by

Cara Memasak Sayur Bening Bayam yang Sehat Tanpa Minyak

Bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi tentang cara memasak sayur bening bayam yang simpel, tidak merepotkan dan menyehatkan, Anda dapat membaca langkah-langkahnya dalam artikel ini.

Sayur bening bayam merupakan sayur yang sering menjadi salah satu menu makanan sehari-hari. Sayur ini menjadi salah satu sayur andalan ketika Anda tidak menginginkan memasak masakan yang merepotkan.

Hal tersebut dikarenakan memasak sayur bening banyam sangat mudah, simpel dan tidak merepotkan. Untuk itu, Anda tidak perlu membuat langkah-langkahnya menjadi sulit dan rumit.

Selain bergizi, sayur bayam juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sehingga tidak salah ketika Anda menjadikan sayur bayam sebagai sayur untuk melengkapi menu makanan sehari-hari Anda.

Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti cara memasak sayur bening bayam berikut ini agar Anda dapat membuatnya dengan simpel dan tetap menghasilkan rasa yang enak. Berikut cara memasak sayur bening bayam yang perlu Anda ketahui:

Menyiapkan alat dan bahan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menyiapkan alat dan bahan yang digunakan untuk memasak sayur bening bayam. Langkah ini harus dilakukan semua orang karena ini merupakan rangkaian langkah yang sangat penting.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan langkah awal ini. Karena langkah ini akan sangat membantu Anda dalam langkah berikutnya. Untuk itu, yuk siapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk memasak sayur bening, berikut ini:

a. Alat

Pertama, Anda harus menyiapkan alat yang dibutuhkan untuk memasak sayur bening bayam. Peralatan yang digunakan cukup simpel dan mudah. Dan yang pasti, peralatannya sudah ada di dapur Anda semua.

Peralatan dapur yang digunakan cukup umum alias biasa digunakan untuk memasak. Jadi yang pasti Anda tidak akan merasa repot dalam mempersiapkannya.

Beriku alat yang digunakan untuk memasak sayur bening bayam yang perlu Anda siapkan:

Pertama, kompor yang siap pakai. Dalam hal ini, kompor yang Anda sediakan harus kompor yang dapat segera digunakan untuk memasak sayur bening bayam.

Kedua, Anda harus menyiapkan panci dan sendok sayur. Alat ini dapat Anda gunakan untuk memasak sayur bening bayam. Sehingga Anda lebih dimudahkan dan alat ini sangat membantu saat proses memasak.

Ketiga, siapkan pisau dan talenan/ landasan untuk memotong. Alat ini dapat Anda gunakan sebagai alat untuk memotong bahan-bahan yang akan digunakan untuk memasak sayaur bening bayam.

Keempat, mangkuk/ tempat yang digunakan sebagai wadah untuk sayur bening bayam.

b. Bahan

Selanjutnya Anda dapat mempersiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk memasak sayur bening bayam. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga cukup simpel dan tidak membuat Anda repot.

Berikut bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk memasak sayur bening bayam:

Pertama, satu ikat sayur bayamdan air secukupnya untuk memasak sayur bening bayam. Sayur bayam yang Anda miliki kemudian dipotong, sehingga akan memudahkan Anda ketika memakannya. Setelah itu, Anda dapat mencucinya hingga bersih.

Kedua, siapkan sayur tambahan, seperti wortel sebanyak 2 buah, jagung manis sebanyak 1 buah dan 1 buah tomat. Kemudian wortel dapat Anda potong melingkar agak tipis agar wortel cepat matang ketika dimasak.

Sedangkan jagung dapat Anda potong melingkar juga, namun dengan ukuran yang lebih besar dari wortel. Untuk tomat, Anda dapat memotongnya menjadi empat atau lima bagian. Sehingga tomat tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.

Ketiga, Anda harus menyiapkan bumbu. Bumbu yang digunakan untuk memasak sayur bening bayam antara lain bawang merah sebanyak 3 siung, bawang putig sebanyak 2 siung, dan temu kunci.

Bawang merah dan bawang putih kemudian dipotong dengan menggunakan pisau dan talenan. Anda dapat memotong tipis-tipis. Kemudian, untuk temu kunci dapat Anda geprek.

Keempat, siapkan bumbu halus. Bumbu yang dimaksud disini seperti garam, gula pasir dan kaldu bubuk secukupnya.

Setalah alat dan bahan yang diperlukan sudah disiapkan semuanya, Anda dapat melanjutkan ketahap berikutnya, yaitu proses memasak sayur bening bayam yang sehat tanpa minyak.

Cara memasak sayur bening bayam

Proses selanjutnya adalah memasak sayur bening bayam. Proses ini harus Anda lakukan dengan benar. Sehingga Anda harus memperhatikan langkah-langkah memasak sayur bening bayam berikut ini:

Cara Memasak Sayur Bening

Pertama, Anda didihkan air yang sudah Anda siapkan untuk memasak sayur bening bayam.

Kedua, setelah airnya sudah mendidih, Anda dapat memasukan bawang merah, bawang putih dan temu kunci.

Ketiga, Anda masukan jagung dan wortel yang sudah dipotong-potong kedalam air yang mendidih.Kemudian tunggu hingga wortel dan jagungnya cukup empuk.

Keempat, Setelah itu Anda dapat memasukan bayam yang sudah dipotong-potong. Kemudian diaduk dan direbus sebentar saja. Karena bayam cepat sekali matang.

Kelima, Anda dapat memasukan bumbu-bumbu seperti garam, gula pasir dan kaldu bubuk. Sambil diaduk dan Anda masukan tomat yang sudah Anda potong-potong.

Kemudian Anda aduk dan ditunggu beberapa saat agar sayur bening bayamnya benar-benar matang. Setelah sayur bening bayamnya sudah matang, Anda dapat mematikan kompor dan bersiap-siap untuk menyajikan sayur bening bayam yang sudah matang.

Menghidangkan sayur bening bayam

Proses yang terakhir adalah menghidangkan sayur bening bayam yang sudah matang dan siap untuk dinikmati. Prose penyajian sayur bayam dapat Anda lakukan dengan memasukan sayur bayam yang sudah matang kedalam mangkuk/ wadah yang sudah Anda siapkan.

Cara Memasak Sayur Bening

Setalah dimasukan ke dalam mangkuk, Anda dapat menyajikan dan menghidangkan sayur bening bayam untuk keluarga Anda sebagai menu makan yang sehat tanpa minyak.

Sekian ulasan mengenai cara memasak sayur bening bayam yang sehat tanpa minyak yang dapat Anda praktikan di rumah. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda semuanya.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan peralatan dapur yang sudah Anda gunakan untuk memasak. Selamat mencoba resep sehat dalam memasak sayur bening bayam. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.