by

Cara Memasak Sayur Lodeh Nangka Muda

Anda masih bingung dengan cara memasak sayur lodeh nangka muda? Jika Anda masih bingung dan sedang ingin memasaknya sendiri di rumah, Anda dapat mengikuti cara memasak sayur lodeh nangka muda dalam artikel ini.

Sayur lodeh nangka muda merupakan salah atu makanan khas Indonesia yang sangat populer di Pulau Jawa. Sayur lodeh sudah menjadi salah satu lauk makan sehari-hari, sehingga sangat mudah ditemukan di Jawa. Baik bahan-bahan yang digunakan untuk memasaknya atau sayur lodeh nangka muda yang sudah matang.

Sayur lodeh nangka muda menjadi salah satu makanan favorit yang sangat enak dan menggugah selera makan Anda. Sehingga, bagi Anda yang belumpernah menikmati rasanya memakan sayur lodeh nangka muda, Anda wajib untuk mencobanya atau memasaknya sendiri di rumah.

Bagi Anda yang tertarik untuk memasak sendiri di rumah, Anda pasti memerlukan panduan terkait bagaimana sih cara memasak sayur lodeh nangka muda agar menghasilkan rasa yang luar bisa dan menggugah selera makan Anda?

Nah, untuk itu Anda dapat membaca cara memasak sayur lodeh nangka muda berikut ini dan Anda dapat mengikutinya untuk dipraktikan di rumah Anda.

Cara memasak sayur lodeh pertama adalah menyiapkan alat dan bahan

Hal pertama dan utama dalam memasak sayur lodeh nangka muda adalah dengan mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memasak. Dengan mempersiapkan alat dan bahan, Anda akan dimudahkan dalam proses berikutnya, yaitu pada saat proses memasak sayur lodeh nangka muda.

Berikut alat dan bahan yang perlu Anda siapkan:

a. Alat

Pertama Anda harus menyiapkan alat yang digunakan untuk memasak sayur lodeh nangka muda. Alat yang dibutuhkan juga sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Karena, yang pasti peralatan yang digunakan sudah dimiliki Anda di dapurnya masing-masing.

Berikut peralatan yang dibutuhkan:

Pertama, kompor dan kwali atau panci yang dapat digunakan untuk memasak. Peralatan ini merupakan peralatan pokok yang wajib Anda siapkan. Karena proses memasak akan melibatkan peralatan ini secara keseluruhan.

Kedua, cobek yang dapat digunakan untuk menghaluskan bumbu-bumbu yang dibutuhkan sebagai bahan pokok yang membuat sayur lodeh semakin enak, lezat dan menggugah selera makan Anda.

Ketiga, sudip dan sendok sayur yang dapat digunakan dalam proses memasak sebagai alat untuk membantu kita memastikan apakah masakan matang dengan sempurna.

Keempat, pisau dan talenan/ alat untuk memotong yang dapat Anda gunakan untuk memotong sayur atau bahan lainnya yang diperlukan.

Kelima, mangkuk untuk menyajikan sayur lodeh nangka muda yang sudah matang.

Setalah peralatan yang dibutuhkan sudah disiapkan, Anda dapat menyiapkan bahan-bahan yang digunkan untuk memasak sayur lodeh nangka muda. Berikut penjabarannya untu Anda.

b. Bahan

Nah, yang ke dua, Anda dapat menyiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk memasak sayur nangka muda. Bahan-bahan ini dapat Anda temukan di pasar, warung atau tukan sayur di sekitar Anda.

Bahan-bahan yang digunkan cukup mudah ditemukan di Indonesia. Sehingga tidak ada alasan untuk tidak memasak sayur lodeh nangka muda karena tidak menemukan bahanya.

Berikut bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sayur lodeh nangka muda:

Seperti yang sudah tertera dalam judul bahwa kali ini dibahas terkait cara memasak sayur lodeh nangka muda, makan hal pertama yang perlu Anda siapkan adalah nangka muda.

Cara Memasak Sayur Lodeh

Kemudian Anda dapat mengupas dan memotongnya kira-kira sebesar dua ruas jari Anda. Setelah itu, Anda dapat mencucinya hingga bersih. Nangka ini kira-kira sebanyak satu kilogram.

Kedua, Anda dapat menyiapkan sayur tambahan seperti daun so atau kacang panjang untuk mempercantik tampilan sayur lodeh nangka muda. Namun jika Anda tidak menginginkan untuk menambah sayuran inipun tidak apa-apa.

Ketiga, Satu buah kelapa yang kecil, kemudian Anda parut dan kemudaian buatlah menjadi santan yang nanti digunakan dalam proses memasak sayur lodeh.

Keempat, Anda dapat mempersiapkan bumbu halus. Bumbu halus terdiri dari bawang merah sebanyak 10 siung, bawang putih sebanyak 4 siung, satu ruas kunyit, kemiri sebanyak 4 butih, trasi sebnayak 1 sendok teh, cabe merah besar sebanyak 10 buah, gula pasir sebnayak ½ sendok teh, dan garam sebanyak 1 sendok makan.

Kelima, bumbu tambahan seperti daun salam sebanyak 3 lembar, satu ruas laos yang sudah di geprek, dan gula jawa sebanyak satu sendok makan.

Keenam, Kaldu sapi dan tetelannya agar kuah dari sayur lodeh nangka muda lebih gurih.

Ketujuh, minyak goreng sekitar lima sendok makan untuk menumis bumbu sayur lodeh nangka muda.

Setelah alat dan bahan disiapkan semuanya, Anda dapat melanjutkan proses berikutnya, yaitu proses memasak sayur lodeh nangka muda.

Cara memasak sayur lodeh kedua adalah proses memasak

Selanjutnya adalah proses memasak yang merupakan proses inti dari memasak sayur lodeh nangka muda. Sehingga, Anda harus benar-benar memperhatikan agar dapat mengikuti langkah-langkahnya dengan benar dan menghasilkan masakan yang sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Beriku cara memasak sayur lodeh yang perlu Anda perhatikan dan ikuti:

Pertama, panaskan minyak untuk menumis bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak sayur lodeh. Bumbu yang ditumis antara lain, bumbu halus, daun sa;am dan laos yang sudah digeprek.

Kedua, sembari menumis bumbu, Anda dapat memanaskan kaldu sapi dan tetelannya.

Ketiga, setelah bumbu sudah ditumis matang, kemudian Anda dapat memasukan bumbu tersebut kedalam kaldu sapi yang sedang dipanaskan.

Keempat, masukan nangka muda yang sudah Anda rebus kedalam kaldu yang sedang direbus. Anda juga dapat menambahkan sayuran yang Anda siapkan. Namun jika Anda tidak menggunkan sayuranpun tidak apa-apa.

Kelima, Anda dapat memasukan santan yang sudah siapkan. Kemudian masak sayur lodeh hingga mendidih dan matang.

Keenam, Setelah sayur lodeh sudah matang, Anda dapat menyajikannya dengan menggunakan mangkuk yang Anda miliki.

Cara Memasak Sayur Lodeh

Setalah itu semua dilakukan, Anda dapat menikmati sayur lodeh nangka muda yang Anda masak. Selamat menikmati semuanya.

Semoga informasi di atas dapat membantu Anda memasak sayur lodeh nangka muda dengan baik dan benar. Sehingga hasil masakan Anda menjadi lebih enak, lezat dan menggugah selera makan Anda semua.

Selamat mencoba resep dan cara memasak sayur lodeh nangka muda dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dapur Anda ya. Selamat mencoba. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.