Anda masih ragu dengan akan mengeksekusinya sendiri, Anda bisa mempertimbangkan hal-hal lain seperti penganggaran (budgeting). Lakukan perhitungan mengenai bahan yang akan dibeli dan semua peralatan yang dibutuhkan untuk memasang batu bata merah. Jika soal budget bukan sebuah masalah bagi Anda mungkin masalah lain adalah soal waktu luang Anda.

Solusinya, Anda perlu memperhitungkan perbandingan biaya termasuk plus minus lainnya jika memasang sendiri. Bandingkan dengan jika menggunakan jasa tukang bangunan, mana yang lebih hemat dan menguntungkan. Jika tidak terlalu berbeda jauh di penganggaran dan Anda sibuk maka sewa jasa tukang bangunan bisa jadi alternatif.

Demikian artikel kedua kami tentang teknis dan cara memasang batu bata merah pada rumah minimalis Anda. Semoga tulisan singkat ini bisa menginspirasi Anda untuk kedepannya. (ls) -editted by RN06042019


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.