by

Resep dan Cara Memasak Sayur Asam yang Mudah

Anda akan memasak sayur asam dan membutuhkan informasi tentang cara memasak sayur asam? Anda sangat beruntung dan sangat tepat jika Anda membaca artikel ini.

Sayur asam merupakan salah satu jenis masakan khas Indonesia yang menjadi menu makanan yang biasanya disajikan sebagai lauk makanan sehari-hari. Sesuai dengan namanya, sayur asam pastinya akan melibatkan asam sebagai salah satu komponen utama sayur ini.

Sayur asam juga merupakan salah satu jenis sup yang sangat populer di nusantara. Sehingga sangat mudah untuk menemukan sayur asam ini, baik sayur asam yang sudah matang ataupun sayur asam yang belum matang.

Sayur asam yang belum matang biasanya dijual dengan dibungkus satu plastik yang berisi semua sayur yang dibutuhkan untuk memasak sayur asam. Jadi satu bungkus sayur asam mentah sudah lengkap isiannya.

Sehingga Anda tidak perlu bingung untuk mencari isi sayur asam. Karena isiannya sudah lengkap dalam satu paket sayur asam. Hal ini sangat memudahkan untuk Anda dalam berbelanja.

Namun, biasanya satu pake sayur asam hanya berisi sayurannya saja. Untuk bumbu-bumbunya Anda dapat menambahkannya sendiri. Agar lebih jelas, Anda dapat membaca informasi berikut ini tentang resep dan cara memasak sayur asam.

Resep memasak sayur asam

Pertama kita akan membahas terkait resep untuk memasak sayur asam. Resep ini berkaitan erat dengan alat dan bahan yang digunakan untuk memasak sayur asam. Oleh karena itu, berikut akan dibahas terkait alat dan bahannya:

a. Alat

Yang pertama kita bahas tentang apasaja sih alat yang digunakan untuk memasak sayur asam. Perlatan yang digunkan tentunya tidak akan memberatkan Anda. Karena, alat yang digunkan merupakan peralatan yang sangat umum/ sering digunakan untuk memasak secara umum.

Berikut alat yang digunakan untuk memasak sayur asam:

Pertama, yang paling penting adalag kompor yang siap untuk digunakan. Dalam artian bahwa kompor tersebut tidak dalam kondisi rusak atau kehabisan gas yang mengakibatkan kompor tidak menyala.

Kedua, panci dan sendok besar untuk memasak sayur asam. Dengan kedua peralatan inilah sayur asam akan dimasak dengan mudah. Alat inipun sudah familiar digunakan untuk memasak. Sehingga Anda tidak perlu bingung mencari kedua alat tersebut.

Ketiga, piring atau tempat lain yang dapat digunakan untuk meletakan sayuran yang sudah dipotong dan dicuci. Selain itu Anda juga membutuhkan mangkuk yang digunakan untuk menghidangkan sayur asam yang sudah matang.

Keempat, pisau dan talenan/alas untuk memotong. Kedua peralatan tersebut digunkaan untuk memotong bahan-bahan dan sayur yang dibutuhkan dalam memasak sayur asam.

Kelima, penghalus bumbu/ cobek. Dengan menggunakan cobek, Anda dapat menghaluskan bumbu-bumbu yang digunkan untuk memasak sayur asam. Sehingga sayur asam memiliki rasa yang enak dan lezat.

b. Bahan

Selanjutnya terkait dengan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasak sayur asam. Bahan yang dibutuhkan cukup mudah didapatkan. Karena banyak tersedia di pasar.

Sebelum Anda mencari bahan-bahannya di pasar, Anda dapat membaca informasi berikut agar Anda mempersiapkan list belanja Anda. Berikut bahan-bahan yang digunakan untuk memasak sayur asam:

Pertama, sayur yang digunkan untuk memasak sayur asam adalah jagung manis, nangka, buah melinjo, labu siam, daun so dan kacang panjang.

Biasanya sayuran ini sudah tersedia semua dalam satu paket sayur asam mentah yang dijual di pasar.Sehingga Anda tidak perlu bingung untuk mencari satu per satu sayuran tersebut.

Kedua, bumbu yang digunkan. Bumbu yang digunakan dibagi menjadi dua. Bumbu halus dan bumbu yang tidak perlu dihaluskan.

Untuk bumbu halus Anda memerluka bahan antara lain cabai merah keriting sebanyak 5-7 buah, bawang merah sebanyak 5 siung, bawang putih sebanyak 1 siung, kemir sebanyak 2 buah, garam sebanyak 3 sendok teh, dan terasi 1 bungkus.

Kemudian semuanya dihaluskan dengan menggunkan cobek yang sudah Anda sediakan. Sedangkan bumbu yang tidak dihaluskan antara lain salam sebanyak 2 lembar, lengkuas sebesar ibu jari yang dimemarkan, asam secukupnya dan gula pasir secukupnya.

Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan, Anda dapat langsung kedalam proses memasak sayur asam.

Cara memasak sayur asam

Memasuki proses selanjutnya yaitu cara memasak sayur asam. Memasak sayur asam dapat Anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Cara Memasak Sayur Asam

Pertama, Siapkan air dan masukan kedalam panci kemudian panaskan diatas kompor. Tunggu hingga mendidih.

Kedua, setelah air sudah mendidih, Anda dapat memasukan sayuran yang keras seperti, jagung, nangka, buah melinjo, labu siam. Tunggu hingga sayuran tersebut empuk atau sekitar 15 menit.

Ketiga, setelah sayuran tersebut sudah empuk, Anda dapat memasukan bahan yang lainnya seperti daun so dan kacang panjang. Kemudian diaduk biar rata, lalu Anda tutup panci dan tunggu sebentar.

Keempat, Setelah kacang panjang sudah empuk, selanjutnya Anda dapat memasukan bumbu halus dan juga daun salam, lengkuas dan asam. Kemudian diaduk sampai rata.

Kelima, tambahkan gula sedikit saja. Kemudian diaduk sampai rata dan tunggu beberapa saat agar bumbunya mata. Setalah air sudah mendidih, Anda dapat mematikan kompornya.

Keenam, setelah mematikan kompor, selanjutnya Anda dapat menghidangkan sayur asam yang sudah matang untuk keluarga. Anda dapat menghidangkan sayur asam dengan menggunkan mangkuk yang sudah Anda sediakan.

Cara Memasak Sayur Asam

Setelah itu Anda dapat menikmati sayur asam yang sudah dimasak oleh Anda sendiri. Selamat menikmati dan selamat mecoba resep dan cara memasak sayur asam yang sudah dijelaskan di atas.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda semua. Jangan lupa untuk selalu membersihkan peralatan dan dapur Anda setelah Anda gunakan untuk memasak. (fy)


Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.