by

Cara Memasak Tongseng Kambing Tanpa Santan

Ada penasaran dengan cara memasak tongseng kambing tanpa santan? Bagi Anda yang hendak memasak tongseng daging kambing tanpa santan, Anda dapat membaca artikel ini sebagai referensi dan inspirasi dalam memasak tongsen daging kambing.

Tongseng daging kambing sangat terkenal di Indonesia. Banyak orang yang menyukainya karena rasanya yang begitu lezat dan menggugah selera makan. Namun, biasanya tongseng daging kambing dimasak dengan menggunkan santa.

Nah, bagi Anda yang tidak mengkonsumsi santan, Anda tetap bisa loh mengkonsumsi tongseng daging kambing tanpa santan. Dan Anda tidak perlu khawatir terkait rasa.

Walaupun tanpa menggunkan santan, namun tongseng daging kambing tanpa santan dengan menggunakan resep dalam artikel ini akan membuat tongseng Anda lebih lezat dan menggugah selera.

Penasaran kan bagaimana cara memasak tongseng daging kambing tanpa menggunakan santa? Berikut cara memasak tongseng daging kambing tanpa santan yang dapat Anda ikuti dan praktikan di rumah Anda:

Cara memasak tongseng kambing pertama siapkan alat dan bahan

Cara memasak tongseng kambing yang pertama adalah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Persiapan ini harus Anda lakukan untuk mempermudah Anda dalam proses memasak.

Sehingga Anda tidak akan repot mencari alat dan bahan yang dibutuhkan pada saat proses memasak. Dengan begitu, proses memasak akan berjalan baik jika semuanya sudah dipersiapkan dengan baik.

Nah, berikut alat dan bahan yang perlu Anda gunakan dalam proses memasak tongseng daging kambing:

a. Alat

Pertama kali yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan peralatan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah proses memasak yang Anda lakukan.

Nah, peralatan yang digunakanpun cukup mudah ditemukan. Karena peralatan ini sangat sering digunakan untuk memasak bagi Anda semua di dapur. Berikut peralatan yang dapat Anda gunakan:

Pertama, kompor, wajan dan sendok sayur/ sudip yang dapat Anda gunakan dalam proses memasak. Ketiga alat ini memiliki peran utama dalam proses memasak tongseng kambing.

Sehingga Anda harus mempersiapkan ketiganya guna memperlancar proses memasak tongseng daging kambing.

Kedua, cobek yang dapat Anda gunakan untuk menghaluskan bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak tongseng daging kambing.

Ketiga, pisau dan talenan/ landasan dalam memotong sehingga dapat Anda gunakan untuk memotong bahan-bahan yang digunakan dengan mudah.

Keempat, siapkan mangkuk untuk menghidangkan tongseng daging kambing yang sudah matang. Sehingga proses penghidanganpun berjalan dengan baik.

Setelah peralatan sudah disiapkan, Anda dapat menyiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk memasak tongseng daging kambing.

b. Bahan

Selanjutnya, setelah menyiapakan peralatanAnda juga harus menyiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk memasak tongseng daging kambing.

Seperti yang tertera dalam judul, bahwa kali ini akan membahan cara memasak tongseng kambing, makan bahan yang perlu Anda gunakan adalah daging kambing. Kali ini daging kambing yang dapat Anda siapkan adalah sebanyak 500 gram.

Cara Memasak Tongseng Kambing

Kedua, Sayur tambahan seperti satu buah tomat, kol secukupnya, daun bawang satu batang dan cabai rawit merah sesuai dengan selera pedas Anda.

Ketiga, bumbu halus. Bumbu-bumbu yang digunakan sebagai bumbu halus antara lain: bawang merah sebanyak 7 siung, bawang putih sebanyak 3 siung, lada sebnayk 1 sendok teh, kemiri sebanyak 3 butir, kunyit sebanyak satu ruas, dan garam satu sendok teh.

Keempat, bumbuh lainnya seperti kecap manis, gula merah, lengkuas, daun salam dua lembar, daun jeruk 2 lembar, sarai satu batang, kaldu bubuk satu sendok teh.

Kelima, minyak goreng yang dapat Anda gunakan untuk menumis bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak tongseng kambing.

Setelah semuanya disiapkan, baik alat maupun bahan, Anda dapat melanjutkan ke proses berikutnya, yaitu proses memasak tongseng daging kambing.

Cara memasak tongseng kambing kedua proses memasak

Proses selanjutnya adalah proses memasak tongseng kambing. Proses ini sangat penting, sehingga bagi Anda yang ingin membuat tongseng kambing sendiri di rumah, Anda wajib memperhatikan langkah-langkah berikut ini:

Pertama, Anda panaskan minyak goreng yang sudah Anda siapkan dengan menggunkan kompor dan wajan.

Kedua, Setelah minyaknya panas, Anda dapat menumis bumbu halus dan bumbu tambahan seperti daun salam, daun jeruk, lengkuas dan juga serai. Lalu Anda tumis dampai semua bumbu matang.

Ketiga, setelah bumbu matang, Anda dapat memasukan daging kambing. Kemudian di aduk sampai bumbu dan daging kambing tercampur merata. Kemudian tunggu sampai daging kambing tersebut berubah warnanya.

Keempat, tambahkan air secukupnya. Agar daging kambing empuk, Anda dapat memasukan air yang agak banyak. Kemudaian Aduk hingga merata.

Kelima, setelah itu, Anda dapat menambahkan kecap manis secukupnya, gula merah, dan kaldu bubuk. Kemudian aduk sampai semua bumbu tercampur merata. Dan Anda dapat menunggu smapai daging empuk dan airnya menyusut samabil sesekali diaduk.

Keenam, Setelah airnya sudah menyusut Anda dapat memasukan kol dan cabai rawit. Kemudian masak sebentar saja hingga daun kol layu.

Ketujuh, masukan tomat sebanyak satu buah yang sudah di potong menjadi empat atau lima bagian. Selain itu Anda juga perlu mamasukan daun bawang. Setalah itu dapat di aduk merata. Kemudian sambil Anda aduk hingga matang.

Cara Memasak Tongseng Kambing

Kedelapan, setalah matang, Anda dapat mematikan api dan menyiapkan mangkuk untuk menghidangkan tongseng daging kambing yang sudah matang. Setelah itu, Anda dapat menikmatinya bersama keluarga Anda.

Selamat mencoba resep dan cara memasak tongseng kambing dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam memasak tongseng daging kambing.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan dan merapihkan dapur setelah memasak selesai, agar dapur Anda selalu bersih dan rapih serta meningkatkan semangat Anda untuk terus berkreasi dalam memasak makanan yang enak, sehat, lezat dan menggugah selera makan Anda. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.