by

Resep dan Cara Memasak Sayur Sop Menggunakan Rice Cooker Ala Anak Kos

Kali ini akan dibahas mengenai cara memasak sayur sop dengan menggunakan rice cooker ala anak kos. Hal ini dikarenakan biasanya anak kos yang kreatif biasanya menggunakan rice cooker untuk memasak banyak makanan. Termasuk menggunakannya untuk memasak sayur sop.

Sayur sop menjadi salah satu makanan khas dari Indonesia karena makanan ini telah menjadi makanan yang sering dijumpai sehari-hari. Selain karena enak dan lezat, sayur sop juga murah dan mudah untuk dimasak.

Sayur sop merupakan menu makanan yang terdiri dari berbagai macam sayuran. Sehingga sayur sop memiliki banyak gizi dan menyehatkan. Selain itu, tidak jarang anak kos yang tidak memiliki peralatan dapur yang lengkap juga tertarik untuk memasaknya.

Rice cooker yang biasanya hanya menjadi alat untuk memasak nasi, kini dapat digunakan untuk memasak untuk memasak sayur sop berkat ide kreatif yang muncul.

Jika Anda penasaran terkait resep dan cara memasak sayur sop menggunakan rice cooker ala anak kos, berikut informasinya untu Anda semua:

Resep sayur sop

Resep kali ini merupakan resep sayur sop yang khusus karena menggunakan rice cooker untuk memasaknya. Jadi Anda perlu mengetahui resep yang simpel dan gampang terkait cara memasak sayur sop menggunakan rice cooker ala anak kos.

Berikut resep memasak sayur sop yang perlu Anda ketahui:

a. Alat

Hal pertama yang perlu diketahui adalah peralatan yang digunakan untuk memasak sayur sop. Nah,yang pasti alat yang digunakan akan sedikit berbeda nih dengan peralatan yang digunakan untuk memasak sop seperti biasanya.

Apa saja sih yang dibutuhkan? Yuk, simak informasi berikut ini:

Pertama, rice cooker. Alat elektronik yang biasanya digunakan untuk memasak nasi, kali ini dapat Anda gunakan untuk memasak sayur sop.

Kedua, pisau dan alas untuk memotong sayuran. Dengan menggunakan peralatan ini, Anda akan dimudahkan untuk memotong sayuran sehingga sayuran menjadi gampang dimasak dan dimakan.

Ketiga, mangkuk untuk menyajikan sayur sop yang sudah matang dan piring untuk meletakan sayur yang sudah dipotong-potong.

Keempat, cobek yang dapat digunakan untuk menghaluskan bumbu-bumbu.

Kelima, pastikan kos atau rumah Anda memiliki aliran listrik karena Anda akan memasak sayur sop menggunakan rice cooker yang memrupakan alat elektronik yang dapat berfungsi ketika terdapat aliran listrik.

b. Bahan

Selanjutnya adalah bahan yang digunakan untuk memasak sayur sop. Nah, bahan-bahan yang digunakan disini sama dengan bahan-bahan yang digunakan untuk memasak sayur sop seperti biasanya.

Nah, apa saja sih bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk memasak sayur sop? Untuk memasak sayur sop Anda dapat membeli bahan-bahannya di tukang sayuran. Nah, disana biasanya sudah disediakan satu paket bahan sayuran yang digunakan untuk memasak sayur sop.

Jadi, Anda tidak perlu mencarinya satu per satu sehingga Anda tidak repot. Karena Anda sudah dimudahkan dengan adanya satu pake sayur sop mentah. Nah, apa saja sih isi dari satu pake sayuran itu? Berikut informasinya untuk Anda:

Cara Memasak Sayur Sop

Pertama, Kubis. Sayuran ini menjadi salah satu sayuran pokok yang selalu ada dalam satu pake sayur sop mentah. Kali ini kita akan menggunkan 2 lembar kubis kemudian dipotong-potong dan jangan lupa dicuci hingga bersih.

Kedua, wortel. Anda juga akan mendapatkan 2-3 buah wortel dalam satu pake sayur sop mentah. Kemudian kupas dan dan potong melingkar. Kemudaian dicuci hingga bersih.

Ketiga, kentang sebanyak 2 buah. Kemudaian ketang dapat Anda kupas dan potong-potong. Setelah itu dapat Anda cuci sampai bersih.

Keempat, Daun bawang dan seledri. Anda dapat mencucinya sebelum dipotong-potong kecil.

Setelah menggunakan sayuran yang ada dalam satu paket sayur sop mentah, Anda juga dapat menambahkan bahan tambahan lainnya seperti makaroni, bakso atau yang lainnya. Sehingga sayur sop Anda lebih enak dan lezat.

Nah, selanjutnya adalah informasi yang tidak kalah penting, yaitu bumbu yang digunkan untuk memasak sayur sop. Yuk baca informasi terkai bumbu-bumbu yang digunkan untuk memasak sayur sop berikut ini:

Pertama, Tomat sebanyak satu buah. Kemudian dipotong menjadi emapt atau lima bagian.

Kedua, bumbu halus yang terdiri dari bawang puting sebanyak 3 buah, garam secukupnya, dan merica sebanyak ½ sendok teh. Kemudian dapat Anda haluskan dengan menggunakan cobek yang sudah disiapkan.

Ketiga, satu sendok teh kaldu bubuk dan satu sendok teh gula pasir yang dapat Anda gunakan agar masakan menjadi lebih gurih dan enak.

Setelah semua alat dan bahan disiapkan, Anda dapat melanjutkan untuk memasak sayur sop menggunakan rice cooker ala anak kos.

Cara memasak sayur sop Menggunakan Rice Cooker

Selanjutnya, Anda dapat melanjutkan untuk memasak sayur sop menggunakan rice cooker. Berikut cara memasak sayur sop menggunkan rice cooker:

Pertama, masukan air sebanyak 1 liter kemudian tutup dan jangan lupa sambungkan ke aliran listrik kemudian tekan tombol cook. Kemudian Anda dapat mengganjal tombol cook agar tidak kembali ke tombol warm. Lalu tunggu air hingga mendidih.

Kedua, Setelah air mendidih, Anda dapat memasukan bumbu halus dan tomat, kemudian tambahkan kaldu bubuk, makaroni atau bakso, kentang dan wortel. Kemudian ditutup kembali dan tunggu air sampai mendidih kembali.

Ketiga, masukan daun kubis, gula pasir dan daun bawang. Kemudaian aduk hingga bumbu merata. Lalu tunggu sampai semua bahan matang.

Cara Memasak Sayur Sop

Setelah matang dapat Anda sajikan dengan menggunakan mangkuk yang sudah disiapkan dan Anda dapat menyantap sayur sup yang sudah Anda masak.

Nah, bagian kalian anak kos yang tidak memiliki cobek, Anda dapat menggunakan bumbu racik sop yang dijual di warung, pasar atau di tukang sayur. Dengan menggunkan bumbu racik ini, Anda tidak perlu menghaluskan bumbu sehingga tidak perlu menyiapkan cobek.

Dengan begitu Anda lebih dimudahkan dan Anda tidak akan merasa direpotkan. Selamat mencoba untuk Anda semuanya. Semoga informasi di atas bermanfaat dan dapat diaplikasikan dengan baik untuk Anda semua.

Janan lupa untuk selalu membersihkan peralatan yang sudah Anda gunakan dalam proses memasak. Selamat memasak sayur sop menggunakan rice cooker. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.